5 Rekor Mentereng Belanda Usai Lolos ke Fase Knockout Piala Dunia 2022

Pegang rekor tak terkalahkan

Publik Stadion Al Bayt menjadi saksi Timnas Belanda saat membungkam tuan rumah, Timnas Qatar, Selasa (29/11/2022) malam WIB. De Oranje memenangi laga dengan skor 2-0 lewat gol Cody Gakpo dan Frenkie de Jong.

Dengan hasil pertandingan itu, Belanda sah melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Tim besutan Louis van Gaal lolos sebagai juara Grup A berdasarkan 7 poin yang diperoleh dari 3 pertandingan fase grup.

Belanda begitu perkasa lantaran sudah lama tidak terkalahkan. Setidaknya, ada lima rekor mentereng yang dipetik Belanda usai lolos ke fase knockout Piala Dunia 2022. Apa saja rekor itu? 

1. Belanda selalu lolos ke fase knockout Piala Dunia

5 Rekor Mentereng Belanda Usai Lolos ke Fase Knockout Piala Dunia 2022Cody Gakpo, Memphis Depay, dan Davy Klaassen (twitter.com/OnsOranje)

Sebenarnya Timnas Belanda total sudah berpartisipasi dalam 11 edisi Piala Dunia, termasuk edisi 2022 Qatar. Akan tetapi, pada jilid 1934 dan 1938, tidak ada sistem babak penyisihan grup lantaran saat itu pesertanya hanya 16 negara. 

Timnas Belanda pertama kali beradu di babak penyisihan grup pada tahun 1974, disusul 1978, 1990, 1994, 1998, 2006, 2010, 2014, dan 2022. Dalam sembilan edisi terakhir itulah De Oranje selalu berhasil menembus fase knockout. 

2. Belanda tidak pernah kalah dalam 17 pertandingan di fase grup Piala Dunia terakhir mereka

5 Rekor Mentereng Belanda Usai Lolos ke Fase Knockout Piala Dunia 2022Frenkie de Jong dan Memphis Depay (twitter.com/OnsOranje)

Pada putaran kedua babak penyisihan grup Piala Dunia 1994 Amerika Serikat, Belanda dibekuk 0-1 oleh Belgia. Kemudian, mereka membuktikan diri lewat kemenangan 2-1 atas Maroko dan berhak melaju ke fase gugur.

Itu merupakan kekalahan terakhir De Oranje di fase grup Piala Dunia. Sejak hari itu, tidak ada tim yang mampu menumbangkan Belanda lagi. Dalam 17 pertandingan, sebanyak 13 di antaranya dimenangi dan 4 pertandingan lainnya hanya imbang.

Baca Juga: 5 Negara Terakhir yang Singkirkan Belanda di Babak Gugur Piala Dunia

3. De Oranje bahkan belum terkalahkan dalam 18 pertandingan terakhir di seluruh ajang

5 Rekor Mentereng Belanda Usai Lolos ke Fase Knockout Piala Dunia 2022Timnas Belanda lolos ke babak 16 besar setelah menumbangkan Timnas Qatar dengan skor 2-0. (instagram.com/martenderoon15)

Haus akan kemenangan, Belanda hingga kini belum terkalahkan di seluruh pertandingan internasional. Berbagai ajang mencakup Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa, uji coba persahabatan, UEFA Nations League, serta Piala Dunia 2022 Qatar.

Total 13 pertandingan terakhir sukses ditaklukkan pasukan Louis van Gaal di level internasional. Tercatat lima pertandingan saja yang berujung imbang. Dengan rekor ini, kekalahan memalukan atas Republik Ceko di babak 16 besar Piala Eropa 2020 terbayar tuntas. 

4. Panasnya performa Cody Gakpo yang mencetak tiga gol berturut-turut

5 Rekor Mentereng Belanda Usai Lolos ke Fase Knockout Piala Dunia 2022Cody Gakpo (twitter.com/OnsOranje)

Keran gol Belanda mengalir deras berkat kelincahan Cody Gakpo. Pemain muda PSV Eindhoven ini telah mencetak tiga gol secara berturut-turut di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022. Jumlah golnya di turnamen antar dunia kini setara dengan koleksi Johan Cruyff. 

Keganasan Gakpo membuat lawan Belanda ketar-ketir. Ia punya tiga tembakan jitu. Saat membobol gawang Senegal, sundulan kepala jadi andalan. Sepakan kaki kirinya menembus gawang Ekuador. Terakhir kali, Qatar dijebol menggunakan kaki kanan. 

Cody Gakpo, masih berusia 23 tahun, memecahkan rekor sejarah Belanda. Ia jadi pemain pertama De Oranje yang mampu mencetak gol beruntun dalam tiga pertandingan pertama di Piala Dunia.

5. Kesuksesan Belanda tak lepas dari campur tangan Louis van Gaal

5 Rekor Mentereng Belanda Usai Lolos ke Fase Knockout Piala Dunia 2022Louis van Gaal (fifa.com)

Louis van Gaal jadi sosok sentral di balik kesuksesan Belanda. Sang juru takik telah memimpin sepuluh pertandingan Piala Dunia untuk Belanda tanpa kekalahan. Adapun, De Oranje terjungkal oleh Argentina lewat adu penalti di semifinal Piala Dunia 2014 Brasil. 

Sejak kembali mengemban tugas pada Agustus 2021, Van Gaal memberi perubahan besar bagi Belanda. Lewat campur tangan dinginnya itu, Belanda bisa meraih rekor 18 pertandingan terakhir tanpa kekalahan di seluruh ajang internasional.

Belanda punya semua ramuan yang dibutuhkan untuk mendaki lebih tinggi di Piala Dunia 2022 Qatar. Pelatih Louis van Gaal, kapten Virgil van Dijk, dan pemain kunci, Cody Gakpo dan Frenkie de Jong bakal jadi tumpuan utama De Oranje demi mencapai impian tersebut. 

Baca Juga: Senyum Lebar Van Gaal Usai Belanda Lolos ke Fase Gugur Piala Dunia

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya