Comscore Tracker

PSSI Putuskan Liga 1 Dimulai 2021, Arema FC Legawa

Minta jaminan bahwa izin akan turun  

Malang, IDN Times - Arema FC legawa dengan keputusan PSSI terkait lanjutan kompetisi. PSSI memutuskan bahwa Liga 1 bakal kembali dilanjutkan pada awal tahun 2021. Meskipun berat, manajemen Arema FC memilih untuk tetap menerima keputusan tersebut. 

1. Minta federasi beri jaminan

PSSI Putuskan Liga 1 Dimulai 2021, Arema FC LegawaDedik Setiawan saat membela Arema FC musim lalu. IDN Times/ Alfi Ramadana

Meskipun menerima, manajemen Arema FC tetap meminta jaminan kepada PSSI dan PT LIB. Utamanya terkait izin ketika kompetisi kembali bakal digelar.

Manajemen Arema FC tak ingin kejadian Oktober lalu terulang lagi. Saat itu, semua pihak bersepakat bahwa kompetisi mulai kembali bergulir pada 1 Oktober 2020. Bahkan, jadwal juga sudah ditentukan. Namun, sepekan sebelum kick off, tiba-tiba saja kepolisian tidak mengeluarkan izin kompetisi. 

"Semoga ini keputusan final. Juga berikutnya harus diberikan jaminan izin dari pihak kepolisian pada saat liga akan bergulir nanti," terang Media Officer Arema FC, Sudarmaji, Sabtu (31/10/2020). 

2. Minta kepastian subsidi

PSSI Putuskan Liga 1 Dimulai 2021, Arema FC LegawaPara pemain Arema FC saat menjalani latihan di Lapangan Dirgantara beberapa waktu lalu. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sudarmaji menambahkan, bahwa klub juga meminta PSSI untuk segera memberikan arahan terkait kepastian subsidi. Sebab,saat ini subsidi merupakan penyambung utama kehidupan klub.

"Setelah keputusan tersebut, klub akan dihadapkan pada masalah recovery finansial. Klub juga harus menyampaikan hal tersebut kepada pemain, pelatih, ofisial klub, termasuk sponsorship," tambahnya. 

Baca Juga: Uji Coba Dihentikan Menit 75, Arema FC Menang atas Madura United   

3. Liburkan tim untuk sementara waktu

PSSI Putuskan Liga 1 Dimulai 2021, Arema FC LegawaHendro Siswanto saat berlatih bersama Arema FC beberapa waktu lalu. IDN Times/Alfi Ramadana

Sementara itu, pelatih Arema FC, Carlos Oliveira memilih untuk meliburkan tim setelah mendapatkan informasi kompetisi batal bergulir November. Terhitung tim Singo Edan bakal menjalani masa libur hingga 10 November 2020 mendatang. Setelah itu, tim pelatih dan manajemen akan berkomunikasi terlebih dahulu apakah akan kembali berlatih atau menambah waktu libur lagi. 

"Kami berikan kesempatan kepada pemain untuk relaks dan beristirahat sampai tanggal 10 November. Setelah itu, baru akan kami lihat lagi kondisinya seperti apa," kata Carlos. 

4. Ubah program persiapan

PSSI Putuskan Liga 1 Dimulai 2021, Arema FC LegawaCarlos Oliveira saat pertama kali mendampingi Arena FC berlatih. IDN Times/ Alfi Ramadana

Pelatih asal Brazil itu kini memilih menyerahkan semuanya pada manajemen. Jika memang nantinya sudah ada kepastian kompetisi, maka dirinya akan kembali menyiapkan program baru untuk tim. 

"Mungkin dalam waktu dekat saya akan bicara dengan manajemen. Setelah itu baru akan kami tentukan langkah yang akan diambil," tukasnya.

Baca Juga: Menggaji Pemain Tanpa Pemasukan, Arema FC Berharap Subsidi Tetap Cair

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya