Comscore Tracker

5 Rekrutan 15 Juta Euro yang Pernah Dibeli AS Monaco, Minamino Terbaru

Takumi Minamino akan menjajal karier di Ligue 1 Prancis

AS Monaco merupakan salah satu klub besar di Prancis. Mereka terhitung delapan kali memenangi trofi Ligue 1. Mereka juga pernah 5 kali juara Piala Prancis dan 1 kali Piala Liga Prancis.

Soal transfer, AS Monaco tak kalah jago dalam mendatangkan para pemain potensial. Termasuk Takumi Minamino, berikut lima pemain yang pernah dibeli klub berjuluk Les Rouge et Blanc tersebut senilai 15 juta euro atau sekitar Rp233 miliar.

1. Ivan Cavaleiro (Benfica) 

5 Rekrutan 15 Juta Euro yang Pernah Dibeli AS Monaco, Minamino TerbaruIvan Cavaleiro saat direkrut oleh AS Monaco. (twitter.com/AS_Monaco)

Pertama, ada Ivan Cavaleiro yang diboyong AS Monaco dari Benfica senilai 15 juta euro atau sekitar Rp233 miliar. Ia pemain pertama yang dibeli klub dengan harga tersebut pada 2015.

Sayang, pemain asal Portugal satu ini tidak bertahan lama di Prancis. Setahun setelahnya, ia dijual ke Wolverhampton Wanderers. Ivan Cavaleiro hanya membubuhkan 3 gol dalam 22 penampilan untuk AS Monaco.

2. Djibril Sidibe (LOSC Lille) 

5 Rekrutan 15 Juta Euro yang Pernah Dibeli AS Monaco, Minamino TerbaruDjibril Sidibe (twitter.com/ChampionsLeague)

AS Monaco enggan memperpanjang kontrak Djibril Sidibe. Pemain berusia 29 tahun asli Prancis tersebut bebas transfer mulai 1 Juli 2022 lalu. Akan tetapi, belum ada kejelasan mengenai masa depannya.

AS Monaco dahulu merekrutnya dari LOSC Lille pada 2016 dengan nilai transfer yang sama, yakni 15 juta euro (Rp233 miliar). Sebagai seorang bek, Djibril Sidibe terbilang sukses. Ia mampu menyumbang 6 gol dan 23 assist dalam 174 pertandingan.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berhasil Direkrut AS Monaco dari Klub Top Eropa Lain

3. Youssouf Fofana (RC Strasbourg Alsace) 

5 Rekrutan 15 Juta Euro yang Pernah Dibeli AS Monaco, Minamino TerbaruYoussouf Fofana (twitter.com/AS_Monaco_EN)

Youssouf Fofana jadi rekrutan senilai 15 juta euro (Rp233 miliar) yang masih bertahan di AS Monaco hingga saat ini. Ia dibeli dari RC Strasbourg Alsace pada 29 Januari 2020 lalu. 

Youssouf Fofana juga merupakan gelandang asli berdarah Prancis. Ia telah bermain dalam 93 pertandingan bersama AS Monaco dan berhasil menyumbang 1 gol serta 9 assist. 

4. Terence Kongolo (Feyenoord) 

5 Rekrutan 15 Juta Euro yang Pernah Dibeli AS Monaco, Minamino TerbaruTerence Kongolo saat masih membela AS Monaco. (twitter.com/ChampionsLeague)

Terence Kongolo direkrut AS Monaco saat masih berusia 23 tahun dengan biaya 15 juta euro (Rp233 miliar). Ia diboyong dari Feyenoord pada musim panas 2017. Namun, bek asal Belanda tersebut gagal bersinar.

Terence Kongolo hanya bisa bertahan selama semusim (2017—2018). Setengah musim di antaranya bahkan dipinjamkan ke Huddersfield. Kemudian, klub asal Inggris tersebut memberi kontrak permanen.

5. Takumi Minamino (Liverpool)

5 Rekrutan 15 Juta Euro yang Pernah Dibeli AS Monaco, Minamino Terbarupotret Takumi Minamino (instagram.com/takumi18minamino_official)

Teranyar, Takumi Minamino ditebus AS Monaco senilai 15 juta euro (Rp233 miliar). Ia diberi kontrak berdurasi 4 tahun sampai 2026 dengan klausul tambahan senilai 3 juta euro atau sekitar Rp46 miliar.

Liverpool resmi melepaskan Takumi Minamino pada musim panas 2022 ini. Pemain asal Jepang tersebut total menyumbang 14 gol dan 3 assist dalam 53 penampilan ketika membela The Reds. 

Nilai transfer 15 juta euro (Rp233 miliar) terbilang tak terlalu mahal untuk klub sekelas AS Monaco. Namun, Takumi Minamino diharapkan bisa memenuhi keinginan klub di lini sayap kiri.

Baca Juga: 5 Pemain AS Monaco dengan Keterlibatan Gol Terbanyak pada 2021/2022

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya