5 Pertandingan Pembuka Piala Dunia, Momen Klasik Pesta Bola

Sejak Piala Dunia 2002

Piala Dunia 2022 Qatar menyajikan pertandingan pembuka antara Timnas Qatar dan Timnas Ekuador, Minggu (20/11/2022) malam pukul 23.00 WIB. Sebelum menyaksikan pertandingan itu, tidak ada salahnya mengenang kembali pertandingan pembuka Piala Dunia dalam lima edisi yang lalu.

Sejak Piala Dunia 2022, ada sepuluh tim nasional yang terlibat dalam pertandingan pembuka. Siapa saja mereka?

1. Timnas Senegal 1-0 Timnas Prancis (Piala Dunia 2002 Korea Selatan/Jepang)

5 Pertandingan Pembuka Piala Dunia, Momen Klasik Pesta BolaTimnas Senegal memperoleh kemenangan 1-0 atas Timnas Prancis pada pertandingan pembuka Piala Dunia 2002 Prancis. (fifa.com)

Pertandingan pembuka Piala Dunia 2002 Korea Selatan/Jepang menjadi kenangan manis yang tidak akan pernah dilupakan Timnas Senegal. Mereka berhasil menaklukkan tim juara 1998, Timnas Prancis, di Stadion Piala Dunia Seoul pada 31 Mei 2002 silam. 

Papa Bouba Diop adalah dalang utama yang berhasil mencetak gol fenomenal pada menit ke-30. Gol tunggal tersebutlah yang membuat Lions of Teranga memperoleh kemenangan tipis 1-0 atas Les Bleus.

Timnas Senegal kala itu merupakan tim debutan yang mentas di Piala Dunia. Mereka pun disebut sebagai underdog paling mengejutkan. Pasalnya, salah satu wakil Afrika tersebut berhasil melangkah sampai ke perempat final.

2. Timnas Jerman 4-2 Timnas Kosta Rika (Piala Dunia 2006 Jerman) 

5 Pertandingan Pembuka Piala Dunia, Momen Klasik Pesta BolaPhilipp Lahm mencetak gol pertama saat Timnas Jerman menang 4-2 atas Timnas Kosta Riko dalam pertandingan pembuka Piala Dunia 2006 Jerman. (fifa.com)

Timnas Jerman berhasil mengalahkan Timnas Kosta Rika pada laga pembuka Piala Dunia 2006 Jerman. Meski tim unggulan menang, pertandingan itu tidak berjalan membosankan di Stadion Allianz Arena pada 9 Juni 2006 silam.

Timnas Kosta Rika mengerahkan perlawanan sekuat yang mereka bisa. Gol Philipp Lahm pada menit ke-6 langsung dibalas Paulo Wanchope pada menit ke-12. Selang 5 menit kemudian, Miroslav Klose membuat Timnas Jerman unggul 2-1. 

Pertandingan makin seru pada babak kedua. Gol Miroslav Klose pada menit ke-61 sempat dikejar lagi oleh gol Paulo Wanchope pada menit ke-72. Sayang, adu balas gol harus diakhiri Torsten Frings yang mencetak gol terakhir pada menit ke-87. Tuan rumah menang dengan skor 4-2.

Baca Juga: 5 Alumnus Piala Dunia 2006 yang Tampil di Piala Dunia 2022 Qatar

3. Timnas Afrika Selatan 1-1 Timnas Meksiko (Piala Dunia 2010 Afrika Selatan) 

5 Pertandingan Pembuka Piala Dunia, Momen Klasik Pesta BolaSiphiwe Tshabalala mencetak gol pertama dalam laga imbang 1-1 antara Timnas Afrika Selatan vs Timnas Meksiko pada laga pembuka Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Pertama kali dalam sejarah, negara Afrika jadi tuan rumah gelaran turnamen antardunia. Piala Dunia 2010 diselenggarakan di Afrika Selatan. Pertandingan pembuka Piala Dunia tersaji di Stadion Soccer City pada 11 Juni 2010.

Tuan rumah dipertemukan dengan wakil Amerika Utara, Timnas Meksiko. Tidak ada kemenangan, pertandingan berujung imbang 1-1. Padahal kala itu kedua tim tampil saling sikut.

Kedua gol dalam laga itu tercipta pada babak kedua. Gol Timnas Afrika Selatan dicetak Siphiwe Tshabalala pada menit ke-55. Sedangkan, gol penyelamat Timnas Meksiko dari kekalahan dilesatkan Rafa Marquez pada menit ke-79.

4. Timnas Brasil 3-1 Timnas Kroasia (Piala Dunia 2014 Brasil) 

5 Pertandingan Pembuka Piala Dunia, Momen Klasik Pesta BolaTimnas Brasil menang 3-1 atas Timnas Kroasia dalam pertandingan pembuka Piala Dunia 2014 Brasil. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Marcelo mencoreng namanya sendiri saat menjebloskan gol bunuh diri ke gawang Timnas Kroasia. Walau Timnas Brasil menang 3-1, pertandingan pembuka Piala Dunia 2014 itu disaksikan warga Brasil dan menjadi momen memalukan bagi Marcelo.

Pertandingan klasik itu berlangsung di Stadion Corinthians Arena di Sao Paolo, Brasil, pada 12 Juni 2014. Timnas Kroasia tidak berkutik sedikit pun berhadapan dengan tuan rumah yang telah menjadi unggulan dalam sejarah turnamen.

Pada momen itu, Timnas Brasil melahirkan nama besar, Neymar Jr, yang baru pertama kali tampil di Piala Dunia. Neymar masih berusia 22 tahun saat itu dan berhasil menyumbang dua gol. Sementara, gol terakhir Tim Samba dicetak Oscar pada menit ke-90+1.

5. Timnas Rusia 5-0 Timnas Saudi Arabia (Piala Dunia 2018 Rusia) 

5 Pertandingan Pembuka Piala Dunia, Momen Klasik Pesta BolaTimnas Rusia menang 5-0 atas Timnas Saudi Arabia dalam pertandingan pembuka Piala Dunia 2018 Rusia. (fifa.com)

Timnas Rusia mengukir sejarah saat membantai Timnas Arab Saudi pada laga pertama fase grup Piala Dunia 2018 Rusia. Kemenangan dengan skor besar sampai 5-0 belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah laga pembuka di ajang akbar tersebut. 

Awalnya, jala gawang Timnas Arab Saudi yang dijaga Abdullah Al-Mayouf kebobolan dua gol pada babak pertama. Gawangnya jebol oleh Yuriy Gazinskiy dan Denis Cheryshev. 

Pada babak kedua, pembantaian berlangsung kejam. Artem Dzyuba, Denis Cheryshev, dan Aleksandr Golovin mencetak masing-masing satu gol yang membuat Timnas Rusia menang lima gol tanpa balas.

Pertandingan Piala Dunia selalu menarik untuk dinantikan. Apalagi dalam pertandingan pembuka Piala Dunia. Penggemar sepak bola bisa dibuat penasaran. Nah, kira-kira momen apa yang bakal diukir Timnas Qatar dan Timnas Ekuador pada laga pembuka Piala Dunia 2022 Qatar?

Baca Juga: 5 Peserta Piala Dunia 2022 dengan Pengalaman Minim di Piala Dunia

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya