Comscore Tracker

Liga 1 Ditunda, Persipura Tunggu Surat Resmi PSSI  

Belum tentukan langkah apapun  

Batu, IDN Times - Persipura Jayapura belum menentukan langkah usai PSSI memutuskan menunda Liga 1. Tim Mutiara Hitam yang saat ini menjalani pemusatan latihan di Kusuma Agrowisata, Kota Batu masih tetap latihan normal. Manajemen tim Mutiara Hitam saat ini masih menunggu surat pemberitahuan resmi dari federasi dan operator kompetisi sebelum menentukan langkah apa yang akan diambil berikutnya. 

1. Dukung keputusan pemerintah

Liga 1 Ditunda, Persipura Tunggu Surat Resmi PSSI  Persipura Jayapura melakukan TC di Kota Batu untuk persiapan Liga 1. Instagram/persipuraofficial

Asisten Manager Persipura, Bento Madubun menjelaskan bahwa Persipura akan tetap patuh dengan keputusan dari pemerintah. Penundaan kompetisi itu menurutnya adalah keputusan yang tetap harus dihormati. Bento menilai bahwa ini merupakan itikad baik dari pemerintah dalam hal ini Polri untuk berupaya memproteksi setiap warga negara Indonesia agar tidak terpapar COVID-19. Namun demikian, manajemen Persipura Jayapura juga berharap PSSI segera menindaklanjuti keputusan penundaan itu agar Persipura Jayapura dan klub peserta Liga 1 yang lainnya bisa segera menentukan langkah berikutnya. 

"Mungkin penundaan ini memang langkah terbaik yang bisa diambil saat ini. Tetapi secara resmi dari PSSI belum ada surat keterangan kepada kami. Jadi kami masih belum bisa mengambil langkah berikutnya," ucapnya Selasa (29/9/2020). 

Baca Juga: Terbiasa Main di Luar Kota, Persipura Tak Masalah Berkandang di Malang

2. Sudah kirim surat ke PSSI

Liga 1 Ditunda, Persipura Tunggu Surat Resmi PSSI  Persipura melakukan TC dengan tetap menerapkan protokol COVID-19. IDN Times/ Alfi Ramadana

Guna mendapatkan kepastian dari PSSI, manajemen Persipura Jayapura juga sudah mengirim surat kepada federasi dan operator kompetisi. Tim Mutiara Hitam meminta kejelasan terkait penundaan sekaligus rencana untuk kick off lanjutan kompetisi pasca penundaan. Kejelasan informasi mengenai hal itu bakal menjadi pijakan bagi manajemen Persipura untuk menentukan langkah berikutnya. Terlebih saat ini, Persipura sudah dalam keadaan siap tempur di Liga 1. 

"Dengan penundaan ini tentu banyak aspek yang terganggu. Tidak hanya teknis tim tetapi juga nonteknis. Kami sudah berlatih selama satu bulan, pemain dalam kondisi yang sudah siap turun di Liga 1. Tetapi kemudian liga tertunda. Tentu saja ini cukup berpengaruh kepada psikologis pemain," tambahnya. 

3. Tidak ada kerugian penundaan Liga 1

Liga 1 Ditunda, Persipura Tunggu Surat Resmi PSSI  Persipura akan berhomebase di Malang untuk lanjutan kompetisi Liga 1. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago mengakui bahwa tidak ada kerugian dengan penundaan kompetisi. Baginya, kesehatan semua pihak adalah yang terpenting. 

"Sisi positifnya tentu saya bisa lebih punya waktu dengan keluarga dan anak-anak. Kalaupun mungkin tim sudah melakukan persiapan lama, kami justru menganggap ini sebagai upaya untuk menjaga kesehatan saja. Jadi tidak ada ruginya sama sekali," tandasnya. 

Baca Juga: Masih Renovasi, Persipura Batal Gunakan Stadion Gajayana

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya