Comscore Tracker

5 Rekor Pemain dan Klub dalam Sejarah Semifinal Liga Champions

CR7 dan El Real jadi pemain dan klub dengan gol terbanyak

Manchester City mengalahkan Real Madrid dengan skor 4-3 di Etihad Stadium pada leg pertama semifinal Liga Champions Eropa musim 2021/22, (27/4/2022) tadi. Pertandingan berlangsung sengit karena kedua klub merupakan raja di liga masing-masing.

Real Madrid merupakan klub yang paling sering mentas di semifinal kompetisi kasta utama di Eropa tersebut. Menilik sejarahnya, berikut sejumlah rekor pemain dan klub dalam sejarah pertandingan semifinal Liga Champions.

1. Real Madrid, klub paling sering lolos ke semifinal Liga Champions

5 Rekor Pemain dan Klub dalam Sejarah Semifinal Liga Championspotret squad Real Madrid (twitter.com/realmadrid)

Real Madrid merupakan peraih piala si kuping besar terbanyak dalam sejarah Liga Champions. Artinya, mereka juga jadi klub dengan jumlah penampilan tersering di semifinal. Sejauh ini Los Blancos telah mentas dalam 13 pertandingan semifinal.

Jika ditambahkan dengan dua pertandingan yang dilakoni klub musim ini (2021/22), Real Madrid memegang rekor 15 kali tampil di semifinal Liga Champions. Di urutan kedua ada Barcelona yang pernah 12 kali tampil di semifinal kompetisi tersebut.

2. Los Blancos juga jadi klub yang lolos ke semifinal secara berturut-turut terpanjang dalam sejarah

5 Rekor Pemain dan Klub dalam Sejarah Semifinal Liga ChampionsReal Madrid menang 1-2 atas Bayern Munchen di semifinal Liga Champions Eropa pada 25 April 2018. (instagram.com/cristiano)

Meskipun terdepak oleh Barcelona di semifinal Liga Champions musim 2010/11, sejak saat itu Real Madrid selalu lolos ke semifinal. Cristiano Ronaldo dkk. berhasil melaju ke semifinal selama delapan musim berturut-turut.

Dari musim 2010/11 sampai dengan musim 2017/18, Los Blancos tak pernah kalah agregat di perempat final sehingga selalu lolos ke semifinal. Rekor tersebut baru terhenti pada musim 2018/19 usai klub tersingkir di babak enam belas besar oleh Ajax.

Baca Juga: 6 Catatan Menarik Kemenangan Manchester City atas Real Madrid

3. Cristiano Ronaldo jadi pemain paling sering mentas di semifinal Liga Champions

5 Rekor Pemain dan Klub dalam Sejarah Semifinal Liga Championspotret Cristiano Ronaldo (twitter.com/ChampionsLeague)

Cristiano Ronaldo total telah tampil dalam 21 pertandingan semifinal Liga Champions. Sebelum pergi ke Spanyol, ia lebih dulu membantu Manchester United dalam 6 penampilan di semifinal secara berurut-turut pada musim 2006/07, 2007/08, dan 2008/09.

Kemudian, Ronaldo bergabung dengan Real Madrid pada 2009 dan berhasil memecahkan banyak rekor di ajang Eropa. Dimulai dari musim 2010/11, ia terhitung telah tampil 15 kali di semifinal Liga Champions bersama Real Madrid. 

4. Real Madrid dan Bayern Munchen jadi dua klub dengan gol terbanyak di semifinal Liga Champions

5 Rekor Pemain dan Klub dalam Sejarah Semifinal Liga Championspotret Cristiano Ronaldo dan Robert Lewandowski (uefa.com)

Real Madrid dan Bayern Munchen pernah beberapa kali bertemu di semifinal Liga Champions. Terakhir kali keduanya dipertemukan pada musim 2017/18. Kala itu El Real unggul agregat sehingga lolos ke partai final dan jadi juara usai menumbangkan Liverpool.

Dalam sejarah semifinal Liga Champions, keduanya jadi klub dengan gol terbanyak. Real Madrid dan Bayern Munchen sama-sama telah mengoleksi 36 gol. Namun, dengan melajunya El Real ke semifinal musim 2021/22 ini, mereka bisa menambah gol dan melampaui rekor Die Roten.

5. Cristiano Ronaldo jadi top skor dalam sejarah semifinal Liga Champions

5 Rekor Pemain dan Klub dalam Sejarah Semifinal Liga Championspotret Cristiano Ronaldo (twitter.com/ChampionsLeague)

Bukan rahasia lagi bahwa Cristiano Ronaldo merupakan pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions. Ia telah mengumpulkan 140 gol untuk Manchester United, Real Madrid, dan Juventus di ajang tersebut.

Ronaldo juga jadi pencetak gol terbanyak dalam pertandingan semifinal. Ia total telah mencetak 13 gol untuk Setan Merah dan Los Blancos. Torehan tersebut sampai selisih 6 gol dengan Robert Lewandowski (7) yang berada di urutan kedua dalam rekor ini.

 

Cristiano Ronaldo dan Real Madrid pernah mengalami masa emas mereka di Liga Champions. Tidak terkecuali dalam pertandingan semifinal. Mereka masih menguasai banyak rekor.

Baca Juga: 10 Potret Cristiano Ronaldo dan Georgina, Kehilangan Satu Anaknya

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya