5 Pemain Chelsea dengan Gol Penalti Terbanyak dalam Sejarah EPL

Jorginho jago mengeksekusi penalti

Chelsea punya nama yang besar di sepak bola Inggris maupun Eropa. Klub yang identik dengan seragam biru atau berjuluk "The Blues" tersebut merupakan salah satu dari enam klub dominan di English Premier League (EPL).

Chelsea mencicipi masa kejayaannya saat merengkuh dua kali gelar liga secara berturut-turut pada 2004/2005 dan 2005/2006. The Blues tercatat punya 6 trofi Premier League, yang terakhir pada 2016/2017.

Maka dari itu, dalam sejarahnya, Chelsea juga dipenuhi para pemain hebat. Dari musim ke musim, pihak klub terus mendatangkan pemain bintang, termasuk Jorginho yang jago mengeksekusi penalti. Termasuk Jorginho, mari berkenalan dengan lima pemain Chelsea yang memiliki gol penalti terbanyak dalam sejarah Premier League.

1. Frank Lampard (41 gol penalti) 

5 Pemain Chelsea dengan Gol Penalti Terbanyak dalam Sejarah EPLFrank Lampard (twitter.com/ChampionsLeague)

Nama Frank Lampard sudah tak asing lagi bagi para penggemar Chelsea. Namanya bahkan makin terkenal setelah sempat berkarier di kursi pelatih Chelsea selama 1,5 tahun dari Juli 2019 sampai dengan Januari 2021.

Pada masanya di lapangan, Frank Lampard merupakan pencetak gol terbanyak dalam sejarah The Blues dengan torehan 211 gol. Sebanyak 147 gol di antaranya dicetak di Premier League. 

Gak cuma itu, legenda yang pensiun pada 2017 ini juga jago mencetak gol dari titik putih. Lampard berhasil mencetak 41 gol dalam 48 percobaan penalti, menjadi yang terbanyak untuk Chelsea di Premier League. 

2. Jorginho (19 gol penalti) 

5 Pemain Chelsea dengan Gol Penalti Terbanyak dalam Sejarah EPLJorginho cetak penalti untuk Chelsea dalam laga imbang 1-1 menghadapi Manchester United pada 22 Oktober 2022. (chelseafc.com)

Ini dia pemain aktif Chelsea yang sedang jadi sorotan, Jorginho. Pemain yang berposisi gelandang bertahan tersebut datang ke Stamford Bridge pada Juli 2018. Ia direkrut dari SSC Napoli. 

Jorginho baru-baru ini mencetak gol penalti ke gawang Manchester United. Pemain berpaspor Italia tersebut pun sekarang telah mencatatkan 19 gol penalti dari 22 kali percobaan untuk Chelsea di Premier League.

Secara keseluruhan, Jorginho telah menyumbang 29 gol untuk The Blues. Sementara itu, di Premier League sendiri, ia telah mencetak total 21 gol. 

Baca Juga: 5 Eks Pemain Chelsea yang Berkiprah di Serie A pada Musim 2022/2023

3. Eden Hazard (17 gol penalti) 

5 Pemain Chelsea dengan Gol Penalti Terbanyak dalam Sejarah EPLEden Hazard (twitter.com/ChampionsLeague)

Eden Hazard memutuskan hengkang ke Real Madrid pada musim panas 2019. Padahal ia dahulu merupakan anak emas di Chelsea. Selama 7 tahun mengabdi kepada The Blues, Hazard sukses membubuhkan 110 gol. 

Torehan gol Eden Hazard jadi yang terbanyak kelima dalam sejarah klub. Tak heran, winger asal Belgia tersebut juga bisa mengeksekusi 17 penalti dari total 19 kali kesempatan untuk Chelsea di Premier League.

4. Jimmy Floyd Hasselbaink (12 gol penalti)

5 Pemain Chelsea dengan Gol Penalti Terbanyak dalam Sejarah EPLJimmy Floyd Hasselbaink (twitter.com/ChelseaFC)

Jimmy Floyd Hasselbaink aktif bermain untuk Chelsea pada tahun 2000-an. Ia merupakan legenda berkebangsaan Belanda yang memutuskan gantung sepatu pada 2008 saat usianya menginjak 36 tahun.

Chelsea menerima sumbangan 87 gol dari Jimmy Floyd Hasselbaink, yang di mana 69 gol di antaranya dicetak di EPL. Hebatnya, ia berhasil mengeksekusi total 12 penalti yang pernah dipercayakan Chelsea kepadanya di EPL. 

5. Frank Leboeuf (10 gol penalti)  

5 Pemain Chelsea dengan Gol Penalti Terbanyak dalam Sejarah EPLFrank Leboeuf (twitter.com/ChelseaFC)

Catatan penalti Frank Leboeuf untuk Chelsea di Premier League juga bagus. Dirinya hanya pernah gagal satu kali saat mencoba menembus gawang John Filan. Dari 11 kesempatan penalti, Frank Leboeuf berhasil mencetak 10 gol. 

Frank Leboeuf berseragam Chelsea cukup lama, yakni selama 5 tahun (1996—2001). Setelah itu, ia sempat membela Olympique Marseille, Al-Sadd SC, dan Hollywood United, lalu pensiun pada 2007.

Dari kelima pemain di atas, hanya Jorginho yang masih aktif membela Chelsea. Dengan catatan apiknya, sang pemain kemungkinan besar akan lebih sering mendapat kesempatan untuk mengeksekusi penalti ke depannya. 

Baca Juga: 8 Penjaga Gawang dengan Assist Terbanyak di English Premier League

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya