5 Pemain dengan Gol EPL Terbanyak di Bawah Kepelatihan Arsene Wenger

Wenger masuk Premier League Hall of Fame 2023

Premier League Hall of Fame biasanya dianugerahkan kepada para pemain paling berpengaruh di sepak bola Inggris. Namun, 2023 ini berbeda. Arsene Wenger bersama Sir Alex Ferguson jadi pelatih pertama yang dilantik ke dalam penghargaan tersebut. 

Arsene Wenger merupakan mantan pelatih yang dahulu sukses menukangi Arsenal. Ia menjabat selama kurang lebih 22 tahun pada 1996—2018. Wenger mempersembahkan 3 trofi English Premier League (EPL), 7 trofi FA Cup, dan 7 trofi Community Shield. 

Di balik kesuksesan seorang pelatih, tentu ada peran besar dari para pemainnya. Berdasarkan data dari laman resmi Premier League, berikut lima pemain dengan gol EPL terbanyak di bawah kepelatihan Arsene Wenger.

1. Thierry Henry (175 gol) 

5 Pemain dengan Gol EPL Terbanyak di Bawah Kepelatihan Arsene WengerThierry Henry saat masih bermain membela Arsenal. (twitter.com/premierleague)

Setiap klub pasti memiliki legenda yang sangat ikonik. Di Arsenal, nama Thierry Henry masyhur hingga sekarang berkat rekor golnya yang belum terkalahkan.

Henry merupakan top skor sepanjang masa The Gunners yang memiliki 228 gol dalam 376 penampilan. Di Premier League, legenda asal Prancis satu ini sukses mengukir 175 gol dalam 258 penampilan. Seluruhnya dicetak saat berseragam Arsenal (1999—2007) di bawah kepelatihan Arsene Wenger.

2. Robin van Persie (96 gol) 

5 Pemain dengan Gol EPL Terbanyak di Bawah Kepelatihan Arsene WengerRobin van Persie (twitter.com/premierleague)

Robin van Persie merupakan pemain asal Belanda yang sukses melancong ke Inggris. Arsenal jadi klub pertamanya di Premier League. Ia diboyong Arsene Wenger dari Feyenoord pada musim panas 2004 silam.

Tak salah pilih, Van Persie nyatanya berhasil mengemas 132 gol dalam 278 penampilan untuk The Gunners. Ia menorehkannya dalam kurun waktu 8 tahun (2004—2012). Sebagian besar gol tersebut dicetak di Premier League, yakni sebanyak 96 gol.

Baca Juga: 5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak bagi Arsenal selain Thierry Henry

3. Dennis Bergkamp (74 gol) 

5 Pemain dengan Gol EPL Terbanyak di Bawah Kepelatihan Arsene WengerDennis Bergkamp (twitter.com/premierleague)

Masih legenda asal Belanda, Dennis Bergkamp juga cukup subur saat berseragam Arsenal (1995—2006). Bergkamp menempati posisi keempat sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah klub. Dari 416 penampilan, ia total mencetak 115 gol.

Mantan striker yang sekarang berusia 53 ini pernah dilatih oleh empat pelatih berbeda di Arsenal. Namun, ia paling lama bekerja sama dengan Arsene Wenger. Itu terbukti dari 74 gol EPL yang dicetaknya selama bermain untuk Wenger.

4. Olivier Giroud (73 gol) 

5 Pemain dengan Gol EPL Terbanyak di Bawah Kepelatihan Arsene WengerOlivier Giroud (twitter.com/premierleague)

Nama Olivier Giroud pertama kali melambung saat Arsenal merekrutnya dari Montpellier pada musim panas  2012. Tak heran, kala itu Giroud langsung jadi primadona dengan deretan penampilan apiknya di lapangan. 

Secara keseluruhan, Giroud dahulu membela Arsenal dalam 253 pertandingan dan menyumbang 105 gol. Di antaranya, 73 gol tercipta di Premier League. Striker asal Prancis tesebut memutuskan pindah ke Chelsea pada Januari 2018, beberapa bulan sebelum Wenger pensiun. 

5. Theo Walcott (65 gol) 

5 Pemain dengan Gol EPL Terbanyak di Bawah Kepelatihan Arsene WengerTheo Walcott (twitter.com/premierleague)

Theo Walcott punya kenangan manis bersama Arsene Wenger di Arsenal. Di bawah kepelatihan Wenger, ia jadi pemain sayap favorit yang sukses memainkan 397 penampilan dengan catatan 108 gol. Dari total tersebut, Walcott mencetak 65 gol miliknya di EPL.

Pemain berusia 34 tahun ini bernaung di Arsenal selama 11,5 tahun. Ia bergabung pada 2006 dan hengkang ke Everton pada 2018. Walcott kemudian kembali ke klub masa kecilnya, Southampton, pada musim panas 2021 lalu.

Meski berstatus orang asing, Arsene Wenger merupakan juru taktik terlama yang melatih Arsenal. Kiprahnya di sepak bola Inggris tidak perlu diragukan lagi. Maka dari itu, ia dinilai pantas masuk Premier League Hall of Fame 2023.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Olivier Giroud, Bomber Prancis yang Underrated

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya