Menilik Perjalanan Karier Erik ten Hag, Manajer Baru Manchester United

Erik ten Hag resmi diangkat jadi pelatih Manchester United

Erik ten Hag menjadi nama terbaru yang melatih Manchester United. Setelah memecat Ole Gunnar Solskjaer, Manchester United dilatih oleh Ralf Rangnick sejak awal Desember 2021, namun ia hanya dikontrak sebagai pelatih interim atau pelatih sementara sambil klub mencari kandidat yang cocok.

Erik ten Hag muncul sebagai pelatih kepala yang sangat menarik. Ia memberi arahan yang bagus untuk Ajax sehingga manajemen Setan Merah tergiur. Pria berkepala plontos tersebut akhirnya resmi diperkenalkan sebagai manajer baru Manchester United.

Sebelum malang melintang di dunia kepelatihan, Erik ten Hag tentunya punya pengalaman bermain di lapangan. Nah, mari menilik perjalanan kariernya dari pemain sampai jadi seorang pelatih.

1. Erik ten Hag, mantan bek tengah asal negeri kincir angin

Menilik Perjalanan Karier Erik ten Hag, Manajer Baru Manchester Unitedpotret Erik ten Hag (twitter.com/ManUtd)

Erik ten Hag merupakan mantan pesepak bola profesional yang aktif pada tahun 1980-an. Ia lahir di Haaksbergen, Belanda pada 2 Februari 1970 silam. Usianya sekarang sudah menginjak 52 tahun.

Ten Hag belajar sepak bola di tim junior Bonifatius Boys dan Twente Enschede FC. Ia memulai karier profesionalnya sejak melakukan debut pada 13 Desember 1989 untuk Twente Enschede di Liga Belanda. Kemudian, dirinya memutuskan pensiun pada 2002.

2. Erik ten Hag tidak pernah merumput di luar Belanda

Menilik Perjalanan Karier Erik ten Hag, Manajer Baru Manchester Unitedpotret Erik ten Hag (twitter.com/ManUtd)

Erik ten Hag biasa bermain di posisi belakang sebagai bek tengah. Namun, selama meniti karier sebagai pesepak bola, Erik ten Hag tidak pernah melancong ke luar Belanda. Twente Enschede jadi klub paling lama dibelanya.

Statistiknya saat merumput di lapangan hijau cukup bagus. Erik Ten Hag terhitung pernah tampil dalam 328 pertandingan dengan 12 gol dan 11 assists untuk De Graafschap Doetinchem, FC Utrecht, RKC Waalwijk, dan Twente Enschede.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Dijual Erik ten Hag jika Melatih Manchester United

3. Bagaimana awal karier Erik ten Hag di dunia manajerial?

Menilik Perjalanan Karier Erik ten Hag, Manajer Baru Manchester Unitedpotret Erik ten Hag (twitter.com/StatmanDave)

Setelah gantung sepatu pada Juli 2002, Erik ten Hag langsung diangkat jadi pelatih Twente Enschede U-17. Setahun berikutnya, ia diangkat lagi untuk melatih tim U-19 (2003—2006). Namun, untuk bisa melatih tim utama, butuh kerja keras dan pengalaman yang cukup.

Awalnya, ia hanya dikontrak untuk posisi asisten manajer oleh Twente Enschede pada 2006 dan PSV Eindhoven pada 2009. Ia baru bisa melatih tim utama pada 2012. Saat itu, Go Ahead Eagles jadi tim pertama yang dilatih olehnya.

Sejak saat itu, Erik ten Hag mulai melebarkan sayap ke berbagai tempat. Ia sempat melatih Bayern Munchen II, FC Utrecht, dan menangani Ajax dari Desember 2017 hingga sekarang. Kontraknya bersama Ajax akan habis pada akhir Juni 2022 dan setelahnya ia akan langsung melatih Manchester United. 

4. Pencapaian Erik ten Hag sebagai seorang pelatih

Menilik Perjalanan Karier Erik ten Hag, Manajer Baru Manchester Unitedpotret Erik ten Hag (twitter.com/ManUtd)

Di bawah asuhan Erik ten Hag, Ajax sempat mencapai semifinal Liga Champions Eropa pada musim 2018/2019. Sayangnya, mereka kalah 2-3 oleh Tottenham Hotspur pada leg kedua perempat final sehingga tak bisa melaju ke partai final. 

Secara keseluruhan, Erik ten Hag telah memenangkan 279 pertandingan bersama semua klub yang telah dipimpinnya. Jumlah tersebut dimenangkannya dari total 432 pertandingan. Ia pernah kalah sebanyak 83 kali dan seri 70 kali.

5. Erik ten Hag telah diumumkan sebagai pelatih anyar Setan Merah

Menilik Perjalanan Karier Erik ten Hag, Manajer Baru Manchester UnitedErik ten Hag resmi diangkat jadi manajer baru Manchester United. (instagram.com/manchesterunited)

Pada hari Kamis (21/4/2022), pihak Manchester United secara resmi mengumumkan bahwa Erik teg Hag telah didapuk jadi pelatih anyar. Ia akan memulai visinya di Old Trafford setelah musim 2021/2022 berakhir.

Kabarnya, Erik ten Hag setuju dengan kontrak tiga tahun yang sodorkan Manchester United. Ia akan menangani klub sampai Juni 2025 dengan opsi perpanjangan satu tahun.

"Dalam percakapan kami dengan Erik menjelang penunjukan ini, kami sangat terkesan dengan visi jangka panjangnya untuk mengembalikan Manchester United ke level yang kami inginkan untuk bersaing, dan dorongan serta tekadnya untuk mencapai itu," kata direktur Setan Merah, John Murtough, yang dikutip dari laman Transfermarkt. 

 

Manchester United punya banyak sisi yang perlu ditingkatkan. Hal tersebut tentu tidak akan mudah bagi Erik ten Hag. Kira-kira, bisakah ia mengembalikan kejayaan Setan Merah?

Baca Juga: Ini Enam Pemain yang Bisa Diboyong Erik Ten Hag ke Manchester United

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya