Comscore Tracker

Debut Bersama MU, Ini 5 Statistik Apik Ronaldo di Liga Champions

Meskipun kalah, Ronaldo tetap cetak satu gol 

Cristiano Ronaldo baru saja melakukan debutnya di Liga Champions bersama Manchester United. Pertandingan tandang menghadapi Young Boys berlangsung seru di Stadion Wankdorf, pada Selasa (14/9/2021). Meskipun Setan Merah harus takluk dengan skor 2-1, tapi Ronaldo tetap catatkan satu gol.

Ronaldo memang pantas disebut sebagai raja sepak bola. Tak hanya di pertandingan domestik, ia juga bersinar di Eropa maupun di ajang internasional. Lalu bagaimana statistik bintang Portugal tersebut di Liga Champions sejauh ini? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Ronaldo salip Casillas sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di Liga Champions

Debut Bersama MU, Ini 5 Statistik Apik Ronaldo di Liga ChampionsPotret Cristiano Ronaldo saat debut bersama Manchester United (bt.com)

Dengan debut bersama Manchester United kemarin, Cristiano Ronaldo bisa menyamai jumlah penampilan Casillas di Liga Champions. Ia dan Casillas sama-sama telah tampil dalam 181 pertandingan di kompetisi kasta teratas di Eropa tersebut.

Iker Casillas merupakan mantan kiper Real Madrid dan Porto yang pensiun pada bulan Agustus 2020 lalu. Di posisi ke-3 ada Xavi Hernandez (157 penampilan), tapi ia juga sudah pensiun pada 2019. Jadi Ronaldo bisa mempertahankan rekornya tanpa takut terkejar. Saingannya hanya Lionel Messi, yang sampai saat ini baru tampil dalam 149 laga.

2. Pemain dengan menit bermain terbanyak kedua setelah Casillas

Debut Bersama MU, Ini 5 Statistik Apik Ronaldo di Liga ChampionsPotret Cristiano Ronaldo (telegraph.co.uk)

Meskipun sudah menyamai jumlah penampilan Casillas, tapi Ronaldo masih kalah dalam menit bermain. Wajar saja, karena Casillas merupakan seorang penjaga gawang yang jarang ditarik keluar sampai pertandingan berakhir. Sedangkan Ronaldo bermain sebagai penyerang, ia tidak boleh terlalu lelah, sehingga tidak dimainkan selama 90 menit penuh.

Dalam statistik yang dilansir dari situs resmi UEFA Champions League, Ronaldo telah tampil selama 15650 menit di Liga Champions. Ia berada diurutan ke-2 setelah Iker Casillas yang telah tampil dalam 16267 menit sepanjang kariernya. Di urutan ketiga tentu saja ada Lionel Messi (12339 menit) yang terus berusaha mengejar.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo yang Bikin Gairah De Gea dan Pogba Bangkit

3. Ronaldo merupakan pencetak gol terbanyak di Liga Champions

Debut Bersama MU, Ini 5 Statistik Apik Ronaldo di Liga ChampionsPotret Cristiano Ronaldo (instagram.com/manchesterunited)

Usai mencetak dua gol dalam laga melawan Irlandia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 beberapa waktu lalu, Ronaldo berhasil melampaui rekor Ali Daei (109 gol). Kini ia menjadi top skorer di lever internasional dengan 111 gol yang telah ditorehkannya untuk Timnas Portugal.

Nah, di Liga Champions pun tidak ada yang mencetak gol lebih banyak dari CR7. Sejauh ini, bintang Portugal tersebut sudah menorehkan 136 gol di ajang tersebut. Ia melakukannya untuk Real Madrid, Juventus, serta Manchester United, termasuk gol yang baru saja dicetaknya kemarin saat melawan Young Boys. 

4. Pembuat Assist terbanyak jauh di atas Messi

Debut Bersama MU, Ini 5 Statistik Apik Ronaldo di Liga ChampionsPotret Cristiano Ronaldo saat debut bersama Manchester United (bbc.com)

Kehebatannya dalam mencetak gol sudah tidak diragukan lagi. Sekarang bicara mengenai kepandaiannya dalam menciptakan peluang. Dalam urusan ini, Ronaldo masih saja unggul dari pemain mana pun di Liga Champions. Dari keseluruhan, penyerang tengah berusia 34 tahun tersebut telah menorehkan 42 assist.

Nama Cristiano Ronaldo berada di urutan teratas dalam daftar pembuat assist terbanyak di kompetisi teratas Eropa tersebut. Ia jauh di atas Messi yang baru mengumpulkan 36 assist. Itu artinya selisih statistik mereka terpaut 6 assist, jadi Ronaldo masih cukup sulit untuk dikejar.

5. Urusan mengeksekusi penalti, Ronaldo jagonya

Debut Bersama MU, Ini 5 Statistik Apik Ronaldo di Liga ChampionsPotret Cristiano Ronaldo saat debut bersama Manchester United (skysports.com)

Terakhir sebagai eksekutor penalti paling sukses. Sejauh ini ia telah mampu mengeksekusi 19 penalti menjadi gol di Liga Champions. Penalti tersebut dilakukannya untuk Manchester United (1 gol), Real Madrid (14 gol), dan Juventus (4 gol). Tapi diuruan ke-2, Lionel Messi membayanginya dengan 16 gol penalti.

Setelah kembali ke Old Trafford, Ronaldo dikabarkan akan menggantikan tugas Bruno Fernandes sebagai eksekutor penalti. Itu artinya ia bisa menambah rekor gol penaltinya, tidak hanya di Liga Champions, tapi di semua ajang yang akan ia lakoni bersama Setan Merah.

Inilah yang disebut dengan 'umur hanyalah angka', Ronaldo masih haus rekor di usianya yang sudah menginjak 34 tahun. Dan di Liga Champions, ia masih jadi rajanya. Setuju?

Baca Juga: 6 Debut Sepanjang Karier Cristiano Ronaldo, Penuh Kenangan

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya