Comscore Tracker

Liga 1 Resmi ditunda, Manajemen Arema FC Pasrah   

Pilih ambil hikmah dari penundaan tersebut  

Malang, IDN Times - Kompetisi sepak bola Liga 1 resmi ditunda oleh PSSI. Keputusan tersebut diambil seusai menggelar pertemuan jajaran elit pada Selasa (29/9/2020). Penundaan tersebut dilakukan setelah Polri tak mengeluarkan rekomendasi untuk izin keramaian. Penundaan tersebut tentu saja membuat klub-klub peserta kelimpungan. Salah satunya seperti dirasakan Arema FC. Manajemen tim Singo Edan tak bisa berbuat banyak dan memilih pasrah saja dengan penundaan yang dilakukan. 

1. Prihatin sepak bola kembali tertunda

Liga 1 Resmi ditunda, Manajemen Arema FC Pasrah   IDN Times/ Alfi Ramadana

Media Officer Arema FC, Sudarmaji menjelaskan bahwa penundaan Liga 1 ini tentu saja mengejutkan. Manajemen Arema FC juga merasa prihatin karena selama ini persiapan sudah terus digeber. Tentu tim pelatih harus menyesuaikan lagi program yang diberikan harus diatur ulang. Selain itu,  upaya untuk mengkampanyekan protokol kesehatan sekaligus hidup sehat termasuk menggerakkan potensi ekonomi lewat sepakbola kembali terhambat. 

"Banyak pihak yang bergantung dari bergulirnya sepa kbola, tidak hanya bagi pengelola, tapi juga keluarga pemain, pelatih official maupun para karyawan yang bekerja di klub. Semua menyadari COVID-19 mengancam kehidupan, namun tentunya kompromi dengan kepatuhan dan kedisiplinan tentu menjadi jalan tengah yang semestinya bisa dijalankan," papar Media Officer Arema FC, Sudarmaji," Selasa (29/0/2020). 

2. Tetap sambut baik keputusan tersebut

Liga 1 Resmi ditunda, Manajemen Arema FC Pasrah   Winger Arema FC, Ridwan Tawainella berusaha melepaskan diri dari kawalan pemain belakang PON Jatim. IDN Times/ Alfi Ramadana

Meski cukup berat, manajemen Arema FC tetap menerima keputusan penundaan tersebut. Namun demikian, manajemen tim menyayangkan keputusan penundaan tersebut yang sangat mendadak. Kendala muncul karena pihak kepolisian tidak memberikan izin penyelenggaraan. Untuk itu, berikutnya manajemen Arema FC berharap ada pola komunikasi yang lebih baik. 

"Kami berharap berikutnya lebih ada ruang saran dan masukan kepada kepolisian kepada para stake holder sepakbola. Terutama terkait jalan tengah agar kepentingan banyak pihak bisa berjalan," imbuhnya. 

Baca Juga: Jelang Laga Lawan Persija, Seluruh Pemain Arema FC Dites Swab

3. Ambil hikmah dari penundaan

Liga 1 Resmi ditunda, Manajemen Arema FC Pasrah   Caio Ruan menjadi rekrutan terbaru Arema FC. IDN Times/ Alfi Ramadana

Dari sisi tim, Arema FC mencoba mengambil hikmah dari penundaan ini. Terlebih tim Singo Edan baru kedatangan para pemain asing dan pelatih baru. Tentubsaja penundaan ini menjadi kesempatan untuk semakin beradaptasi dengan tim. Meski untuk sementara waktu Arema FC belum bisa melihat hasil racikan dari pelatih baru. 

"Kerugian yang paling besar bagi Arema FC tentu belum bisa melihat hasil latihan selama ini," sambungnya. 

4. Klub dirugikan Liga 1 gagal digelar

Liga 1 Resmi ditunda, Manajemen Arema FC Pasrah   Feby Eka Putra saat berlatih bersama Arema FC di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, General Manager Arema FC, Ruddy Widodo mengakui bahwa penundaan tersebut membuat klub dirugikan.  Pasalnya klub sudah melakukan kontrak ulang dengan pemain lama, bahkan mendatangkan penggawa baru. Kemudian klub juga sudah menjalin kesepakatan dengan sponsor. Tentunya jika liga kembali tertunda, klub harus bertanggung jawab kepada sponsor dan pemain. 

"Jangan dikira dampaknya kecil. Dampaknya justru sangat besar sekali. Klub harus tanggung jawab kepada sponsor dan pemain. Pemain juga pasti kebingungan karena mereka juga punya anak istri yang harus dinafkahi. Untuk itu semoga ada kejelasan setelah adanya penundaan ini," katanya. 

Baca Juga: Arema FC Terkejut Polisi Tak Keluarkan Izin Liga Indonesia

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya