Comscore Tracker

5 Persaingan Paling Kompetitif di Premier League 2021/2022

Pekan terakhir cukup menegangkan

English Premier League (EPL) 2021/2022 disebut sebagai liga paling kompetitif dan seru di Eropa. Ketika liga lain telah mendapatkan pemenangnya, EPL justru masih memiliki pekan terakhir yang mendebarkan.

Menjelang pertandingan pemungkas yang akan berlangsung mulai 22 Mei 2022, persaingan antarklub maupun antarpemain makin ketat. Mereka berjuang sampai titik akhir.

1. Manchester City dan Liverpool bertarung demi gelar Premier League 2021/2022

5 Persaingan Paling Kompetitif di Premier League 2021/2022Gabriel Jesus dan Andrew Robertson (instagram.com/andyrobertson94)

Poin Manchester City di klasemen sementara memang masih lebih unggul dari Liverpool. Meski begitu, pasukan Jurgen Klopp punya kesempatan besar merebut gelar juara Premier League 2021/2022.

Dengan satu pertandingan kandang tersisa, kedua klub saat ini hanya berselisih satu poin. The Citizens bertengger di puncak klasemen dengan torehan 90 poin dan The Reds berada di baris kedua dengan torehan 89 poin.

Pada pertandingan terakhir nanti, Manchester City akan menghadapi Aston Villa untuk menambah poin. Sedangkan, Liverpool akan menjamu Wolverhampton Wanderers demi mencuri poin dan melampaui pemuncak klasemen.

2. Persaingan Tottenham dan Arsenal dalam perebutan posisi keempat tak kalah menarik

5 Persaingan Paling Kompetitif di Premier League 2021/2022Tottenham Hotspur menang 3-0 atas Arsenal pada 12 Mei 2022. (instagram.com/sportskeeda_football)

Persaingan memperebutkan posisi keempat tak kalah menarik. Chelsea sejauh ini telah mengumpulkan 71 poin dan kokoh di posisi ketiga. Sementara itu, Tottenham Hotspur dan Arsenal tampaknya masih bersaing ketat karena selisih dua poin.

Demi bisa mentas di Liga Champions Eropa 2022/2023, Spurs tampil menggila pada dua laga terakhir dan sukses mengoleksi 68 poin. Arsenal sendiri tampil buruk sehingga hanya mampu mengoleksi 66 poin. Akan tetapi, keduanya sama-sama punya kesempatan finis di posisi keempat.

Dalam hal ini, Tottenham tentu lebih dijagokan. Pasalnya, ketika keduanya dipertemukan pada 12 Mei 2022 lalu, Arsenal takluk sampai kebobolan tiga gol. Lawan Arsenal pada laga terakhir nanti juga dinilai lebih berat (Everton) dibanding Tottenham (Norwich City). Namun, apa pun bisa terjadi dalam sepak bola.

Baca Juga: 5 Kemenangan Terbesar Manchester City di Derbi Manchester pada Abad 21

3. Leeds United dan Burnley berjuang menghindari jurang degradasi

5 Persaingan Paling Kompetitif di Premier League 2021/2022Leeds United kalahkan Burnley FC dengan skor 3-1 pada 2 Januari 2022. (instagram.com/daniel_james97)

Sejumlah klub di urutan paling bawah juga tengah bersaing ketat demi menghindari jurang degradasi. Norwich City dan Watford sudah dipastikan akan degradasi sehingga tidak bisa mentas di kasta tertinggi Liga Inggris musim depan.

Leeds United dan Burnley jadi sorotan karena poin mereka saat ini setara. Keduanya sama-sama memiliki 35 poin. Mereka sejajar di urutan 17 dan 18 klasemen sementara. Salah satu dari mereka harus degradasi. Nasib akan ditentukan usai laga terakhir.

4. Perebutan sepatu emas antarpemain moncer juga sangat kompetitif

5 Persaingan Paling Kompetitif di Premier League 2021/2022Cristiano Ronaldo, Mohamed Salah, dan Son Heung Min (twitter.com/ManUtd | twitter.com/LFC | twitter.com/Squawka)

Pada pertempuran paruh musim di Premier League, Mohamed Salah sangat percaya diri sebagai pemimpin skor. Sejauh ini, ia masih tak tergeser. Namun, Son Heung Min akhir-akhir ini tampil mengesankan untuk menyaingi pemain asal Mesir tersebut.

Mohamed Salah telah mengoleksi 22 gol dan Son Heung Min punya 21 gol untuk dipertaruhkan. Di sisi lain, Cristiano Ronaldo juga punya kesempatan melampaui keduanya dengan torehan 18 gol miliknya saat ini.

Ketiga pemain tersebut berpeluang mencetak gol pada pekan terakhir. Meskipun Salah dan Son lebih unggul, tetapi jangan lupa bahwa Ronaldo jago mecetak hattrick, bahkan bisa lebih. Maka dari itu, mereka memiliki kesempatan yang sama untuk jadi top skor dan meraih sepatu emas.

5. Siapa yang akan dapat sarung tangan emas, Ederson atau Alisson? 

5 Persaingan Paling Kompetitif di Premier League 2021/2022Ederson dan Alisson (instagram.com/mancity | twitter.com/LFC)

Fans melihat pertarungan yang sangat menarik dari Manchester City dan Liverpool. Dua kiper andalan mereka bahkan tengah memperjuangkan sarung tangan emas. Kebetulan Ederson dan Alisson punya torehan yang sama dalam statistik.

Ederson dan Alisson bersaing karena jumlah clean sheet (20) mereka di Premier League 2021/2022 setara. Kedua Kiper tersebut hanya punya satu kesempatan lagi untuk menambah torehan tersebut demi meraih sarung tangan emas. 

Selama ini, EPL memang terkenal sangat kompetitif. Akan tetapi, musim ini, persaingan jauh lebih ketat. Pertandingan terakhir ini pasti akan sangat menegangkan (22 Mei 2022). Jangan lupa nonton klub jagoan kamu, ya!

Baca Juga: 6 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak Sejak 2020, Ederson Terbaik!

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya