Makin Moncer, Ini Statistik Ronaldo Sebelum dan Sejak Berusia 30 Tahun

Cristiano Ronaldo tambah tua tambah moncer!

Cristiano Ronaldo harus diakui sebagai pemain terbaik sepanjang masa. Ia merupakan pemegang rekor gol terbanyak di dunia. Baik untuk klub maupun untuk tim nasional, Ronaldo selalu memberikan yang terbaik.

Meskipun kariernya sedikit mengalami kemunduran usai pulang ke Old Trafford, sang pemain bisa dibilang masih moncer. Usianya sudah menginjak 37 tahun, tetapi Ronaldo masih bisa mentas dan bersaing ketat di liga top Eropa.

1. Cristiano Ronaldo tambah gacor pada usia tua

Makin Moncer, Ini Statistik Ronaldo Sebelum dan Sejak Berusia 30 Tahunpotret Cristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Cristiano Ronaldo merupakan legenda hidup sepak bola yang lahir di Funchal, Portugal, pada 5 Februari 1985. Artinya, tahun ini sang pemain telah memasuki usia ke-37. Wah, hampir berkepala empat!

Sejumlah pemain mengalami penurunan perfoma hingga masalah cedera setelah memasuki usia 30 tahun. Namun, bukannya merosot, magis Cristiano Ronaldo di lapangan justru masih cukup menakutkan.

2. Cristiano Ronaldo masih jadi andalan utama setelah usia 30 tahun

Makin Moncer, Ini Statistik Ronaldo Sebelum dan Sejak Berusia 30 Tahunpotret Cristiano Ronaldo (twitter.com/ChampionsLeague)

Cristiano Ronaldo menginjak usia 30 tahun ketika masih berseragam Real Madrid pada 2015. Dihitung sejak memasuki usia tersebut, Ronaldo masih jadi andalan utama Los Blancos dengan total 161 penampilan sampai hengkang pada musim panas 2018.

Begitu pula yang terjadi setelah berseragam Juventus, Ronaldo dipercaya tampil dalam 134 penampilan di seluruh kompetisi. Pulang ke Old Trafford pada musim panas 2021, sang megabintang kini telah bermain sebanyak 33 kali.

Untuk Tim Nasional Portugal, Cristiano Ronaldo telah bermain dalam 68 penampilan di semua ajang internasional. Total 396 penampilan masih sanggup dilakoni Ronaldo sejak melewati usia 30 tahun.

Baca Juga: Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo akan Main di 5 Edisi Piala Dunia

3. Soal gol, Cristiano Ronaldo semakin menggila di lapangan

Makin Moncer, Ini Statistik Ronaldo Sebelum dan Sejak Berusia 30 Tahunpotret Cristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Sejak pertama kali mencetak gol di karier profesional pada 7 Oktober 2002 silam, Ronaldo telah mencapai gol ke-692 untuk klub dan gol ke-115 untuk tim nasional Portugal. Total 807 gol miliknya menjadi yang terbanyak dari pemain mana pun di dunia.

Sebanyak 463 gol dicetak Ronaldo dari usia 17 sampai dengan 29 tahun. Ia melakukannya dalam 718 penampilan. Sejak memasuki usia 30 sampai sekarang, total 344 gol telah dicetak Ronaldo dalam 396 penampilan.

Perbedaan dalam statistik tersebut tentu sangat menarik sebab itu artinya Ronaldo lebih moncer setelah memasuki usia kepala tiga. Torehan golnya hanya selisih 119 gol antara kurun waktu 13 tahun pada usia muda (2002—2015) dan kurun waktu 7 tahun pada usia tua (2015—2022).

4. Rasio gol Ronaldo semakin tinggi sejak berusia 30 tahun

Makin Moncer, Ini Statistik Ronaldo Sebelum dan Sejak Berusia 30 Tahunpotret Cristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Dari perhitungan statistik sebelum dan sejak berusia 30 tahun, tentu kita bisa melihat perbedaan yang cukup menonjol. Cristiano Ronaldo rupanya kian subur dalam mencetak gol.

Semakin tua, rasio gol Cristiano Ronaldo juga semakin tinggi. Sang striker bisa mencetak gol sampai 0,87 per pertandingan. Padahal, sebelum memasuki usia 30, rasio golnya hanya mencapai 0,64 per pertandingan.

5. Statistik lengkap Cristiano Ronaldo musim 2021/2022

Makin Moncer, Ini Statistik Ronaldo Sebelum dan Sejak Berusia 30 Tahunpotret Cristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Karier Cristiano Ronaldo memang agak merosot sejak bergabung kembali dengan Manchester United. Ia harus melalui musim pertama tanpa trofi. Setan Merah keluar dari Liga Champions lebih awal pada babak enam belas besar dan saat ini mentok di posisi ketujuh klasemen sementara Liga Inggris.

Namun, Ronaldo tetaplah Ronaldo, pemain dengan bakat luar biasa. Meskipun klubnya sedang terpuruk, statistik CR7 pada 2021/2022 ini tak begitu mengecewakan. Ia masih mampu membubuhkan 18 gol dan 3 assist dalam 33 penampilan untuk Manchester United.

Ronaldo juga masih punya kesempatan untuk mendapatkan trofi yang lebih mewah, yakni Piala Dunia 2022. Ia berhasil membantu Timnas Portugal lolos ke Qatar berkat 6 gol dan 1 assist yang dicetaknya dalam 6 penampilan di babak kualifikasi dan 1 laga persahabatan.

 

Cristiano Ronaldo memang dikenal sangat totalitas dalam menjalani karier sepak bolanya. Ia latihan fisik secara rutin hingga mengatur pola makan untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Pantas saja, makin tua makin moncer, ya!

Baca Juga: Jadi Kambing Hitam Lagi, Benarkah Benzema Lebih Moncer Tanpa Ronaldo?

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya