Rekor Apik Real Madrid Tiap Bertemu Liverpool di Liga Champions

Los Blancos unggul

Pada tiap turnamen sepak bola, baik domestik maupun tingkat dunia, pasti ada tim unggulan yang mendominasi. Hal serupa terjadi di turnamen antarklub tertinggi di Eropa, UEFA Champions League (UCL) alias Liga Champions Eropa. 

Real Madrid, misalnya, jadi penguasa Liga Champions. Los Blancos merupakan jawara karena unggul dalam deretan rekor, seperti peraih gelar terbanyak, tim dengan gol terbanyak, dan tim paling sering berpartisipasi.

Penantang dari Inggris, Liverpool, beberapa kali mencoba menggulingkan Real Madrid di Liga Champions. Sebab, mereka sering mendapat kesempatan bertemu Real Madrid. Namun, Los Blancos tetap saja unggul.

Seperti inilah rekor apik Real Madrid tiap bertemu Liverpool di Liga Champions.

1. Real Madrid tidak terkalahkan dalam enam laga terakhir kontra Liverpool

Rekor Apik Real Madrid Tiap Bertemu Liverpool di Liga ChampionsReal Madrid menang 1-0 atas Liverpool di partai final UEFA Champions League 2021/2022 pada 28 Mei 2022. (twitter.com/ChampionsLeague)

Dahulu kala, pada 2008/2009, untuk pertama kalinya dalam sejarah Liga Champions, Real Madrid dan Liverpool dipertemukan. Hasilnya, The Reds memenangi dua laga pada babak 16 besar dan berhasil mendepak Los Blancos dari kompetisi. 

Sudah lama sekali era itu berlalu. Sejak bertemu lagi pada 2014/2015, Real Madrid hingga sekarang tidak bisa dikalahkan lagi oleh Liverpool. Dalam 6 laga terakhir, The Reds hanya pernah 1 kali menahan Los Blancos imbang tanpa gol pada 14 April 2021.

2. Real Madrid sikat Liverpool di final Liga Champions

Rekor Apik Real Madrid Tiap Bertemu Liverpool di Liga ChampionsKarim Benzema (twitter.com/realmadrid)

Masih segar diingatkan, Real Madrid sukses merengkuh gelar Si Kuping Besar pada 2021/2022 lalu. Mereka keluar sebagai juara setelah menaklukkan Liverpool dengan skor 1-0 di Stade de France pada 28 Mei 2022.

Itu bukan kali pertama Liverpool keok di partai final oleh Real Madrid. Pada 2017/2018, hal serupa pernah terjadi. Los Blancos berhasil membekuk The Reds dengan skor 3-1 di final Liga Champions pada 26 Mei 2018.

Baca Juga: 6 Klub yang Paling Sering Dikalahkan Gerard Pique, Ada Real Madrid

3. Real Madrid memang lebih unggul tiap kali bertemu dengan Liverpool

Rekor Apik Real Madrid Tiap Bertemu Liverpool di Liga ChampionsReal Madrid menang 1-0 atas Liverpool di partai final UEFA Champions League 2021/2022 pada 28 Mei 2022. (twitter.com/ChampionsLeague)

Real Madrid dan Liverpool secara total pernah bertemu delapan kali di Liga Champions. Mereka memang jauh lebih unggul di turnamen antarklub Eropa tersebut. 

Dalam 8 pertemuan, Real Madrid memenangi 2 pertandingan pada fase grup, 1 pertandingan pada perempat final, dan 2 pertandingan pada partai final. Liverpool pernah menang dua kali. Itu pun sudah lama berlalu. Sementara, satu pertandingan sisanya berujung imbang.

4. Karim Benzema dan Vinicius Jr jadi momok menakutkan bagi Liverpool

Rekor Apik Real Madrid Tiap Bertemu Liverpool di Liga ChampionsKarim Benzema dan Vinicius Junior (fifa.com)

Selama ini, Karim Benzema dan Vinicius Junior jadi momok menakutkan bagi pertahanan Liverpool. Keduanya merupakan pemain Real Madrid yang paling sering membobol gawang The Reds di Liga Champions. 

Benzema pernah menjebol gawang Liverpool 4 kali di Liga Champions. Salah satunya dalam pertandingan final 2017/2018. Sedangkan, Vinicius punya tiga gol dan menjadi satu-satunya pemain yang mencetak gol pada partai final UCL 2021/2022 lalu.

5. Real Madrid punya rapor hijau di Liga Champions

Rekor Apik Real Madrid Tiap Bertemu Liverpool di Liga ChampionsReal Madrid menjuarai UEFA Champions League musim 2021/2022. (twitter.com/ChampionsLeague)

Real Madrid telah berpartisipasi sebanyak 48 kali, memainkan 470 pertandingan, memenangi 281 pertandingan, dan mengantongi 1036 gol. Catatan tersebut menjadi yang terbanyak dari klub mana pun di Eropa. 

Dominasi Los Blancos hingga saat ini belum goyah. Mereka adalah pemegang juara terakhir (2021/2022) dan total telah mengoleksi 14 trofi UCL di lemari klub. Skuad Carlo Ancelotti saat ini juga terbilang masih sangar. 

Sepadan atau tidak, kapasitas Real Madrid masih tinggi dibanding Liverpool yang kurang konsisten pada awal musim 2022/2023 ini. Namun, apa pun bisa terjadi dalam sepak bola, khususnya di Liga Champions. Liverpool bisa saja memberi kejutan pada pertemuan selanjutnya di Liga Champions. 

Baca Juga: 5 Klub Terakhir yang Sukses Singkirkan Real Madrid di Liga Champions

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya