Comscore Tracker

5 Peraih Penghargaan Kategori Putri di Seremoni FIFA Awards 2021

Setelah dapat Ballon d'Or, Putellas raih piala dari FIFA!

Acara seremoni FIFA Awards 2021 sukses dihelat di Zurich, Swiss, pada Senin lalu (17/1/2022). Sejumlah penghargaan bergengsi diberikan kepada pesepak bola putra dan putri yang telah dipilih berdasarkan voting.

Untuk kategori putri, ada lima nominasi yang diumumkan termasuk pula FIFA FIFPro Women’s World 11. Selain Alexia Putellas yang membawa pulang piala, berikut daftar pemain sepak bola putri yang berhasil meraih gelar.

1. Alexia Putellas (The Best FIFA Women's Player)

5 Peraih Penghargaan Kategori Putri di Seremoni FIFA Awards 2021potret Alexia Putellas (twitter.com/FCBfemeni)

Usai mendapatkan piala Ballon d'Or dan Globe Soccer Award, Alexia Putellas kini menyabet penghargaan bergengsi dari FIFA. Pemain Barcelona Femeni ini dinobatkan sebagai The Best FIFA Women's Player 2021. Ia mengalahkan rekan setimnya, Jenni Hermoso.

Alexia Putellas jadi wanita Spanyol pertama yang sukses meraih gelar tersebut. Sang pemain sejauh ini masih menjadi mesin gol Barcelona Femeni. Ia peberperan penting dalam membantu klub meraih treble winner musim 2020/2021.

2. Christine Sinclair (The Best FIFA Special Award) 

5 Peraih Penghargaan Kategori Putri di Seremoni FIFA Awards 2021potret Christine Sinclair (instagram.com/fifawomensworldcup)

Bersanding dengan Cristiano Ronaldo, Christine Sinclair diberi penghargaan The Best FIFA Special Award 2021. Ketika kebanyakan orang memprediksi dirinya akan pensiun, sang pemain justru masih berprestasi pada usia 38 tahun.

Christine Sinclair jadi pemain putri dengan gol internasional terbanyak dalam sejarah sepak bola. Ia telah menorehkan 188 gol dan 53 assist dalam 305 penampilan yang dilakoninya bersama tim nasional Kanada.

Baca Juga: 5 Peraih Penghargaan Kategori Putra di Seremoni FIFA Awards 2021

3. Christiane Endler (The Best FIFA Women's Goalkeeper)

5 Peraih Penghargaan Kategori Putri di Seremoni FIFA Awards 2021potret Christiane Endler (instagram.com/fifawomensworldcup)

Penjaga gawang merupakan peran yang sangat penting dalam sepak bola dan Christiane Endler telah melakukannya dengan sangat baik. Kiper Olympique Lyon dan timnas wanita Chili tersebut diganjar penghargaan The Best FIFA Women's Goalkeeper 2021.

Christiane Endler menggeser dua kiper pesaingnya, yakni Ann Katrin Berger (Chelsea dan timnas Jerman) dan Stephanie Lynn Marie Labbe (Paris Saint-Germain dan timnas Kanada). 

4. Emma Hayes (The Best FIFA Women's Coach)

5 Peraih Penghargaan Kategori Putri di Seremoni FIFA Awards 2021potret Emma Hayes (instagram.com/fifawomensworldcup)

Chelsea benar-benar mendominasi penghargaan FIFA Award 2021. Setelah Thomas Tuchel dinobatkan sebagai The Best FIFA Coach kategori putra, Emma Hayes juga mendapatkan penghargaan yang sama dalam kategori putri.

Emma Hayes merupakan pelatih berdarah Inggris yang sukses membawa tim wanita Chelsea meraih treble winner domestik. Tidak hanya itu, di bawah asuhannya, Chelsea Femeni berhasil mencapai final Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah.

5. Daftar lengkap peraih FIFA FIFPRO Women’s World 11 kategori putri

5 Peraih Penghargaan Kategori Putri di Seremoni FIFA Awards 2021ilustrasi daftar lengkap peraih FIFA FIFPRO Women’s World 11 (instagram.com/brfootball)

Nominasi FIFA FIFPRO World 11 turut memilih deretan pemain terbaik dari kategori putri. Para pemain dari masing-masing posisi di lapangan mendapatkan bagian menjadi tim terbaik versi FIFA FIFPRO Women’s World 11 2021.

Kiper; Chistiane Endler. Bek; Millie Bright, Lucy Bronze, Magdalena Eriksson, dan Wendie Renard. Gelandang; Estafania Banini, Carli Lloyd, dan Barbara Bonansea. Serta pemain depan; Vivianne Miedema, Marta, dan Alex Morgan.

Para pemenang dipilih berdasarkan hasil voting yang diawasi langsung oleh pihak FIFA. Dilihat dari prestasi mereka, deretan pemain di atas memang sangat pantas dipilih sebagai pemenang.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Mencetak Hattrick pada Big Match Liga Champions

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya