Comscore Tracker

5 Striker Termahal yang Pernah Dibeli Arsenal, Jesus Baru Mendarat!

Mampukah Jesus mengangkat reputasi Arsenal jadi lebih baik?

Selama ini reputasi Arsenal terbilang sangat buruk. Mereka baru menujukkan hasil positif pada musim 2021/2022 lalu. The Gunners berhasil finis di peringkat kelima klasemen English Premier League (EPL).

Persiapan untuk musim baru (2022/2023), Mikel Arteta mendatangkan striker anyar dari klub rival. Meskipun harganya cukup tinggi, Arsenal percaya diri bahwa hal tersebut bisa meningkatkan kemampuan klub. 

Pemain itu adalah Gabriel Jesus yang dibajak dari Manchester City. Menilik riwayat transfer milik klub, berikut ulasan lengkap deretan striker termahal yang pernah dibeli Arsenal.

1. Nicolas Pepe (Rp1,2 triliun) 

5 Striker Termahal yang Pernah Dibeli Arsenal, Jesus Baru Mendarat!Nicolas Pepe (twitter.com/livescore)

Nicolas Pepe merupakan pemain termahal yang pernah direkrut Arsenal. Sayap kanan asal Pantai Gading tersebut dibeli dari Lille senilai 80 juta euro atau setara dengan Rp1,2 triliun pada musim panas 2019.

Selama ini Nicolas Pepe cukup berpengaruh besar terhadap klub. Arsenal telah memainkannya dalam 112 pertandingan. Ia turut menyumbang 27 gol dan 21 assist di semua ajang.

2. Pierre-Emerick Aubameyang (Rp999 miliar) 

5 Striker Termahal yang Pernah Dibeli Arsenal, Jesus Baru Mendarat!Pierre-Emerick Aubameyang, mantan pemain Arsenal. (instagram.com/auba)

Pierre-Emerick Aubameyang merupakan salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Arsenal. Ia sukses membukukan 92 gol dan 21 assist dari 163 laga selama membela klub dari 2018—2022. 

Dahulu, striker jempolan bedarah Afrika yang satu ini diboyong dari Borussia Dortmund senilai 63,75 juta euro (Rp999 miliar). Aubameyang kini berseragam Barcelona sejak Januari 2022 lalu.

Baca Juga: 5 Striker Afrika yang Pernah Membela Barcelona, Tak Hanya Aubameyang

3. Alexandre Lacazette (Rp830 miliar) 

5 Striker Termahal yang Pernah Dibeli Arsenal, Jesus Baru Mendarat!Alexandre Lacazette saat masih bermain untuk Arsenal. (twitter.com/FabrizioRomano)

Musim panas ini Arsenal resmi melepaskan Alexandre Lacazette secara gratis ke klub lamanya, Olympique Lyon. Padahal, dahulu pemain berpaspor Prancis tersebut dibeli dengan harga cukup mahal.

Pada 2017, Lacazette dibawa dari Lyon dengan mahar 53 juta euro (Rp830 miliar). Arsenal menerima asupan 71 gol dan 36 assist dari pemain 31 tahun tersebut. Ia dimainkan dalam 206 penampilan selama membela klub.

4. Gabriel Jesus (Rp816 miliar) 

5 Striker Termahal yang Pernah Dibeli Arsenal, Jesus Baru Mendarat!Gabriel Jesus resmi jadi pemain Arsenal. (twitter.com/Arsenal)

Mengejutkan, Gabriel Jesus bersedia menerima pinangan dari Arsenal. Ia baru mendarat di Emirates Stadium setelah ditebus 52,2 juta euro atau sekitar Rp816 miliar dari Manchester City.

Kehadiran Erling Haaland di Etihad Stadium diketahui jadi alasan utama Jesus meninggalkan klub. Ia ingin jadi penyerang utama. Gabriel Jesus telah meneken kontrak berdurasi 5 tahun sampai 2027 untuk The Gunners.

5. Alexis Sanchez (Rp666 miliar) 

5 Striker Termahal yang Pernah Dibeli Arsenal, Jesus Baru Mendarat!Alexis Sanchez saat masih bermain untuk Arsenal. (twitter.com/ChampionsLeague)

Alexis Sanchez pernah jadi mesin gol Arsenal selama 3,5 tahun dari Juli 2014 sampai dengan Januari 2018. Ia mampu mengoleksi 80 gol dan 45 assist dalam 166 pertandingan yang dilakoninya di seluruh ajang bersama The Gunners.

Dahulu, Arsenal dan Barcelona sepakat dengan nilai transfer mencapai 42,5 juta euro (Rp666 miliar). Meskipun hasilnya luar biasa, Sanchez malah hijrah ke Manchester United pada 2018. Sialnya, sang pemain gagal bersinar dan sekarang tengah membela Inter Milan.

 

Demi penyerang kualitas jempolan, Arsenal rela mengeluarkan dana besar. Hasilnya pun jarang mengecewakan. Gabriel Jesus sendiri diharapkan demikian. Bisakah ia mengangkat reputasi klub jadi lebih baik?

Baca Juga: Cabut ke Arsenal, Ini 5 Kenangan Gabriel Jesus Bersama Manchester City

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya