Main di Malang, Persipura Mulai Terbiasa Bermain di Luar Kandang

 Terus matangkan persiapan di Batu  

Malang, IDN Times - Persipura Jayapura terus menggeber persiapan untuk menghadapi lanjutan kompetisi Liga 1. Saat tim lain memilih berhomebase di Yogyakarta, tim Mutiara Hitam lebih memilih Malang sebagai kandang untuk sisa kompetisi Liga 1. Sebelum kembali terjun di Kompetisi Liga 1, Persipura terlebih dahulu melakukan Training Camp (TC) di Kusuma Agrowisata, Kota Batu mulai awal pekan lalu. 

1. Sudah terbiasa menjadi musafir

Main di Malang, Persipura Mulai Terbiasa Bermain di Luar KandangPersipura mulai terbiasa bermain di luar kandang. Instagram/persipuraofficial

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Thiago mengakui bahwa tim asuhannya tak masalah meski harus bermain jauh dari kandang. Sejak musim lalu, Persipura sudah menjadi tim musafir. Bahkan awal musim ini, Persipura juga tidak bisa bermain di Stadion Mandala karena masih direnovasi guna persiapan PON. Sempat berkandang di Stadion Klabat, Manado, Persipura akhirnya memutuskan Malang akan menjadi home base mereka untuk sisa kompetisi Liga 1. 

"Kami rasa ini bukan masalah. Karena Persipura sudah terbiasa jadi tim musafir. Apalagi Jawa Timur bukanlah tempat asing bagi kami," paparnya Sabtu (29/8/2020).

2. Sudah tahu plus minus main di luar kandang

Main di Malang, Persipura Mulai Terbiasa Bermain di Luar KandangPersipura akan berhomebase di Malang untuk lanjutan kompetisi Liga 1. IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, pelatih asal Brazil itu juga menilai bahwa Persipura sudah berpengalaman bermain di luar kandang. Jadi secara adaptasi, para pemain akan lebih cepat dan tidak akan menyulitkan. Meski untuk sementara waktu, para pemain akan berpisah jauh dari keluarga. Tetapi secara tim, Persipura sudah terbiasa dan tidak kesulitan meski bermain jauh dari kandang. 

"Kami sudah tahu plus minusnya main di luar kandang. Justru hal itu jadi modal berharga untuk sisa musim ini," imbuhnya. 

3. Siapkan variasi program agar pemain bisa tetap fokus

Main di Malang, Persipura Mulai Terbiasa Bermain di Luar KandangPersipura tak kesulitan adaptasi meskipun bermain jauh dari rumah. IDN Times/ Alfi Ramadana

Guna menjaga psikologis pemain, tim pelatih juga sudah menyiapkan beberapa opsi program penyegaran. Hal itu agar pemain tidak terlalu jenuh dan bisa tetap fokus mengikuti setial program latihan yang diberikan tim pelatih. Apalagi mereka harus meninggal keluarga untuk waktu yang cukup lama. Tentu perlu ada satu hal yang bisa membuat pemain menyesuaikan kondisi saat ini. Justru kondisi tersebut menjadikan tim pelatih lebih kreatif menciptakan suasan yang sehat dari sisi teknis dan psikologis.

"Nanti mungkin pada satu waktu mungkin keluarga pemain bisa datang ke sini. Tentu itu bisa jadi penambah motivasi bagi pemain," sambungnya. 

Baca Juga: Persebaya Dipermalukan Persipura, Aji Santoso: Tak Masalah

4. Tak banyak berubah meski pandemik

Main di Malang, Persipura Mulai Terbiasa Bermain di Luar KandangPersipura melakukan TC dengan tetap menerapkan protokol COVID-19. IDN Times/ Alfi Ramadana

Terlepas dari itu, eks pelatih Persebaya itu mengakui bahwa tidak ada banyak perubahan meskipun saat ini kondisinya masih pandemik COVID-19. Jacksen justru menilai bahwa situasi saat ink harus tetap dijalani sembari tetap memperhatikan protokol kesehatan. Aktifitas juga tetap berlangsung normal dengan standar protokol kesehatan. 

"Bagi kami ini tidak ada sesuatu yang baru. Misal kini harus memakai masker. Tidak bersalaman dan jaga jarak semaksimal mungkin. Jadi ini bukan sesuatu yang baru," tandasnya. 

Baca Juga: Bank Papua Bakal Mengevaluasi Sponsorship ke Persipura

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya