Merumput Dua Tahun, Ini Statistik Luar Biasa Haaland bersama Dortmund

Erling Haaland jadi mesin gol Borussia Dortmund!

Erling Haaland jadi bakat muda paling banyak diincar sejak namanya naik daun di kancah Eropa. Kaki Haaland bagaikan mesin gol yang telah sukses memecahkan rekor demi rekor. Ia bahkan diperebutkan oleh deretan klub besar saat ini.

Meskipun datang dari Norwegia, karier Haaland mulai bersinar di Liga Jerman. Terlebih setelah berseragam Borussia Dortmund. Tidak terasa, ternyata sang pemain sudah dua tahun bersama The Black Yellow. Lalu, bagaimana statistiknya sejauh ini? Berikut liputan lengkapnya.

1. Erling Haaland sudah dua tahun bersama Borussia Dortmund

Merumput Dua Tahun, Ini Statistik Luar Biasa Haaland bersama Dortmundpotret Erling Haaland (twitter.com/ErlingHaaland)

Erling Haaland awalnya lebih dekat menuju Manchester United, tapi ia pada akhirnya memilih Borussia Dortmund. Tepat pada tanggal 29 Desember 2019, pihak klub menyambut kedatangan Haaland ke Signal Iduna Park.

Pemain asal Norwegia ini direkrut dari RB Salzburg senilai 20 juta euro atau sekitar Rp323 miliar. Sejauh ini Erling Haaland belum memperpanjang masa bakti sebab kontraknya masih bertahan hingga Juni 2024.

2. Sejak bersama Dortmund, nilai pasar Haaland jadi mahal

Merumput Dua Tahun, Ini Statistik Luar Biasa Haaland bersama Dortmundpotret Erling Haaland (twitter.com/ChampionsLeague)

Ketika masih bersama Salzburg, nilai pasar Erling Haaland hanya sebesar Rp726 miliar. Sesudah bergabung dengan Die Borussen, nilai pasarnya terus naik hingga kini mencapai 150 juta euro atau sekitar Rp2,4 triliun.

Haaland saat ini menjadi pemain termahal dari pemain mana pun di Borussia Dortmund, di tim nasional Norwegia, dan di Bundesliga. Tidak hanya itu, ia juga menjadi yang termahal kedua di dunia setelah Kylian Mbappe.

Baca Juga: Nomor Favoritnya Tersedia, Haaland Siap Gabung Manchester United?

3. Erling Haaland dengan cepat jadi mesin gol Die Borussen

Merumput Dua Tahun, Ini Statistik Luar Biasa Haaland bersama Dortmundpotret Erling Haaland (twitter.com/ErlingHaaland)

Erling Haaland mencetak 29 gol untuk RB Salzburg sebelum direkrut oleh Borussia Dortmund. Mudah bagi sang pemain untuk mengumpulkan lebih banyak gol di klub anyarnya. Bahkan, ia berhasil mencetak hattrick di laga debutnya pada 18 Januari 2020 lalu. 

Sejauh ini, pemain berusia 21 tahun tersebut total telah mencetak 76 gol dan 20 assist dalam 75 penampilan di semua kompetisi. Haaland menjadi pemain tercepat dalam sejarah Bundesliga yang mampu mencetak 50 gol hanya dalam 50 penampilan.

4. Statistik lengkap Erling Haaland musim ini

Merumput Dua Tahun, Ini Statistik Luar Biasa Haaland bersama Dortmundpotret Erling Haaland (twitter.com/ErlingHaaland)

Badai gol tak bisa surut dari kaki ajaib Erling Haaland. Musim ini ia masih sangat konsisten. Dengan penampilan yang mengesankan, Haaland kini bersaing ketat dengan Robert Lewandowski di papan top skor Bundesliga.

Dalam kurun waktu kurang lebih lima bulan terakhir, Haaland telah mencetak 19 gol dan 5 assist dari 15 laga yang dilakoninya di Bundesliga, Liga Champions, dan DFB-Pokal. 

5. Diburu deretan klub elite Eropa, Haaland bakal hengkang? 

Merumput Dua Tahun, Ini Statistik Luar Biasa Haaland bersama Dortmundpotret Erling Haaland (twitter.com/ErlingHaaland)

Seperti biasa, Erling Haaland selalu masuk ke dalam daftar pemain paling diincar pada setiap musim transfer. Tidak terkecuali pada bursa transfer musim dingin nanti, ia telah dikaitkan dengan banyak klub elite Eropa.

Real Madrid dan Barcelona paling gencar menginginkan tanda tangan Haaland. Namun, mereka masih harus bersaing dengan Manchester City, Manchester United, dan Liverpool. Sementara itu, Die Borussen justru dilaporkan masih enggan melepaskan sang pemain.

 

Pada usia 21 tahun, Erling Haaland masih punya perjalanan yang sangat panjang. Ia diprediksi akan menjadi pemain terhebat di generasinya.

Baca Juga: MU Serius Kejar Erling Haaland, Siap Bayar Klausul Kontrak ke Dortmund

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya