Comscore Tracker

6 Pemain yang Menorehkan Hat-trick Ketiga Tercepat dalam Sejarah EPL

Erling Haaland libas para pendahulunya dalam rekor ini

Sepanjang sejarah sepak bola Eropa, English Premier League (EPL) bisa dibilang merupakan liga paling ramai dengan bintang-bintang berkelas. Liga utama di Inggris tersebut banyak menaungi talenta hebat.

EPL musim 2022/2023 kedatangan bocah dari Norwegia yang kini jadi idola baru. Dia adalah Erling Haaland, yang mulai menggerus rekor demi rekor di Inggris.

Baru-baru ini, Haaland berhasil melibas para seniornya dalam rekor hattrick. Siapa saja yang dilampaui Haaland? Berikut enam pemain yang menorehkan hattrick ketiga tercepat dalam sejarah EPL.

1. Erling Haaland (8 penampilan) 

6 Pemain yang Menorehkan Hat-trick Ketiga Tercepat dalam Sejarah EPLErling Haaland cetak hattrick di derbi Manchester pada 2 Oktober 2022. (facebook.com/Manchester City)

Dalam pertandingan bertajuk derbi Manchester pada 2 Oktober 2022, Erling Haaland sukses mencetak hat-trick ke gawang Manchester United. Itu merupakan hat-trick ketiganya untuk Manchester City di EPL musim ini.

Rekor baru telah tercatat. Erling Haaland kini dinobatkan jadi pemain tercepat yang mencapai hat-trick ketiganya dalam waktu singkat sepanjang sejarah EPL. 

Pemain lain membutuhkan puluhan penampilan untuk mencetak hat-trick ketiga mereka. Akan tetapi, tidak dengan "sang monster" yang melakukannya hanya dalam penampilan kedelapan di EPL.

2. Michael Owen (48 penampilan) 

6 Pemain yang Menorehkan Hat-trick Ketiga Tercepat dalam Sejarah EPLMichael Owen (premierleague.com)

Michael Owen membutuhkan waktu agak lama untuk membukukan hat-trick pertamanya di EPL. Ia pertama kali berhasil hat-trick dalam penampilan ke-27 pada 14 Februari 1998 silam.

Hat-trick kedua Owen dicetak pada 30 Agustus 1998. Kemudian, menyusul hat-trick ketiga yang terjadi dalam penampilan ke-48 pada 24 Oktober 1998.

Pada saat mencetak hat-trick ketiganya, legenda Liverpool yang pensiun pada 2013 satu ini sebenarnya berhasil mencetak 4 gol. Kala itu, Owen membobol gawang Nottingham Forest dan The Reds menang dengan skor 5-1.

3. Ruud van Nistelrooy (59 penampilan)

6 Pemain yang Menorehkan Hat-trick Ketiga Tercepat dalam Sejarah EPLRuud van Nistelrooy saat masih bermain membela Manchester United. (manutd.com)

Lebih lama dari Michael Owen, Ruud van Nistelrooy malah membutuhkan 59 penampilan demi menorehkan hat-trick ketiganya di EPL. Momen khusus itu terjadi pada 22 Maret 2003 silam. 

Pada musim 2002/2003, Ruud van Nistelrooy memang sedang dalam performa terbaik. Dari 8 penampilan terakhirnya pada musim tersebut, sang legenda selalu menyumbang gol untuk Manchester United.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal dengan Hat-trick Terbanyak di English Premier League

4. Fernando Torres (64 penampilan) 

6 Pemain yang Menorehkan Hat-trick Ketiga Tercepat dalam Sejarah EPLFernando Torres saat masih bermain membela Liverpool (twitter.com/premierleague)

Legenda Liverpool lainnya, Fernando Torres, juga masuk dalam daftar rekor ini. Pemain yang melancong dari Spanyol satu ini hanya pernah membukukan 3 hat-trick untuk Liverpool dan 1 hat-trick untuk Chelsea di EPL.

Torres tampil sangat baik pada musim pertamanya (2007/2008) di EPL membela Liverpool. Ia bahkan mampu menorehkan 2 hat-trick kala itu. Namun untuk mencapai hattrick ketiga, Torres kesulitan karena masalah cedera.

Setelah melewati penampilan ke-64, Fernando Torres akhrinya mencatatkan hat-trick EPL ketiganya pada 26 September 2009. Kala itu, Liverpool menang 6-1 atas Hull City. 

5. Andy Cole (65 penampilan) 

6 Pemain yang Menorehkan Hat-trick Ketiga Tercepat dalam Sejarah EPLAndy Cole saat masih bermain membela Manchester United (manutd.com)

Andy Cole merupakan mantan pesepak bola profesional yang aktif bermain pada 1989 sampai gantung sepatu pada 2008. Mantan striker asli Inggris satu ini tidak pernah berkarier di luar EPL. Dahulu, Cole pernah bermain untuk sejumlah klub besar seperti Arsenal, Newcastle United, Manchester United, Fulham, dan Manchester City. 

Andy Cole sendiri mencetak hat-trick pertama dan keduanya di EPL untuk Newcastle United. Kemudian, ia mencetak 5 gol sekaligus tertoreh hat-trick ketiganya setelah berseragam Manchester United pada 4 Maret 1995.

6. Luis Suarez (71 penampilan) 

6 Pemain yang Menorehkan Hat-trick Ketiga Tercepat dalam Sejarah EPLLuis Suarez saat masih membela Liverpool (twitter.com/LFC)

Terakhir ada Luis Suarez, mantan pemain Liverpool yang sampai sekarang masih aktif merumput di lapangan. Selama berkarier di EPL, Suarez hanya pernah membela The Reds (2011--2014).

Suarez mencicipi karier yang cukup manis di EPL dengan 69 gol dari 110 penampilan yang dicetaknya untuk Liverpool. Di antaranya, ada total 6 hat-trick yang pernah ditorehkan.

Hatt-rick EPL ketiga pemian asal Uruguay satu ini dicetak pada 29 September 2012. Luis Suarez membobol gawang Norwich City dalam kemenangan 2-5 di kandang lawan. Laga tersebut merupakan laga ke-71 Suarez di EPL. 

 

Dari enam pemain tadi, hanya Erling Haaland dan Luis Suarez yang masih aktif bermain. Suarez sendiri sudah lama meninggalkan EPL. Artinya, Haaland kini telah melibas para pendahulunya di kompetisi tersebut. 

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Sudah Mencetak Hat-trick pada Musim 2022/2023

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya