4 Pemain Klub Non-Eropa di Timnas Brasil untuk Piala Dunia 2022

Potensi yang patut diperhitungkan

Timnas Brasil jadi tim pertama yang mengumumkan skuad lengkap untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Pelatih Adenor Leonardo Bacchi alias Tite memilih 26 nama untuk membantunya bertempur di turnamen 4 tahunan tersebut. 

Jajaran pemain ternama datang dari klub Eropa. Namun, Tite tidak melupakan potensi dari klub luar Eropa, khususnya dari klub Amerika. Juru taktik berusia 61 tahun tersebut memberi kesempatan kepada sejumlah pemain dari klub lokal di Serie A Brasil. 

Yuk, berkenalan dengan empat pemain klub non-Eropa di Timnas Brasil untuk Piala Dunia 2022!

1. Weverton (Palmeiras) 

4 Pemain Klub Non-Eropa di Timnas Brasil untuk Piala Dunia 2022Weverton (instagram.com/weverton010)

Weverton dipanggil untuk menjadi kiper pelapis ketiga di Piala Dunia 2022. Akan tetapi, hal tersebut menjadi sebuah kehormatan tersendiri mengingat kiprahnya juga belum lama di level internasional. 

Kala melakoni laga debut pada 2017, Weverton sudah menginjak usia 29 tahun. Kiper Palmeiras yang sekarang berusia 34 tahun tersebut baru mengantongi 4 clean sheet dari 8 penampilan untuk Timnas Brasil. 

2. Dani Alves (UNAM Pumas) 

4 Pemain Klub Non-Eropa di Timnas Brasil untuk Piala Dunia 2022Dani Alves (fifa.com)

Dani Alves merupakan nama terkenal yang sudah malang melintang di atmosfer sepak bola Eropa sejak awal 2000-an. Akan tetapi, eranya sudah di ujung tanduk. Sejak musim panas 2022, Alves pindah ke klub Meksiko, UNAM Pumas.

Bersama Timnas Brasil sendiri, Dani Alves telah memiliki 124 caps dengan torehan 8 gol dan 21 assist. Mengingat usia sang pemain hampir berkepala empat, tampaknya tahun 2022 ini akan menjadi Piala Dunia terakhirnya.

Baca Juga: 6 Winger yang Dipanggil Timnas Brasil ke Piala Dunia 2022

3. Everton Ribeiro (Flamengo) 

4 Pemain Klub Non-Eropa di Timnas Brasil untuk Piala Dunia 2022Everton Ribeiro (instagram.com/evertonri)

Nama Everton Ribeiro terdengar sedikit asing bagi sebagian penggemar sepak bola di Benua Biru. Wajar saja, ia memang belum pernah bermain untuk klub Eropa. Akan tetapi, penampilannya bersama Flamengo terbilang apik dalam beberapa musim terakhir.

Ribeiro mulai mendapatkan jam terbang di Timnas Brasil sejak 2020. Walau hanya mememiliki 3 gol dan 1 assist dari 24 penampilan, gelandang 33 tahun tersebut dipanggil untuk membela Tim Samba di Piala Dunia 2022.

4. Pedro (Flamengo)

4 Pemain Klub Non-Eropa di Timnas Brasil untuk Piala Dunia 2022Pedro (instagram.com/pedroguilherme)

Alih-alih membawa pemain andalan, Roberto Firmino, Tite memilih Pedro untuk mengisi tempat di lini serang Timnas Brasil. Pedro jadi salah 1 dari 3 pemain klub lokal yang dipanggil untuk Piala Dunia 2022. 

Bak mimpi yang jadi kenyataan, Pedro akan mentas untuk pertama kalinya di Piala Dunia. Penyerang tengah berusia 25 tahun itu sendiri sejauh ini baru memiliki 2 caps dan 1 gol untuk Timnas Brasil.

5. Timnas Brasil punya skuad yang mantap untuk Piala Dunia 2022 Qatar

4 Pemain Klub Non-Eropa di Timnas Brasil untuk Piala Dunia 2022Timnas Brasil (fifa.com)

Wajar saja Timnas Brasil percaya diri dan jadi favorit dalam perebutan gelar Piala Dunia 2022 Qatar. Sebab, skuad yang dimiliki Tite terbilang lengkap dan sangar. 

Tite memilih Alisson, Ederson, dan Weverton untuk menjaga jala gawang Timnas Brasil. Di lini pertahanan, ada Marquinhos, Eder Militao, Bremer, Thiago Silva, Alex Telles, Alex Sandro, Danilo, hingga pemain senior, Dani Alves.

Di bagian tengah, Bruno Guimaraes, Fabinho, Casemiro, Fred, Everton Ribeiro, dan Lucas Paqueta siap siaga. Di sektor sayap, ada Vinicius Junior, Neymar Junior, Gabriel Martinelli, Rodrygo, Antony, dan Raphinha. Sementara itu, nama-nama keren macam Gabriel Jesus, Richarlison, dan Pedro akan jadi ujung tombak di lini serang.

Dipanggilnya empat pemain dari klub non-Eropa jadi amunisi yang baik. Mereka bisa membantu Timnas Brasil melaju lebih jauh di Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: 6 Pemain Termuda Timnas Brasil di Piala Dunia 2022, Bisa Diandalkan?

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya