Comscore Tracker

6 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Dortmund, Dua Pemain Baru Merapat!

Haller dan Adeyemi diharapkan bisa gantikan posisi Haaland

Pada musim panas 2022, Borussia Dortmund kehilangan mesin gol andalan klub. Siapa lagi kalau bukan Erling Braut Haaland yang resmi dijual ke Manchester City. Meski begitu, kini Dortmund telah mendapatkan penggantinya.

The Black Yellow telah mendatangkan dua sosok penyerang anyar pada diri Sebastien Haller dan Karim Adeyemi. Merogoh kocek cukup dalam, kehadiran keduanya menghabiskan banyak bujet transfer Dortmund musim ini. Bahkan, Haller dan Adeyemi juga termasuk ke dalam sederet pembelian transfer Borussia Dortmund, lho!

Termasuk keduanya, berikut keenam rekrutan termahal yang pernah dibeli Borussia Dortmund.

1. Ousmane Dembele (Rp533 miliar) 

6 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Dortmund, Dua Pemain Baru Merapat!Ousmane Dembele saat masih membela Borussia Dortmund. (twitter.com/ChampionsLeague)

Di tahun 2016 Ousmane Dembele direkrut Borussia Dortmund dari Stade Rennais senilai 35 juta euro (Rp533 miliar). Setahun setelahnya, ia langsung dipinang oleh Barcelona. Pecahkan rekor tranfer Dortmund, Dembele pun langsung jadi rekrutan termahal Barcelona kala itu.

Namun, pemain berusia 25 tahun yang satu ini rentan cedera sehingga kariernya belakangan dinilai mulai merosot. Bahkan, saat ini Dembele masih berstatus tanpa klub atau bebas transfer lantaran Barcelona masih enggan memperpanjang kontraknya yang habis. 

2. Sebastien Haller (Rp472 miliar) 

6 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Dortmund, Dua Pemain Baru Merapat!Sebastien Haller resmi merapat ke Borussia Dortmund. (twitter.com/BlackYellow)

Sebastien Haller baru mendarat di Signal Iduna Park pada musim panas 2022 ini. Meski usia sang pemain telah menginjak 28 tahun, tren performanya saat ini tengah sangat menjanjikan.

Ajax dan Borussia Dortmund sepakat dengan nilai transfer sebesar 31 juta euro (Rp472 miliar). Sebastien Haller sendiri telah menandatangani kontrak berdurasi empat tahun hingga 2026.

3. Mats Hummels (Rp465 miliar)

6 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Dortmund, Dua Pemain Baru Merapat!Mats Hummels (twitter.com/BlackYellow)

Meski rivalitas antara Bayern Munich dan Borussia Dortmund cukup sengit, kedua klub nyatanya tetap sering melakukan aktivitas jual-beli pemain. Salah satunya adalah Mats Hummels yang dibeli mahal oleh Die Borussen dari Die Roten.

Mats Hummels sejatinya memang lulusan dari akademi Bayern Munich yang sering bolak-balik di kedua klub tersebut. Untuk terakhir kali, Borussia Dortmund menebusnya kembali dengan mahar 30,5 juta euro atau setara dengan Rp465 miliar. 

Baca Juga: 5 Pemain Afrika Terakhir yang Gabung Borussia Dortmund Sebelum Haller

4. Karim Adeyemi (Rp457 miliar)

6 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Dortmund, Dua Pemain Baru Merapat!Karim Adeyemi resmi merapat ke Borussia Dortmund. (twitter.com/BlackYellow)

Selain Sebastien Haller, Borussia Dortmund juga merekrut Karim Adeyemi pada musim panas ini. Adeyemi bisa jadi penyeimbang Haller karena usianya yang jauh lebih muda, yakni masih 20 tahun. 

Adeyemi diboyong dari RB Salzburg dengan uang tebusan sebesar 30 juta euro (Rp457 miliar). Pemain asli Jerman tersebut diikat dengan kontrak berdurasi 5 tahun hingga 2027 mendatang. 

5. Donyell Malen (Rp457 miliar)

6 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Dortmund, Dua Pemain Baru Merapat!Donyell Malen (twitter.com/BVBBuzz)

Tahun lalu, Borussia Dortmund telah memperkuat lini depan dengan pemain muda berusia 23 tahun, Donyell Malen. Pemain asal Belanda tersebut juga dibeli seharga 30 juta euro (Rp457 miliar). Ia didatangkan dari PSV Eindhoven.

Donyell Malen tampil gemilang pada musim debut bersama Die Borussen. Ia menyumbang 9 gol dan 6 assist dari 37 pertandingan yang telah dilakoni selama musim 2021/2022.

6. Andre Schurrle (Rp457 miliar)

6 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Dortmund, Dua Pemain Baru Merapat!Andre Schurrle (twitter.com/goal)

Pernah malang melintang di jagat persepakbolaan Eropa, Andre Schurrle terkahir kali berkarier dengan berseragam Borussia Dortmund. Dahulu, Sang pemain sudah sempat dibeli oleh Dortmund dari VfL Wolfsburg seharga 30 juta euro (Rp457 miliar).

Schurrle memutuskan pensiun pada Juli 2020 silam. Padahal, saat itu usianya terbilang masih muda, yakni 29 tahun. Selama berkarier, ia merupakan pesepak bola sukses dengan catatan caps hampir 500 penampilan bersama klub maupun Timnas Jerman.

Borussia Dortmund butuh pemain jempolan untuk meningkatkan daya saing mereka di Bundesliga maupun Eropa. Tentunya Haller dan Adeyemi mengemban tugas berat untuk menggantikan peran Erling Haaland. Mampukah mereka melakukannya?

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Jadi Top Skor Borussia Dortmund, Tajam!

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya