Usia Hanya Angka, 5 Pemain Tua yang Garang Hingga Sekarang

Makin tua makin garang

Dalam sepak bola modern, para pemain sepak bola punya cara khusus untuk mempertahankan tubuh mereka agar tetap bugar. Diet ketat serta pemanasan tubuh yang dilakukan secara rutin mampu meningkatkan performa ketika bertanding.

Performa tubuh yang kuat memang sangat penting dalam sepak bola. Terlebih bagi para pesepak bola yang sudah berusia matang. Nah, berikut lima pemain berusia tua yang masih tampil garang di lapangan.

1. Gianluigi Buffon (43 tahun)

Usia Hanya Angka, 5 Pemain Tua yang Garang Hingga SekarangGianluigi Buffon (eurosport.com)

Di usia tua, Gianluigi Buffon masih kuat bersaing di lapangan. Musim ini ia resmi kembali ke klub lamanya, Parma, usai kontraknya habis dan tak kunjung diperpanjang oleh Juventus. Parma sendiri memang klub pertama, di mana Buffon belajar sepak bola di akademi sampai dipromosikan di tim utama pada tahun 1994 silam.

Buffon merupakan kiper berdarah Italia yang menolak tua. Hingga sekarang, di usia ke-43, sepertinya ia belum berancang-ancang untuk pensiun. Sepanjang kariernya hingga kini, Buffon telah tampil dalam 933 pertandingan bersama tiga klub, yakni Parma, Paris Saint-Germain, dan Juventus.

2. Sergio Ramos (35 tahun)

Usia Hanya Angka, 5 Pemain Tua yang Garang Hingga SekarangPotret Sergio Ramos saat masih jadi pemain Real Madrid (eurosport.com)

Mulai musim ini, Sergio Ramos juga tampil bersama klub baru. Setelah kontraknya habis dan bebas transfer, ia memutuskan hengkang dari Real Madrid ke Paris Saint-Germain. Itu merupakan aksi yang bisa dibilang cukup berani. Pasalnya, usia sang pemain sudah tidak muda lagi.

Di usianya yang kini menginjak 35 tahun, Ramos masih ingin bersaing di rumput hijau. Namun, penyerang asal Spanyol tersebut hingga kini masih belum melakoni laga pertamanya untuk Les Parisiens. Debut bek tengah satu ini tertunda akibat cedera yang dialaminya tak kunjung pulih.

Baca Juga: Kisah Sergio Ramos dan Lionel Messi: Dulu Lawan, Kini Kawan

3. Zlatan Ibrahimovic (39 tahun)

Usia Hanya Angka, 5 Pemain Tua yang Garang Hingga SekarangZlatan Ibrahimovic (independent.co.uk)

Bukan Zlatan Ibrahimovic namanya kalau tidak sensasional. Baginya, usia hanyalah angka. Ibra lahir pada tanggal 3 Oktober 1981, yang artinya di awal bulan depan, ia akan memasuki usia kepala empat. Namun sang singa masih tetap garang dan produktif di lapangan.

Kabar terbaru mengatakan, bahwa Ibrahimovic tidak akan tampil dalam big match melawan Juventus di laga lanjutan Serie A, Senin nanti. Itu karena ia ingin menjaga fisik agar tetap prima. Meskipun masih kaut bersaing, tapi Ibra berusaha menghindari berbagai cedera yang pernah dialaminya. 

4. Cristiano Ronaldo (36 tahun)

Usia Hanya Angka, 5 Pemain Tua yang Garang Hingga SekarangPotret Cristiano Ronaldo saat debut bersama Manchester United (bbc.com)

Cristiano Ronaldo menjadi salah satu pesepak bola yang sering dipuji karena kebugaran tubuhnya. Banyak media menyebut, sang bintang punya gaya hidup khusus untuk menjaga agar tubuhnya tetap kuat, bahkan di usianya yang kini sudah memasuki 36 tahun.

Kerja keras Ronaldo tak sia-sia. Ia membuat takjub seluruh mata saat mencetak dua gol dalam laga debut bersama Manchester United di Liga Inggris menghadapi Newcastle United. Di Liga Champions, CR7 menjadi satu-satunya pemain Setan Merah yang mencetak gol saat melakukan debut melawan Young Boys.

5. Lionel Messi (34 tahun)

Usia Hanya Angka, 5 Pemain Tua yang Garang Hingga SekarangLionel Messi saat menjalani debut bersama PSG (standard.co.uk)

Sebaliknya, Lionel Messi justru sering mendapat kritik pedas akibat penurunan performa. Tapi sepertinya Messi hanya kehilangan kepercayaan diri, sebab ia mampu tampil konsisten bersama Timnas Argentina, yang akhirnya bisa mengangkat trofi Copa America 2021 di bulan Juli lalu.

Messi juga membuat gebrakan baru bersama klub baru. Musim ini ia sudah tampil 2 kali bersama Paris Saint-Germain. Hasil kurang memasukkan dalam laga debut di Ligue 1 dan di Liga Champions tak membuat La Pula putus asa, ia sepertinya punya rencana besar untuk tampil lebih baik di klub anyar.

Usia memang hanya angka, lima pemain tadi buktinya. Mereka masih mampu bersaing di tengah banyaknya pemain muda yang potensial di abad ini. Siapa pemain tua yang paling jago menurut kamu? 

Baca Juga: Tidak Lagi Muda, 5 Pemain Tua yang Semakin Eksis di Piala Eropa 2020

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya