Cristiano Ronaldo, Raja Hattrick Masa Kini

Pencetak hattrick terbanyak kedua sepanjang masa

Cristiano Ronaldo kembali mencetak rekor setelah mengemas 10 hattrick selama membela Timnas Portugal. Hal itu menjadikannya pemain dengan hattrick terbanyak di kancah internasional. Ronaldo telah bermain sebanyak 182 laga bersama Timnas Portugal dengan torehan 115 gol, 41 assist, dan 10 hattrick.

Ronaldo kini telah mengoleksi total 58 hattrick sepanjang kariernya, baik di klub maupun tim nasional. Torehan ini menjadikannya sebagai pencetak hattrick terbanyak kedua sepanjang masa. Pele (92 hattrick) masih bertengger di puncak.

1. Mencetak hattrick satu kali untuk Manchester United

Cristiano Ronaldo, Raja Hattrick Masa KiniCristiano Ronaldo saat berseragam Manchester United. (instagram.com/manchesterunited)

Cristiano Ronaldo mencetak hattrick pertama dalam kariernya saat berseragam Manchester United. Ronaldo membantu MU mengalahkan Newcastle United 6-0 pada 12 Januari 2008.

Saat membela Setan Merah pada 2003—2009, Ronaldo berhasil mengemas 118 gol dan 69 assist dalam 292 pertandingan. Hal itu membuatnya mendapatkan trofi Ballon d'Or pertamanya.

Menariknya, meskipun kariernya mentereng pada saat berseragam Manchester United, Ronaldo hanya mampu membuat hattrick satu kali.

2. Mencetak 44 hattrick untuk Real Madrid

Cristiano Ronaldo, Raja Hattrick Masa KiniCristiano Ronaldo saat membela Real Madrid. (instagram.com/realmadrid)

Cristiano Ronaldo bergabung ke Real Madrid pada Juni 2009 setelah membela Setan Merah selama 6 musim. Setelah kepindahannya, dia tetap menorehkan prestasi luar biasa. 

Hattrick pertamanya di Real Madrid terjadi saat menghadapi Mallorca pada 5 Mei 2010. Los Blancos menang 4-1. Ronaldo kemudian mencapai puncak performanya di Real Madrid dengan mencetak 44 hattrick dan sejumlah prestasi gemilang.

Baca Juga: 5 Alasan Cristiano Ronaldo Masih Berada di Puncak Performa

3. Menyumbang tiga hattrick saat di Juventus

Cristiano Ronaldo, Raja Hattrick Masa KiniCristiano Ronaldo bermain untuk Juventus pada 2018—2021. (instagram.com/juventus)

Juventus mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid pada 18 Juli 2018 lalu. Nilainya fantastis, mencapai 180 juta euro atau setara Rp3 triliun. Saat itu Ronaldo berusia 33 tahun, sudah tidak cukup muda lagi bagi seorang pemain.

Meskipun dicap sebagai pemain tua, Ronaldo berhasil membuktikan diri dengan prestasi lagi. Ia mengantarkan Nyonya Tua meraih gelar Piala Super Italia dua kali pada 2018/2019 dan 2019/2020.

Ronaldo sangat disiplin dalam menjaga tubuhnya sehingga masih bisa bersaing dengan para bintang muda. Meskipun hanya 3 musim di Juventus, ia berhasil menyumbang tiga hattrick untuk Nyonya Tua dengan torehan 101 gol.

4. Rekor 10 hattrick untuk Timnas Portugal

Cristiano Ronaldo, Raja Hattrick Masa KiniCristiano Ronaldo bersama Tim Nasional Portugal. (juvefc.com)

Pencapaian 10 hattrick bersama Timnas Portugal menjadikan Ronaldo sebagai pencetak hattrick terbanyak di kancah internasional. Ia berperan besar dalam skuad asuhan Fernando Santos untuk bersaing di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Ronaldo berhasil mencetak hattrick ke-10 saat melawan Luksemburg di Grup A Kualifikasi Piala Dunia dengan skor 5-0 pada Rabu, 13 Oktober 2021.

5. Menjadi pemain tertua yang mencetak hattrick di Piala Dunia

Cristiano Ronaldo, Raja Hattrick Masa KiniCristiano Ronaldo ketika membela Tim Nasional Portugal. (90min.com)

Dilansir Goal, Cristiano Ronaldo masih menjadi pemain tertua yang berhasil mencetak hattrick di Piala Dunia. Usianya kala itu 33 tahun dan 130 hari.

Pemain Manchester United dan Timnas Portugal itu mencetak rekor saat laga pembuka Piala Dunia melawan Spanyol pada 15 Juni 2018. Ia menyelamatkan Portugal dengan menahan imbang Spanyol 3-3.

Kini total hattrick-nya bersama Portugal sudah mencapai 10. Dengan rekor itu, Cristiano Ronaldo resmi melampaui pemain Swedia, Sven Rydell, yang sebelumnya mengemas sembilan hattrick. Setelah ini, rekor apa lagi yang hendak dicetaknya?

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Catatkan Rekor Dunia, Makin Gila!

Alfian Affandi Photo Writer Alfian Affandi

Find me on Instagram : alfianaffandii

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya