Comscore Tracker

5 Peraih Penghargaan Kategori Putra di Seremoni FIFA Awards 2021

Lewandowski kembali menang

FIFA Awards 2021 berlangsung di Zurich, Swiss, pada Selasa (17/1/2022). Deretan putra dan putri berhasil menyabet penghargaan bergengsi.

Mereka merupakan para pemain yang tampil cemerlang sepanjang 2021. Untuk kategori putra, ada enam nominasi yang diumumkan, termasuk FIFA Fifpro Men's World 11.

1. Robert Lewandowski (The Best FIFA Men's Player)

5 Peraih Penghargaan Kategori Putra di Seremoni FIFA Awards 2021Robert Lewandowski (instagram.com/_rl9)

Robert Lewandowski kembali dinobatkan sebagai The Best FIFA Men's Player. Ini merupakan kemenangan keduanya secara berturut-turut (2020 dan 2021). Pemain asal Polandia tersebut berhasil menyamai pencapaian Ronaldinho dan Cristiano Ronaldo.

Lewandowski merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang 2021. Pemain berusia 33 tahun tersebut berhasil menorehkan 69 gol dalam 59 penampilan untuk Bayern Munchen dan tim nasional Polandia.

2. Cristiano Ronaldo (The Best FIFA Special Award)

5 Peraih Penghargaan Kategori Putra di Seremoni FIFA Awards 2021potret Cristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Cristiano Ronaldo tak ketinggalan. Salah satu legenda hidup terbaik ini diganjar penghargaan The Best FIFA Special Award. Ia mendapatkan penghargaan tersebut sebab telah menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah sepak bola.

Cristiano Ronaldo telah mengoleksi 688 gol untuk empat klub (Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid, dan Juventus) dan 115 gol untuk timnas Portugal. Ia melakukannya dalam 1.100 penampilan di semua kompetisi, termasuk di ajang internasional.

Baca Juga: Daftar Lengkap Pemenang FIFA Awards 2021, Chelsea Dominan

3. Erik Lamela (The FIFA Puskas Award)

Dalam pertandingan Liga Inggris menghadapi Arsenal pada 14 Maret 2021, Erik Lamela menciptakan gol cantik saat masih berseragam Tottenham Hotspur. Ia membobol gawang lawan dengan tendangan rabona atau aksi menyilangkan kaki dalam jarak 45,5 meter.

Berkat gol memukau tersebut, Lamela dihadiahi penghargaan The FIFA Puskas Award. Dalam nominasi ini, ia berhasil mengalahkan gol Patrik Schick yang dicetak di ajang Euro 2020 dan gol Mehdi Taremi yang dicetak lewat tendangan salto di Liga Champions.

4. Edouard Mendy (The Best FIFA Men's Goalkeeper)

5 Peraih Penghargaan Kategori Putra di Seremoni FIFA Awards 2021potret Edouard Mendy (instagram.com/fifaworldcup)

Kiper milik Chelsea, Edouard Mendy, tampil gemilang dalam 2 musim terakhir. Pemain berdarah Afrika ini jadi salah satu penjaga gawang terbaik di Liga Inggris sejak kedatangannya pada musim panas 2020 dari Stade Rennais. 

Mendy dinilai sangat pantas meraih penghargaan The Best FIFA Men's Goalkeeper 2021. Ia berhasil menggeser kedua rival kuatnya, yakni Gianluigi Donnarumma (Paris Saint-Germain dan timnas Italia) dan Manuel Neuer (Bayern Munchen dan timnas Jerman).

5. Thomas Tuchel (The Best FIFA Men's Coach)

5 Peraih Penghargaan Kategori Putra di Seremoni FIFA Awards 2021potret Thomas Tuchel (instagram.com/fifaworldcup)

Untuk nominasi pelatih putra atau The Best FIFA Men's Coach, Thomas Tuchel jadi jawaranya. Ia mengalahkan Pep Guardiola dan Roberto Mancini, yang juga masuk dalam nominasi tersebut.

Sejak didapuk jadi pelatih pada awal 2021, Tuchel jelas telah memberi perubahan yang signifikan untuk Chelsea. Pujian makin mengalir ketika ia mempersembahkan trofi Liga Champions 2020/2021.

Para pemenang ini dipilih berdasarkan voting dari pelatih tim nasional putra, kapten tim nasional putra, jurnalis spesialis, dan penggemar yang terdaftar di FIFA.com. Apakah mereka bisa mempertahankan performa tahun ini untuk masuk kembali ke dalam nominasi yang sama? Mari kita nantikan!

Baca Juga: 3 Calon Pemain Terbaik FIFA 2021, Messi Lawan Salah dan Lewandowski

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya