5 Pencetak Gol EPL Terbanyak di Bawah Kepelatihan Sir Alex Ferguson

Pelatih legendaris ini masuk Premier League Hall of Fame

Atas kerja kerasnya selama melatih klub Inggris, belum lama ini Sir Alex Ferguson diumumkan masuk Premier League Hall of Fame 2023. Itu merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada para insan paling berpengaruh di English Premier League (EPL). 

Ferguson adalah salah satu juru taktik tersukses pada masanya. Selama menukangi Manchester United dari 1986 sampai dengan 2013, pria asal Skotlandia tersebut berhasil merengkuh 13 trofi EPL. Sejumlah pemain pun ikut bersinar di bawah tangan dinginnya.

Sukses bareng, berikut lima pecetak gol EPL terbanyak di bawah kepelatihan Sir Alex Ferguson.

1. Wayne Rooney (141 gol) 

5 Pencetak Gol EPL Terbanyak di Bawah Kepelatihan Sir Alex Fergusonpotret Wayne Rooney (instagram.com/waynerooney)

Wayne Rooney merupakan striker tersubur dalam sejarah Manchester United. Dari total 559 penampilan yang dilakoninya, Rooney sukses mengukir 253 gol. Terhitung sebanyak 197 gol di antaranya dicetak saat sang pemain di bawah asuhan Sir Alex Ferguson.

Gol-gol Rooney lebih banyak tercipta di Premier League. Ada total 181 gol EPL yang dicetaknya selama mengabdi kepada Setan Merah. Legenda yang gantung sepatu pada 2021 tersebut mengukir 141 gol EPL di antaranya saat diasuh Ferguson.

2. Ryan Giggs (109 gol) 

5 Pencetak Gol EPL Terbanyak di Bawah Kepelatihan Sir Alex FergusonRyan Giggs (twitter.com/premierleague)

Ryan Giggs adalah salah satu legenda paling setia kepada Setan Merah. Ia lahir dari akademi klub yang mulai membela tim utama pada 1991 dan tetap setia sampai pensiun pada 2014. Giggs pensiun setahun setelah Ferguson pensiun. 

Tak kalah jago dalam urusan gol, pria kelahiran 1973 ini berhasil mencatatkan 164 gol dalam 949 penampilan bersama Setan Merah. Seluruhnya dicetak saat dirinya di bawah kepelatihan Ferguson, termasuk 109 gol EPL miliknya. Selepas Fergie pensiun dari kursi pelatih, Giggs tidak pernah mencetak gol lagi.

Baca Juga: 5 Pemain Wales yang Pernah Juara Premier League, Bukan Hanya Giggs

3. Paul Scholes (107 gol) 

5 Pencetak Gol EPL Terbanyak di Bawah Kepelatihan Sir Alex FergusonPaul Scholes (twitter.com/premierleague)

Legenda yang juga setia menghabiskan seluruh kariernya untuk Manchester United adalah Paul Scholes. Ia mengabdikan diri selama kurang lebih 18,5 tahun dari 1994 sampai pensiun pada 2013. Scholes pensiun sehari setelah kepergian satu-satunya pelatih yang pernah mengasuhnya, yakni Ferguson.

Dalam kurun waktu tersebut, Scholes ikut andil dalam membantu Manchester United dengan 153 gol yang dicetaknya dari 714 pertandingan. Statistik juga menunjukkan 107 gol mampu diukir sang mantan gelandang dalam 499 penampilan di Premier League.

4. Ruud van Nistelrooy (95 gol) 

5 Pencetak Gol EPL Terbanyak di Bawah Kepelatihan Sir Alex FergusonRuud van Nistelrooy saat masih bermain membela Manchester United. (manutd.com)

Pada musim panas 2001 silam, Manchester United pernah merekrut striker muda dari PSV Eindhoven, yakni Ruud van Nistelrooy. Setan Merah adalah satu-satunya klub Inggris yang pernah dibela legenda berpaspor Belanda tersebut (2001—2006). 

Nistelrooy sukses jadi top skor (25 gol) EPL mengalahkan Thierry Henry pada musim keduanya bersama pasukan seragam merah (2002/2003). Secara keseluruhan, Nistelrooy tercatat pernah mencetak 95 gol EPL dari total 150 gol yang dikoleksinya untuk klub tersebut.

5. Andrew Cole (93 gol) 

5 Pencetak Gol EPL Terbanyak di Bawah Kepelatihan Sir Alex FergusonAndrew Cole (manutd.com)

Andrew Alexander Cole atau yang lebih terkenal dengan nama Andy Cole merupakan pemain kelahiran Inggris berdarah Jamaika. Ia memulai karier sepak bolanya bersama Arsenal dan baru bergabung dengan Manchester United pada 1995.

Andy Cole tercatat menjebloskan 121 gol setelah membela Manchester United dalam 275 pertandingan. Tercatat 93 gol di antaranya dicetak Cole di Premier League. Ia meninggalkan Old Trafford pada 2002 dan setelah berkelana ke sejumlah klub, Cole pensiun pada 2008.

 

Sir Alex Ferguson terbukti mampu mengembangkan para pemainnya dengan sangat baik. Selain taktiknya yang hebat, ia dikenal sebagai pelatih yang tegas selama menangani Manchester United. Dengan ini, Fergie memang layak masuk Premier League Hall of Fame.

Baca Juga: Sir Alex Ferguson dan Arsene Wenger Masuk Premier League Hall of Fame!

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya