Comscore Tracker

6 Pemain Serbia yang Membela Klub Elite Serie A pada 2022/2023

Filip Kostic dan Luka Jovic akan ikut meramaikan Serie A

Tidak seperti negara-negara unggulan di Eropa yang punya banyak perwakilan, pemain top dari Serbia masih terbilang jarang muncul. Namun, bakat-bakat dari Timnas Serbia mulai dilirik usai kesebelasan mereka lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Baru-baru ini, sejumlah pemain berpaspor Serbia mendapatkan sorotan di kompetisi Italia atau Serie A. Sebut saja Dusan Vlahovic dan Sergej Milinkovic-Savic, yang kebetulan sudah terkenal.

Sementara itu, ada dua pemain dari Serbia yang baru akan menjajal karier di Italia pada musim panas 2022. Siapa mereka? Simak enam pemain Serbia yang membela klub elite Serie A pada 2022/2023.

1. Nikola Milenkovic (Fiorentina)

6 Pemain Serbia yang Membela Klub Elite Serie A pada 2022/2023Nikola Milenkovic perpanjang kontrak dengan Fiorentina sampai 2027. (twitter.com/ACFFiorentinaEN)

Nikola Milenkovic bukanlah wajah baru di Serie A. Ia terhitung sudah 5 tahun membela Fiorentina sejak bergabung pada 2017. Milenkovic dibeli dari klub Serbia, Partizan, senilai 5,5 juta euro atau sekitar Rp82 miliar saat itu.

Nikola Milenkovic telah dipercaya tampil dalam 171 pertandingan di berbagai lintas kompetisi. Bek muda berusia 24 tahun ini baru saja memperpanjang kontraknya untuk Fiorentina. Ia akan bertahan sampai Juni 2027.

2. Aleksa Terzic (Fiorentina)

6 Pemain Serbia yang Membela Klub Elite Serie A pada 2022/2023potret Aleksa Terzic (instagram.com/aleksa_terzic93)

Sebelum direkrut Fiorentina, Nikola Milenkovic dan Aleksa Terzic tidak pernah bermain di luar Serbia. Aleksa Terzic sendiri direkrut Fiorentina pada 2019 dengan harga cukup murah, yakni hanya 1,7 juta euro (Rp25 miliar).

Karier Aleksa Terzic di Serie A juga belum ada kemajuan. Sejak melakoni laga debut di Coppa Italia pada 18 Agustus 2019, bek berusia 22 tahun tersebut baru dimainkan sembilan belas kali.

3. Sergej Milinkovic-Savic (Lazio) 

6 Pemain Serbia yang Membela Klub Elite Serie A pada 2022/2023potret Sergej Milinkovic-Savic (twitter.com/StatmanDave)

Di sisi lain, Sergej Milinkovic-Savic terbilang sukses merumput di Serie A. Selama beberapa tahun terakhir, pemain berusia 27 tahun tersebut jadi gelandang utama andalan Lazio.

Lazio telah 7 tahun memakai jasa Sergej Milinkovic-Savic sejak diboyong dari KRC Genk pada 2015. Sejauh ini, sang pemain mampu mengoleksi 58 gol dan 51 assist dalam 294 penampilan.

Baru-baru ini Sergej Milinkovic-Savic dikabarkan diminati Manchester United. Kontraknya bersama Lazio sendiri masih tersisa 2 tahun lagi sampai 2024.

Baca Juga: Lazio Tak Biarkan Sergej Milinkovic Savic Cabut ke Manchester United

4. Filip Kostic (Juventus) 

6 Pemain Serbia yang Membela Klub Elite Serie A pada 2022/2023Filip Kostic telah diperkenalkan sebagai pemain baru Juventus. (instagram.com/filipkostic)

Pada pertengahan bursa transfer 2022 ini, Juventus kembali mendatangkan pemain berdarah Serbia. Dia adalah Filip Kostic, gelandang berusia 29 tahun yang sebelumnya berkarier di Jerman.

Filip Kostic ditebus seharga 12 juta euro atau setara Rp182 miliar dari Eintracht Frankfurt. Si Nyonya Tua telah sepakat memberikan kontrak berdurasi 4 tahun yang akan bertahan hingga 2026.

Filip Kostic punya catatan yang cukup apik bersama Eintracht Frankfurt. Dari 171 penampilan, ia berhasil membukukan 33 gol dan 64 assist yang dilakoninya di seluruh kompetisi.

5. Dusan Vlahovic (Juventus) 

6 Pemain Serbia yang Membela Klub Elite Serie A pada 2022/2023potret Dusan Vlahovic (instagram.com/vlahovicdusan)

Pada Januari 2022 lalu, Juventus lebih dahulu mendatangkan pemain muda Serbia, Dusan Vlahovic. Salah satu talenta muda terbaik di Eropa ini telah mencetak 9 gol dan 2 assist hanya dari 21 penampilan yang dilakoni.

Demi merekrut mesin gol satu ini, Juventus bahkan rela merogoh kocek hingga 81,6 juta euro atau setara Rp1,2 triliun. Dusan Vlahovic memang tampil gemilang sejak masih berseragam Fiorentina (2018—2022).

6. Luka Jovic (Fiorentina) 

6 Pemain Serbia yang Membela Klub Elite Serie A pada 2022/2023Luka Jovic remi hijrah ke Fiorentina pada musim panas 2022. (instagram.com/acffiorentina)

Terakhir, ada eks pemain Real Madrid, Luka Jovic, yang sekarang ditampung Fiorentina. Setelah mencicipi rumput di Portugal, Jerman, hingga Spanyol, ini akan menjadi pengalaman pertama Jovic di Italia.

Luka Jovic gagal bersinar bersama Los Blancos. Padahal, striker 24 tahun tersebut merupakan salah satu penyerang termahal dalam sejarah klub. Sementara itu, Fiorentina menggaetnya tanpa biaya sepeser pun atau gratis.

Kehadiran sejumlah pemain Serbia terbukti berpengaruh di Serie A. Filip Kostic dan Luka Jovic akan ikut meramaikan kompetisi mulai musim 2022/2023. Penampilan mereka patut dinantikan, nih!

Baca Juga: Menilik Kiprah Dusan Vlahovic di Serie A, Catat Rekor Anyar! 

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya