Comscore Tracker

6 Pemain Termahal Berhasil Dibajak Gratis oleh Barcelona

Franck Kessie dan Andreas Christensen baru merapat, nih!

Meskipun tampil cukup bagus, Barcelona tidak berhasil meraih satu pun trofi pada musim 2021/2022 lalu. Blaugrana malah kalah oleh rival mereka, Real Madrid, di LaLiga maupun di Liga Champions.

Xavier Hernandez selaku pelatih Barcelona tentu ingin meningkatkan kekuatan tim. Empat tenaga baru telah didatangkan di bursa transfer musim panas 2022 ini. Di antaranya ada Raphinha, Robert Lewandowski, Franck Kessie, dan Andreas Christensen.

Kessie dan Christensen bernilai pasar tak kalah mahal, tapi, keduanya berhasil dibajak secara gratis oleh Barcelona. Termasuk mereka, berikut enam pemain paling berharga yang berhasil direkrut gratis oleh Barcelona.

1. Franck Kessie (Rp688 miliar) 

6 Pemain Termahal Berhasil Dibajak Gratis oleh BarcelonaFranck Kessie tampil membela Barcelona di pramusim. (twitter.com/FCBarcelona)

Pesepak bola berdarah Afrika makin tenar di Eropa. Franck Kessie jadi salah satu nama yang patut diperhitungkan. Ia telah meniti karier profesional sejak 2015. Saat ini, nilai pasar Kessie berada di angka 45 juta euro (Rp688 miliar).

Pada musim panas 2022, masa kontrak Franck Kessie bersama AC Milan habis. Ia pun telah resmi digaet secara gratis oleh Barcelona. Gelandang asal Pantai Gading tersebut diberi kontrak berdurasi empat tahun hingga 2026.

2. Memphis Depay (Rp688 miliar) 

6 Pemain Termahal Berhasil Dibajak Gratis oleh BarcelonaMemphis Depay tampil di pramusim 2022/2023 membela Barcelona. (instagram.com/fcbarcelona)

Olympique Lyon menyerahkan Memphis Depay secara cuma-cuma kepada Barcelona pada musim panas 2021 lalu. Padahal, saat itu nilai pasarnya masih mahal, yakni 45 juta euro (Rp688 miliar).

Penyerang tengah berusia 28 tahun yang satu ini telah mencetak 13 gol dan 2 assist untuk El Barca. Memphis Depay melakukannya dalam 37 pertandingan yang dilakoni di semua kompetisi.

3. Andreas Christensen (Rp535 miliar) 

6 Pemain Termahal Berhasil Dibajak Gratis oleh BarcelonaAndreas Christensen (instagram.com/fcbarcelona)

Selain Franck Kessie, Barcelona juga berhasil mendatangkan Andreas Christensen secara gratis di bursa transfer musim panas 2022 ini. Pemain berpaspor Denmark tersebut dilepas oleh klub akademinya, Chelsea, setelah tujuh tahun mengabdi (2015—2022).

Andreas Christensen bermain di lini belakang sebagai bek tengah. Sebelum hengkang, ia membuat 160 penampilan bersama The Blues. Nilai pasarnya sendiri masih berada di angka 35 juta euro (Rp535 miliar).

Baca Juga: Jules Kounde dan 4 Pemain Muda yang Dibeli Mahal Barcelona

4. Eric Garcia (Rp305 miliar) 

6 Pemain Termahal Berhasil Dibajak Gratis oleh BarcelonaEric Garcia tampil membela Barcelona di pramusim 2022/2023. (instagram.com/ericgm3)

Barcelona merupakan klub masa kecil Eric Garcia. Bek tengah berdarah asli Spanyol ini telah belajar di tim junior El Barca sejak berusia 8 tahun (2008—2017). Pada saat usianya menginjak 16 tahun, Manchester City membawanya ke Premier League.

Eric Garcia memulai karier profesionalnya bersama The Citizens pada 2019. Pada Juli 2021, ia dipulangkan ke ke Camp Nou secara gratis meski waktu itu Garcia masih bernilai pasar 20 juta euro (Rp305 miliar). 

 

5. Sergio Aguero (Rp275 miliar) 

6 Pemain Termahal Berhasil Dibajak Gratis oleh Barcelonapotret Sergio Aguero (twitter.com/aguerosergiokun)

Sergio Aguero terpaksa gantung sepatu akibat menderita aritmia jantung. Pengumuman tersebut dilakukan pada Desember 2021 lalu. Beberapa bulan sebelumnya, pria asal Argentina tersebut sempat berseragam Barcelona.

Pada Juli 2021, Aguero memiliki banderol 18 juta euro (Rp275 miliar) di pasar transfer. Akan tetapi, ia dilepas secara bebas transfer oleh Manchester City ke Barcelona. Sergio Aguero sempat tampil 5 kali di Barcelona sebelum akhirnya resmi pensiun.

6. Pierre-Emerick Aubameyang (Rp229 miliar) 

6 Pemain Termahal Berhasil Dibajak Gratis oleh BarcelonaPierre-Emerick Aubameyang (twitter.com/secretshirtco)

Karier Pierre-Emerick Aubameyang sempat meredup bersama Arsenal. Berbagai konflik dan tindakan indisipliner yang ia lakukan terpaksa bikin manajemen Arsenal untuk memutus kontraknya. Sang striker pun hijrah ke Barcelona pada Januari 2022. Pada saat perekrutan, Aubameyang memiliki banderol senilai 15 juta euro (Rp229 miliar).

Pemain asal Gabon yang satu ini pun kembali menemukan ketajamannya bersama Barcelona. Bahkan, ia langsung hattrick saat mencetak gol debutnya untuk Barcelona pada 20 Februari 2022. Hanya dalam 23 pertandingan, sekarang Aubameyang total telah mengoleksi 13 gol dan 1 assist untuk El Barca untuk sementara. 

Setelah mendapat suntikan tenaga tambahan, skuad Barcelona dinilai makin kuat dan siap menyaingi Real Madrid pada musim kompetisi 2022/2023 depan. LaLiga bakal makin seru, siapa yang bakal keluar sebagai juara di akhir kompetisi nanti?

Baca Juga: 5 Rekrutan Baru Barcelona pada Musim Panas 2022, Calon Juara?

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya