Comscore Tracker

6 Peraih Penghargaan di Gala Ballon d'Or 2021, Messi Menang Lagi!

Lionel Messi sukses meraih piala Ballon d'Or ketujuh!

Ballon d'Or merupakan penghargaan bergengsi yang diselenggarakan oleh France Football, sebuah majalah dari Prancis. Piala diberikan kepada pemain terbaik yang tampil mengesankan selama satu musim bersama klub, tim nasional, dan prestasi secara individu.

Setelah tahun lalu ditangguhkan akibat mewabahnya COVID-19, tahun ini Ballon d'Or kembali digelar. Acara pengumuman pemenang baru saja selesai dihelat di Theatre du Chatelet, Paris, Selasa waktu setempat.

Selain nominasi Men's Ballon d'Or, acara penghargaan bergengsi tersebut turut memilih Women's Ballon d'Or, Striker of the Year, Kopa Trophy, Yashin Trophy, dan Club of the Year. Daripada penasaran, berikut enam pemenang dari masing-masing nominasi.

1. Lionel Messi (Men's Ballon d'Or)

6 Peraih Penghargaan di Gala Ballon d'Or 2021, Messi Menang Lagi!potret Lionel Messi (twitter.com/francefootball)

Lionel Messi merupakan peraih piala Ballon d'Or terbanyak. Meskipun akhir-akhir ini penampilannya kurang konsisten, La Pulga masih jadi yang terfavorit di pemungutan suara. Ia pun sukses meraih piala Ballon d'Or ketujuhnya mengalahkan Robert Lewandowski di posisi kedua serta Jorginho di posisi ketiga.

Jika dibandingkan dengan para rivalnya, Messi memang kerap angin-anginan. Namun, tetap saja catatan membuktikan kerja kerasnya pantas diperhitungkan. Ia telah mencetak lebih dari 40 gol tahun ini. Trofi Copa America 2021 yang diraihnya bersama Argentina jadi penilaian tersendiri.

"Saya sangat bangga bisa memenangkan France Football Ballon d'Or sekali lagi,” kata Messi seperti yang dikutip dari laman Sky Sports.

2. Alexia Putellas (Women's Ballon d'Or)

6 Peraih Penghargaan di Gala Ballon d'Or 2021, Messi Menang Lagi!potret Alexia Putellas (twitter.com/francefootball)

Nominasi untuk Women's Ballon d'Or 2021 diraih oleh pemain milik Barcelona Femeni, Alexia Putellas. Tak heran, musim lalu sang pemain berperan penting membantu klub meraih treble winners, yakni trofi Liga Spanyol, Liga Champions, dan Copa de la Reina sekaligus dalam satu musim.

Musim lalu, Alexia Putellas mencetak 26 gol dan dinobatkan sebagai UEFA Women’s Player of the Year for 2020/2021. Sepanjang pertengahan musim ini, pemain berusia 27 tahun tersebut telah mencetak 14 gol dengan rata-rata lebih dari satu gol dalam satu pertandingan.

3. Robert Lewandowski (Striker of the Year)

6 Peraih Penghargaan di Gala Ballon d'Or 2021, Messi Menang Lagi!potret Robert Lewandowski (twitter.com/lewy_official)

Robert Lewandowski hanya membutuhkan 29 penampilan saja untuk mencetak 41 gol, memecahkan rekor Gerd Muller di Bundesliga pada musim 2020/2021. Namanya jadi naik daun dan mampu mempertahankan tren positifnya hingga saat ini.

Musim ini Lewandowski jadi salah satu pemain paling produktif di Eropa. Ia mencetak 23 gol dari 18 penampilan di Bundesliga dan Liga Champions. Total sepanjang tahun 2021, dia telah menorehkan lebih dari 60 gol.

Pemain asal Polandia tersebut keluar sebagai runner-up dalam pemungutan suara untuk piala utama Ballon d'Or 2021. Kendati begitu, ia tetap mendapatkan apresiasi dengan diberi penghargaan Striker of the Year.

Baca Juga: Ballon d'Or ke-7 Messi Panen Cibiran: Lewandowski Lebih Layak

4. Pedri (Kopa Trophy)

6 Peraih Penghargaan di Gala Ballon d'Or 2021, Messi Menang Lagi!potret Pedri (twitter.com/francefootball)

Setelah dinobatkan sebagai peraih Golden Boy beberapa waktu lalu, Pedri kembali membawa pulang piala di acara gala France Football Ballon d'Or 2021. Gelandang andalan Barcelona ini dihadiahi Kopa Trophy sebagai pemain terbaik di bawah usia 21 tahun.

Di usia 19 tahun, Pedri telah membuktikan bahwa dirinya layak bersanding dengan nama-nama besar di Eropa. Ia jadi andalan El Barca di lini tengah, membantu Timnas Spanyol sampai ke semifinal Piala Eropa 2020, serta meraih medali perak di Olimpiade Tokyo.

5. Gianluigi Donnarumma (Yashin Trophy) 

6 Peraih Penghargaan di Gala Ballon d'Or 2021, Messi Menang Lagi!potret Gianluigi Donnarumma (twitter.com/francefootball)

Sebelum akhirnya resmi hijrah ke Paris Saint-Germain pada bulan Juli lalu, Gianluigi Donnarumma menjalani musim dengan 48 penampilan yang mengesankan bersama AC Milan. Penjaga gawang 22 tahun ini juga jadi tembok terkuat Timnas Italia dalam perjalanan meraih gelar Piala Eropa 2020.

Berkat prestasinya di lapangan, Donnarumma unggul dalam pemungutan suara yang dilakukan oleh 180 jurnalis olahraga dari 180 negara. Ia dinobatkan sebagai pemenang Yashin Trophy untuk kiper terbaik tahun ini. Faktanya, terakhir nominasi tersebut digelar pada 2019, Gianluigi Donnarumma sudah jadi runner-up.

6. Chelsea (Club of the Year)

6 Peraih Penghargaan di Gala Ballon d'Or 2021, Messi Menang Lagi!potret squad Chelsea (twitter.com/ChampionsLeague)

Sementara itu, nominasi Club of the Year diberikan kepada tim putra dan tim putri Chelsea. Pasukan Thomas Tuchel dan Emma Hayes memang tampil garang belakang ini. Kedua tim punya deretan bintang yang unggul di nominasi Ballon d'Or, seperti Jorginho, Romelu Lukaku, Mason Mount, Sam Kerr, Pernille Harder, Jessie Fleming, dan Fran Kirby. 

Mengingat kesuksesan dalam meraih gelar Liga Champions musim 2020/2021, Chelsea pantas mendapatkan penghargaan ini. Musim ini mereka juga menduduki puncak klasemen sementara di Liga Inggris. Sementara itu, tim putri sendiri berhasil meraih gelar Liga Inggris dan mencapai final Liga Champions musim lalu.

 

Gala France Football Ballon d'Or tahun ini memang lebih menarik. Para finalis dalam nominasi punya prestasi yang sama-sama kuat. Setuju?

Baca Juga: Chelsea dan Deretan Tim Peserta Piala Dunia Antarklub 2021

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya