Tua-Tua Keladi, Ini 5 Pemain Termahal di Kisaran Usia 34 Tahun ke Atas

Nilai pasar pun turun, siapa termahal saat ini?

Nilai pasar pemain biasanya dilihat dari seberapa bagusnya penampilan mereka di lapangan. Namun, aset terbaik ialah para pemain muda sehingga usia juga sangat memengaruhi. Bertambah tua usia sang pemain, biasanya nilai pasar mereka seiring waktu bisa menurun.

Kylian Mbappe (22 tahun) menjadi pemain termahal di dunia saat ini dengan nilai pasar mencapai 160 juta euro (Rp2,70 triliun). Nah, kali ini ada beberapa pemain termahal yang usianya sudah mencapai 34 tahun ke atas. Berikut lima daftar teratasnya.

1. Lionel Messi - 34 Tahun

Tua-Tua Keladi, Ini 5 Pemain Termahal di Kisaran Usia 34 Tahun ke AtasLionel Messi pamer jersey PSG (telegraph.co.uk)

Lionel Messi masih memiliki market value yang cukup mahal di usianya yang sudah mencapai 34 tahun. Ia masih berharga 80 juta euro di pasar transfer yang jika dirupiahkan mencapai Rp1,35 triliun. Kedatangannya ke Paris Saint-Germain pun memecahkan rekor, yakni sebagai pemain bebas transfer termahal sepanjang sejarah.

Musim ini menjadi musim pertama Messi bersama Paris Saint-Germain. Ia sudah melakukan debutnya pada 30 Agustus lalu dalam laga menghadapi Stade Reims di pekan keempat Liga Prancis 2021/2022. Penampilan pertama pemain dengan julukan La Pulga tersebut dinilai kurang mengesankan. Namun, sang bintang dipuji membuat tim menjadi lebih tenang saat bertanding.

2. Cristiano Ronaldo - 36 Tahun

Tua-Tua Keladi, Ini 5 Pemain Termahal di Kisaran Usia 34 Tahun ke AtasCristiano Ronaldo (independent.co.uk)

Rival kuat Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, berusia 2 tahun lebih tua dari La Pulga. CR7 kini sudah menginjak usia 36 tahun sehingga tak heran nilai pasar Ronaldo kini hanya sebesar 45 juta euro atau sekitar Rp760 miliar saja.

Ronaldo tetaplah bintang sepak bola paling penomenal saat ini. Tua-tua keladi, performa gacor CR7 di rumput hijau tak sedikit pun menurun. Terlebih kini ia kembali ke Manchester United, klub dengan skuad lengkap yang bisa mengimbanginya di lapangan.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Bikin Wonderkid MU Membeku

3. Manuel Neuer - 35 Tahun

Tua-Tua Keladi, Ini 5 Pemain Termahal di Kisaran Usia 34 Tahun ke AtasManuel Neuer, kiper hebat milik Bayern Munchen (twitter.com/Sporf)

Penjaga gawang milik Bayern Munchen, Manuel Neuer, lahir pada 27 Maret 1986 di Gelsenkirchen, Jerman Barat. Itu artinya usia sang pemain sudah menginjak 35 tahun. Di usia yang sudah tidak muda lagi, Neuer masih menjadi kiper terbaik yang mampu bersaing di Bundesliga dan di kancah internasional.

Manuel Neuer jadi tumpuan Die Roten sejak kedatangannya pada musim panas 2011. Ia telah tampil dalam 437 pertandingan dengan 213 di antaranya tanpa kekebobolan. Saat ini Neuer ber-market value senilai 18 juta euro atau sekitar Rp303 miliar. Manchester United sempat tertarik untuk merekrutnya, tapi sang pemain memilih bertahan di Allianz Arena.

4. Luis Suarez - 34 Tahun

Tua-Tua Keladi, Ini 5 Pemain Termahal di Kisaran Usia 34 Tahun ke AtasPotret Luis Suarez (talksport.com)

Mantan bintang Liverpool dan Barcelona, Luis Suarez, mengalami penurunan performa. Nilai pasarnya pun terus menurun seiring dengan bertambah usianya. Di usia 34 tahun, saat ini ia bernilai 15 juta euro atau setara dengan Rp253 miliar di pasar transfer.

Penyerang tengah asal Uruguay satu ini memang sudah mulai meredup sejak dirinya masih membela El Barca. Ia akhirnya dijual ke Atletico Madrid di musim panas 2020 lalu. Suarez telah ikut membela klub anyarnya dalam 41 pertndingan di semua kompetisi dan hanya mampu menyumbang 22 gol saja.

5. Keylor Navas - 34 Tahun

Tua-Tua Keladi, Ini 5 Pemain Termahal di Kisaran Usia 34 Tahun ke AtasKeylor Navas (ligue1.com)

Satu lagi kiper di kisaran usia 34 tahun dengan nilai pasar yang mahal. Dia adalah Keylor Navas yang bernilai pasar 12 juta euro atau sekitar Rp202 miliar jika dirupiahkan. Dilihat dari kontribusinya di Ligue 1 untuk Paris Saint-Germain, Navas punya catatan yang cukup bagus.

Keylor Navas datang ke Paris dari Real Madrid pada 2019 dan telah mencetak 40 clean sheets dari 85 laga yang dilakoninya untuk Les Parisiens. Namun, kedatangan Gianluigi Donnarumma menjadi ancaman baru bagi karier Navas. Mereka bersaing untuk jadi kiper utama di Parc des Princes. Akankah posisinya tergeser?

 

Usia tidak menghalangi lima pemain tadi untuk bersaing di rumput hijau. Nilai pasar boleh turun, tapi performa harus tetap garang.

Baca Juga: Gianluigi Donnarumma ke PSG, Jadi Kiper Utama Gantikan Keylor Navas

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya