5 Peraih Penghargaan di Piala Dunia 2022, Dikuasai Pemain Argentina!

Tiga pahlawan bawa Argentina juara

Piala Dunia 2022 Qatar akhirnya selesai menyajikan pertandingan final antara Timnas Argentina dan Timnas Prancis di Stadion Lusail, Minggu (18/12/2022) malam WIB. Lewat skema adu penalti, Lionel Messi dan kolega sukses mengangkat trofi emas.

Sama seperti edisi-edisi sebelumnya, Piala Dunia 2022 juga turut memberikan penghargaan kepada sejumlah pemain yang tampil apik selama turnamen berlangsung. Tak lupa, penghargaan FIFA Fair Play turut diberikan kepada tim dengan permainan paling "bersih".

Dikuasai para pemain Argentina, intip daftar lengkap peraih penghargaan di ajang Piala Dunia 2022 Qatar berikut, yuk!

1. Lionel Messi (Golden Ball)

5 Peraih Penghargaan di Piala Dunia 2022, Dikuasai Pemain Argentina!Lionel Messi raih penghargaan Golden Ball di ajang Piala Dunia 2022. (twitter.com/Argentina)

Lionel Messi dinobatkan menjadi pemain terbaik di Piala Dunia 2022 Qatar. Dari fase grup sampai partai final, mega bintang berusia 35 tahun tersebut tampil gemilang. Argentina pun sukses merengkuh gelar juara usai memenangi adu penalti dengan Prancis. 

Messi secara keseluruhan mencetak 7 gol dan 3 assist dalam 7 penampilan di Piala Dunia 2022. Bahkan, sang kapten menjebloskan dua gol penting di laga final. Berkat ketajamannya itu, Lionel Messi dirasa sangat pantas diberi penghargaan Golden Ball (Bola Emas).

2. Kylian Mbappe (Golden Boot)

5 Peraih Penghargaan di Piala Dunia 2022, Dikuasai Pemain Argentina!Kylian Mbappe raih penghargaan Golden Boot di ajang Piala Dunia 2022. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Pemain muda Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe, lagi-lagi mencuri perhatian di ajang paling bergengsi di dunia. Pada usianya yang masih 23 tahun, ia berhasil melibas semua rivalnya di papan top skor Piala Dunia 2022 Qatar. 

Meski negaranya gagal juara dan berakhir jadi runner-up, Mbappe sendiri berhak membawa pulang piala Golden Boot atau Sepatu Emas. Dalam 7 pertandingan yang dilakoninya di Qatar, Mbappe berhasil mengoleksi 8 gol dan 2 assist untuk Prancis.

Baca Juga: Emiliano Martinez, Unsung Hero Argentina di Piala Dunia 2022

3. Emiliano Martinez (Golden Glove)

5 Peraih Penghargaan di Piala Dunia 2022, Dikuasai Pemain Argentina!Emiliano Martinez raih penghargaan Golden Glove di ajang Piala Dunia 2022. (twitter.com/Argentina)

Emiliano Martinez juga layak disebut pahlawan Argentina dalam mengunci gelar juara Piala Dunia 2022 Qatar. Posisi Martinez sebagai kiper utama tak tergeser. Ia selalu tampil penuh dalam seluruh pertandingan dengan total 690 menit waktu bermain. 

Dalam sesi adu penalti di laga final kontra Prancis, Martinez mampu menggagalkan sepakan Kingsley Coman dan Aurelien Tchouameni. Bukti 7 penyelamatan dan 3 clean sheet membawanya meraih Golden Glove (Sarung Tangan Emas).

4. Enzo Fernandez (Best Young Player) 

5 Peraih Penghargaan di Piala Dunia 2022, Dikuasai Pemain Argentina!Enzo Fernandez dinobatkan menjadi pemain muda terbaik di Piala Dunia 2022. (twitter.com/Argentina)

Pemain muda paling bersinar di Piala Dunia 2022 disematkan kepada Enzo Fernandez. Padahal, jika menilik riwayatnya di Timnas Argentina, gelandang Benfica satu ini baru melakoni debut pada 24 September 2022. 

Enzo Fernandez mencetak 1 gol dan 1 assist untuk La Albiceleste. Ia melakoni tujuh pertandingan dengan catatan waktu 563 menit di lapangan. Pemain yang baru berusia 21 tahun ini pun dinobatkan menjadi Best Young Player alias pemain muda terbaik di Piala Dunia 2022 Qatar.

5. Timnas Inggris (FIFA Fair Play) 

5 Peraih Penghargaan di Piala Dunia 2022, Dikuasai Pemain Argentina!Skuad Timnas Inggris di Piala Dunia 2022 (twitter.com/PhilFoden)

Penghargaan lainnya, FIFA Fair Play diberikan kepada tim paling adil atau paling minim pelanggaran selama bermain di Piala Dunia 2022. Penghargaan satu itu dipersembahkan kepada Timnas Inggris yang hanya memperoleh satu kartu kuning sepanjang berlaga di turnamen ini.

Satu-satunya kartu kuning diganjar kepada Harry Maguire. Bek Inggris tersebut kedapatan menyikut pemain Prancis, Antoine Griezmann, dalam laga perempat final. Meski saat itu kalah dan tersingkir dari turnamen, The Three Lions tetap pantas diacungi jempol. 

Semua pemain di atas jelas berkontribusi besar kepada timnya masing-masing. Timnas Inggris juga patut berbangga lantaran telah bermain secara bersih. Meski sempat menuai kontroversi, Piala Dunia 2022 Qatar sendiri berhasil menyajikan tontonan menarik, terutama partai final yang sangat sengit. Sampai jumpa di Piala Dunia 2026, ya!

Baca Juga: Argentina Juara Piala Dunia, Buenos Aires Jadi Lautan Manusia

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya