5 Top Skor dalam Sejarah Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan

Messi ukir rekor anyar dalam sejarah kualifikasi Piala Dunia

Dalam gelaran kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022, terhitung sudah ada 20 negara yang dipastikan lolos. Sisa 12 tiket lagi sedang diperebutkan. Tidak terkecuali dengan kualifikasi zona Amerika Selatan. 

Brasil bertengger di puncak klasemen zona Amerika Selatan dengan torehan 42 poin. Di posisi runner-up ada Argentina yang berhasil mengumpulkan 38 poin. Ekuador dan Uruguay baru menyusul. Sedangkan Peru masih harus mengukuhkan diri di posisi kelima.

Di sisi lain, deretan para pencetak gol mencuri perhatian. Lionel Messi baru menambah catatan anyar dalam sejarah rekor gol. Langsung saja, berikut lima top skor dalam sejarah kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan. 

1. Luis SuarezTimnas Uruguay (28 Gol) 

5 Top Skor dalam Sejarah Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatanpotret Luis Suarez (instagram.com/luissuarez9)

Di kualifikasi Piala Dunia 2022 ini, Luis Suarez berhasil membubuhkan 7 gol untuk tim nasional Uruguay. Negaranya berhasil lolos setelah mengalahkan Peru dengan skor 1-0 pada 25 Maret 2022 lalu. 

Secara keseluruhan, sang pemain merupakan pencetak gol terbanyak dalam sejarah kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan dengan 28 gol miliknya. Striker yang sudah berusia 35 tahun tersebut membutuhkan 57 penampilan untuk melakukannya.

2. Lionel MessiTimnas Argentina (28 Gol) 

5 Top Skor dalam Sejarah Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatanpotret Lionel Messi (instagram.com/afaseleccion)

Kapten tim nasional Argentina, Lionel Messi, berhasil mencetak 1 gol dalam pertandingan menghadapi Venezuela di kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022, Sabtu (26/3/2022) lalu. Argentina berhasil menang dengan skor 3 gol tanpa balas.

Berkat gol tersebut, catatan Lionel Messi bertambah. Kini pemain berusia 34 tahun tersebut telah menyamai torehan Luis Suarez. La Pulga total telah mengumpulkan 28 gol dari 59 penampilan yang dilakoninya di kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan.

Baca Juga: 5 Negara Terakhir yang Sukses Menjuarai Piala Dunia, Italia Termasuk!

3. Marcelo MorenoTimnas Bolivia (22 Gol) 

5 Top Skor dalam Sejarah Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatanpotret Marcelo Moreno (instagram.com/marcelo_moreno)

Di puncak papan top skor kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 zona Amerika Selatan, Marcelo Moreno jadi rajanya. Ia sukses mencetak 10 gol dalam 15 penampilan untuk tim nasional Bolivia. Namun, sayangnya itu tak cukup untuk membawa negaranya lolos ke Qatar. 

Meskipun begitu, Marcelo Moreno tetap tercatat sebagai pencetak gol terbanyak ketiga dalam sejarah kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan. Ia telah mengumpulkan 22 gol dalam 57 penampilan.

4. Alexis SanchezTimnas Chili (19 Gol) 

5 Top Skor dalam Sejarah Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatanpotret Alexis Sanchez (twitter.com/IntChampionsCup)

Striker Inter Milan, Alexis Sanchez, juga ikut serta ke dalam skuad Chili di kualifikasi Piala Dunia 2022. Ia masih harus berjuang membela negaranya yang saat ini berada di posisi ketujuh klasemen zona Amerika Selatan. Agar bisa lolos ke Qatar, Chili harus menggeser Peru di posisi lima.

Meskipun kemungkinan Chili lolos sangat tipis, tetapi Sanchez sendiri sejauh ini telah mencetak 5 gol dalam 14 pertandingan yang dilakoninya sejak Oktober 2021 lalu. Serta total catatan 19 gol telah dikumpulkan Sanchez dari 55 pertandingan di kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan.

5. Hernan CrespoTimnas Argentina (19 Gol) 

5 Top Skor dalam Sejarah Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatanpotret Hernan Crespo (twitter.com/RoyNemer)

Terakhir ada nama Hernan Crespo yang total mampu mencetak 35 gol dalam 65 penampilan untuk timnas Argentina. Di antaranya 19 gol dicetak di kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan. 

Hernan Crespo eksis pada tahun 2000-an dan memutuskan pensiun pada 2012 silam. Sejumlah klub besar seperti Parma, Lazio, Chelsea, dan Inter Milan pernah dibelanya. Saat ini, ia berkarier sebagai manajer yang menangani klub asal Qatar, Al-Duhail SC.

Meskipun masih babak kualifikasi, tetapi Piala Dunia memang sangat menarik untuk diikuti. Zona Amerika Selatan sendiri punya daya tarik yang luar bisa. Terlebih, karena diramaikan oleh para bintang kelas dunia. Nah, siapa top skor idola kamu? 

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Maroko yang Merumput di Serie A 2021/2022

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya