Comscore Tracker

10 Rekrutan Gratis dengan Nilai Pasar Tinggi dalam Sejarah Sepak Bola!

James ternyata pindah ke Everton dengan gratis! 

Kepindahan James Rodriguez dari Real Madrid baru-baru ini menjadi perbincangan hangat. Pasalnya setelah berita mengatakan sejumlah uang telah diterima oleh El Real, laporan terbaru justru mengatakan James datang ke Everton dengan gratis.

Cukup mengherankan memang, pemain bintang seperti James direkrut tanpa uang sepeserpun. Bukan hanya James, berikut sepuluh rekrutan gratis dengan market value tertinggi dalam sejarah sepak bola.

10. Ander Herrera (25 juta euro) 

10 Rekrutan Gratis dengan Nilai Pasar Tinggi dalam Sejarah Sepak Bola!Instagram.com/anderherrera

Di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer, Manchester United melepas pemain loyal mereka dengan bebas transfer. Ander Herrera memiliki market value 25 juta euro tapi hengkang ke Paris Saint-Germain secara gratis pada 2019 lalu.

9. Santi Mina (30 juta euro) 

10 Rekrutan Gratis dengan Nilai Pasar Tinggi dalam Sejarah Sepak Bola!transfermarkt.com

Santi Mina merupakan pemain bola berkebangsaan Spanyol yang memuli kariernya di RC Celta de Vigo. Pada 2015, Mina pernah singgah ke Valencia. Namun pada transfer 2019, pemain 24 tahun tersebut kembali ke Celta Vigo secara gratis. Akan tetapi nilai pasarnya ternyata cukup tinggi, yakni 30 juta euro.

8. Emre Can (30 juta euro) 

10 Rekrutan Gratis dengan Nilai Pasar Tinggi dalam Sejarah Sepak Bola!express.co.uk

Di urutan kedelapan ada Emre Can yang memiliki manderol pasar senilai 30 juta euro. Akan tetapi pemain asal Jerman ini dilepas oleh Liverpool secara gratis menuju Juventus pada musim transfer 2018. Saat ini Emre Can tengah dipinjamkan ke Borussia Dortmund.

7. James Rodriguez (32 juta euro) 

10 Rekrutan Gratis dengan Nilai Pasar Tinggi dalam Sejarah Sepak Bola!instagram.com/@jamesrodriguez10

Dilansir dari laman Daily Mail, baru-baru ini terungkap bahwa James Rodriguez datang ke Everton srcara gratis. Padahal pemain 29 tahun tersebut memiliki nilai pasar dikisaran 32 juta euro.

Real Madrid yang sebelumnya dikabarkan menerima uang sekitar 22 juta pound, justru telah mengaku tidak mendapatkan uang sepeserpun. Akan tetapi dalam kesepakatan, Los Blancos akan menerima bagian jika James dijual oleh Everton di kemudian hari.

Baca Juga: 10 Pembelian Terburuk Barcelona di Era Bartomeu, Gagal Total!

6. Adrien Rabiot (35 juta euro) 

10 Rekrutan Gratis dengan Nilai Pasar Tinggi dalam Sejarah Sepak Bola!juvefc.com

Nyonya tua tampaknya memang pintar dalam mengatur dana transfer. Bagaimana tidak, pemain sekelas Adrien Rabiot pun berhasil diboyong secara gratis dari Paris Saint-Germain pada 2019 lalu. Padahal pemain berkebangsaan Prancis itu memiliki market value seharga 35 juta euro. Namun sayangnya Rabiot tidak mendapat tempat yang cukup baik di Juventus.

5. Michael Ballack (35 juta euro) 

10 Rekrutan Gratis dengan Nilai Pasar Tinggi dalam Sejarah Sepak Bola!metro.co.uk

Pada bursa transfer 2006, Bayern Munich menyetujui hengkangnya Michael Ballack ke Chelsea dengan bebas transfer. Tapi di balik itu, Ballack nyatanya punya banderol 35 juta euro secara harga pasar. Tapi di 2010, pemain asal Jerman ini pindah ke Bayer Leverkusen.

4. Aaron Ramsey (40 juta euro) 

10 Rekrutan Gratis dengan Nilai Pasar Tinggi dalam Sejarah Sepak Bola!standard.co.uk

Pemain Prancis lagi-lagi datang ke Juventus dengan gratis. Aaron Ramsey sebenarnya memiliki market value yang cukup fantstis, yakni seniali 40 juta euro. Akan tetapi Arsenal rela melepasnya secara gratis kepada Nyonya Tua pada 2019 lalu.

3. Leon Goretzka (40 juta euro) 

10 Rekrutan Gratis dengan Nilai Pasar Tinggi dalam Sejarah Sepak Bola!bundesliga.com

Pada bursa transfer 2018, kontrak Leon Goretzka di Schalke telah habis. Jadi ia bebas pergi ke Bayern Munchen dengan gratis. Secara nilai pasar sendiri, gelandang Jerman tersebut dibanderol seharga 40 juta euro.

2. Stefan de Vrij (40 juta euro) 

10 Rekrutan Gratis dengan Nilai Pasar Tinggi dalam Sejarah Sepak Bola!skysports.com

Untuk seorang bek, Stefan de Vrij memiliki harga pasar yang cukup mahal, yakni bernilai sebesar 40 juta euro. Akan tetapi pada 2018 lalu, pemain asal Belanda tersebut direkrut oleh Inter Milan secara gratis dari Lazio.

1. Robert Lewandowski (50 juta euro) 

10 Rekrutan Gratis dengan Nilai Pasar Tinggi dalam Sejarah Sepak Bola!instagram.com/@_rl9

Di urutan pertama ada nama Robert Lewandowski yang datang dari Borussia Dortmund ke Bayern Munchen dengan bebas transfer atau secara gratis pada 2014 silam. Striker sekelas Lewandowski memiliki market value 50 juta euro.

Wah luar biasa, pemain yang direkrut secara gratis ternyata malah memiliki nilai pasar yang cukup tinggi.

Baca Juga: 11 Pemain dengan Mahar Mahal yang Pindah Klub Secara Gratis

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph) Aku suka menulis cerita dan sajak-sajak pendek di WP. Username-ku @AkromahZonic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya