Comscore Tracker

10 Pencetak Gol Termuda di Sejarah Bundesliga, Ada Werner dan Havertz!

Siapa ya sekarang yang memegang rekornya?

Bundesliga menjadi kompetisi kasta teratas di Jerman yang telah melahirkan banyak bakat hebat. Di antaranya ada Timo Werner dan Kai Havertz yang kini sudah melebarkan sayap ke Liga Inggris.

Keduanya pernah mencatakan rekor di Bundesliga sebagai pencetak gol termuda di awal karier mereka. Selain itu ada sepuluh nama lain yang juga memecahkan rekor tersebut, nama Florian Wirtz terbaru. Langsung saja simak daftar lengkapnya berikut ini.

10. Fiete Arp (17 tahun 09 bulan 22 hari)

10 Pencetak Gol Termuda di Sejarah Bundesliga, Ada Werner dan Havertz!dailyherald.com

Fiete Arp menjalani debut seniornya di Hamburger SV pada musim 2017/8. Di Oktober 2017, ia mencetak gol pertamanya saat melawan Herta Berlin. Saat itu usianya tepat 17 tahun, sembilan bulan, 22 hari yang membuanya masuk dalam top ten pencetak gol termuda Bundesliga.

Bulan Juli 2019 lalu pemain asli Jerman tersebut resmi singgah ke Bayern Munchen. Sayangnya pemain muda ini kurang mendapat menit bermain usai posisi Nico Kovac sebagai pelatih yang merekrutnya digantikan oleh Hansi Flick.

9. Kai Havertz (17 tahun 09 bulan 22 hari) 

10 Pencetak Gol Termuda di Sejarah Bundesliga, Ada Werner dan Havertz!talksport.com

Kai Havertz yang sudah pindah ke Chelsea musim panas kemarin memang punya banyak catatan bagus saat masih membela Bayer Leverkusen di Bundesliga. Salah satunya menjadi pemain termuda kesembilan yang mencetak gol di usia 17 tahun, sembilan bulan, 22 hari.

Rekor lainnya ialah ketika ia berusia 20 tahun, enam bulan, empat hari pada bulan Desember 2019 lalu. Havertz menjadi pemain termuda yang mencapai penampilan ke-100 di Bundesliga mengalahkan Timo Werner. Inilah alasan kenapa The Blues begitu bergairah memboyongnya ke Stamford Bridge.

8. Ibrahim Tanko (17 tahun 08 bulan 07 hari) 

10 Pencetak Gol Termuda di Sejarah Bundesliga, Ada Werner dan Havertz!bundesliga.com

Mantan pemain Borussia Dortmund yang pensiun di usia 30 tahun karena cedera parah, Ibrahim Tanko juga masuk dalam daftar ini berkat kerja kerasnya di masa lampau. Pemain asal Ghana ini mendapatkan rekornya pada bulan Januari 1995 silam.

Dulu saat Dortmund melawan Bayer Uerdingen, usia Tanko masih 17 tahun, delapan bulan, tujuh hari. Ia menctak gol ketiga dalam kemenangan 3-1. Musim itu juga Dortmund sukses meraih gelar Bundesliga untuk pertama kalinya.

7. Lars Ricken (17 tahun 08 bulan 01 hari)  

10 Pencetak Gol Termuda di Sejarah Bundesliga, Ada Werner dan Havertz!uefa.com

Masih legenda dari Borussia Dortmund. Nama Lars Ricken juga pernah menuaikan rekor sebagai pencetak gol termuda Bundesliga di bulan pertamanya bersama klub. Kala itu usianya baru menginjak angka 17 tahun, delapan bulan, satu hari.

Statistik pemain yang memang berasal dari Jerman ini cukup apik. Dalam kariernya, ia mampu menyumbang 69 gol dalam 302 penampilan untuk Borussia Dortmund.

6. Christian Pulisic (17 tahun 06 bulan 30 hari) 

10 Pencetak Gol Termuda di Sejarah Bundesliga, Ada Werner dan Havertz!publicnewsupdate.com

Sebelum berkarier di Liga Inggris, Christian Pulisic memulai karier masa mudanya yang memukau di Bundesliga bersama Borussia Dortmund. Ia menjalani debutnya di Dortmund pada bulan Januari 2016 dan menjadi pemain asal Amerika termuda yang tampil di kompetisi utama Jerman. Tapi musim lalu rekornya telah diambil alih oleh Gio Reyna.

Pada April 2019, Pilisic kemudian mencatatkan rekor baru sebagai pencetak gol termuda Bundesliga keenam di usia 17 tahun, enam bulan dan 30 hari. Catatan lain ialah koleksi 22 gol berhasil dicetaknya di semua kompetisi untuk Dortmund sebelum hengkang.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Ini Tampil Menjanjikan di Liga Champions

5. Jamal Musiala (17 tahun 06 bulan 23 hari) 

10 Pencetak Gol Termuda di Sejarah Bundesliga, Ada Werner dan Havertz!sportsmole.co.uk

Jamal Musiala merupakan bakat dari akademi Chelsea yang resmi berseragam Bayern Munchen di musim panas 2019 lalu. Ia menjalani debutnya pada tanggal 20 Juni 2020, dan langsung menjadi pemain termuda yang tampil bersama Die Roten di Bundesliga saat berusia 17 tahun, 115 hari. Musiala menggeser rekor Roque Santa Cruz yang dilakukan pada tahun 1999 di usia 18 tahun.

Di daftar ini, Musiala berada di urutan kelima karena mencetak gol pertama di Bundesliga saat usianya menginjak 17 tahun, 6 bulan, 23 hari dalam kemenangan 8-0 atas Schalke pada 18 September kemarin.

4. Timo Werner (17 tahun 06 bulan 16 hari) 

10 Pencetak Gol Termuda di Sejarah Bundesliga, Ada Werner dan Havertz!twitter.com/bundesliga_en

Sebelum menjadi striker hebat RB Leipzig, Werner lebih dulu memulai karier seniornya di VfB Stuttgart. Di September 2013 ia mencetak gol Bundesliga pertama saat melawan Eintracht Frankfurt. Dalam laga tersebutlah Werner mencatatkan rekornya di usia 17 tahun, 6 bulan, 16 hari.

Timo Werner pindah ke RB Leipzig di 2016 dan bersinar dengan hampir mencetak 100 gol di kompetisi utama Jerman tersebut. Kemudian Chelsea tertarik dan berhasil mendatangkannya di musim panas kemarin.

3. Julian Draxler (17 tahun 06 bulan 12 hari)

10 Pencetak Gol Termuda di Sejarah Bundesliga, Ada Werner dan Havertz!bleacherreport.com

Dalam sejarah Schalke, Julian Draxler menjadi pemain termuda saat melakukan debut pada 2011 silam. Di tim tersebut pula ia menjadi pencetak gol termuda di Bundesliga ketika usianya masih 17 tahun 06 bulan 12 hari. Pemain asal Jerman ini membela Schalke 04 selama empat musim dengan mncetak 30 gol dalam 170 penampilan.

Sebelum melebarkan sayap ke Paris Saint-Germain di jendela transfer musim dingin 2017, Draxler sempat membela Wolfsburg dulu selama 18 bulan. PSG merekrutnya senilai 36 juta euro.

2. Nuri Sahin (17 tahun 02 bulan 21 hari) 

10 Pencetak Gol Termuda di Sejarah Bundesliga, Ada Werner dan Havertz!bundesliga.com

Nuri Sahin merupakan satu-satunya pemain kelahiran Jerman tapi berkebangsaan Turki dalam daftar ini. Pada tahun 2005 ia menjadi pemain termuda di Bundesliga ketika debut di usia 16 tahun, 11 bulan dan 1 hari.

Kemudian di usia 17 tahun dua bulan, 21 hari pada bulan November di tahun yang sama, Sahin mencetak gol pertamanya bersama Borussia Dortmund. Hal ini menjadikannya pencetak gol termuda dalam sejarah kompetisi sebelum digeser oleh Florian Wirtz.

Nuri Sahin saat ini bermain untuk Werder Bremen setelah sempat berpetualang ke Real Madrid dan Liverpool. 

1. Florian Wirtz (17 tahun 01 bulan 03 hari) 

10 Pencetak Gol Termuda di Sejarah Bundesliga, Ada Werner dan Havertz!bundesliga.com

Diurutan pertama dan yang terbaru ada Florian Wirtz. Ia memecahkan rekornya sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Budesliga di bulan Juni lalu. Sebelumnya rekor ini dipegang oleh Nuri Sahin selama 15 tahun.

Pemain berkebangsaan Jerman ini mencetak gol untuk Bayer Leverkusen dalam laga melawan Bayern Munchen tepat di usianya yang ke-17 tahun, satu bulan, tiga hari. Meskipun kalah dengan skor 2-4, pertandingan tersebut menjadi catatan penampilan keempatnya di Bundesliga.

Itu dia 10 pencetak gol termuda sepanjang sejarah Bundesliga. Ada jagoanmu dalam rekor ini?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Berstatus Pemain Pinjaman di Musim Ini 

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph) Aku suka menulis cerita dan sajak-sajak pendek di WP. Username-ku @AkromahZonic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya