Berusia Emas, 5 Kiper Ini Hanya Berstatus Pelapis di Timnya

Hanya menjadi penghangat bangku cadangan

Dalam konteks sepak bola, para pemain punya masa keemasannya masing-masing. Umumnya, pesepak bola bakal memasuki momen krusial sewaktu berusia emas, yaitu usia 24—29 tahun atau dengan parameter di bawah 30 tahun. Ini dikarenakan penampilan mereka yang makin matang dan tengah berada di puncak performa.

Namun, tak semua pemain itu bakal mengalami perjalanan mengesankan sewaktu berusia emas. Ada yang tampil biasa-biasa saja, ada juga yang hanya berstatus pelapis di timnya, seperti yang dialami kelima kiper berikut ini. Penasaran siapa saja mereka? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Sergio Rico

Berusia Emas, 5 Kiper Ini Hanya Berstatus Pelapis di TimnyaSergio Rico (twitter.com/sergiorico25)

Posisi Sergio Rico di Paris Saint-Germain saat ini kian di ujung tanduk. Kehadiran Gianluigi Donnarumma membuatnya makin terpinggirkan serta jarang tampil musim ini. Sebelumnya, Rico sempat dipercaya bergantian dengan Keylor Navas mengisi pos penjaga gawang Le Parisiens dan memperoleh banyak menit bermain.

Namun, asa tersebut tampaknya sudah tertutup rapat mengingat persaingan yang sangat ketat. Pada 2021/2022 ini, Rico bahkan baru tampil sekali saja, itu pun sebagai pemain pengganti selama 22 menit. Dengan usianya yang masih 28 tahun, satu-satunya kesempatan tampil reguler bagi Rico tentu hengkang ke klub lain.

2. Kepa Arrizabalaga

Berusia Emas, 5 Kiper Ini Hanya Berstatus Pelapis di TimnyaKepa Arrizabalaga (twitter.com/kepa_46)

Sejak musim lalu, Kepa Arrizabalaga harus menerima pil pahit dengan situasi yang menimpanya di Chelsea. Ia tak lagi menjadi kiper utama The Blues akibat performa buruknya yang acap kali membuat blunder dan kesalahan yang merugikan tim sendiri. Alhasil, posisi Kepa tergantikan oleh Edouard Mendy yang kini berstatus kiper utama Chelsea.

Hal tersebut menjadi semacam ironi mengingat Kepa merupakan kiper termahal di dunia. Banyak pihak yang menyebutnya sebagai salah satu rekrutan gagal The Blues. Musim ini, eks kiper Athletic Bilbao berusia 27 tahun tersebut cuma dipercaya tampil sebanyak 5 kali dengan koleksi 2 clean sheet

Baca Juga: Berstatus Pemain Baru, 5 Pemain Top Ini Diyakini Hanya Jadi Pelapis

3. Pierluigi Gollini

Berusia Emas, 5 Kiper Ini Hanya Berstatus Pelapis di TimnyaPierluigi Gollini (twitter.com/Spurs_MAS)

Pierluigi Gollini sejatinya hanya berstatus pinjaman selama membela Tottenham Hotspur. Ia direkrut dari Atalanta pada musim panas lalu sebagai back up Hugo Lloris yang posisinya tak tersentuh. Bagaimanapun, eksistensi Gollini sewaktu membela Atalanta terbilang mentereng dengan mengantarkan timnya menjadi kuda hitam di kancah Eropa.

Namun, bersama The Lilywihites, Gollini justru jarang diberikan kesempatan tampil. Kiper berusia 26 tahun tersebut hanya mencatatkan delapan penampilan untuk Spurs di semua ajang sejauh ini. Statistik itu menurun drastis dibandingkan kiprahnya bersama Atalanta yang jadi kiper nomor satu dalam dua musim terakhir.

4. Bernd Leno

Berusia Emas, 5 Kiper Ini Hanya Berstatus Pelapis di TimnyaBernd Leno (twitter.com/Bernd_Leno)

Kolaborasi Bernd Leno dan Arsenal tampaknya berada di jalur persimpangan. Setelah dipercaya jadi kiper utama selama tiga musim, posisi Leno malah tergusur akibat kedatangan Aaron Ramsdale musim panas lalu. Hadirnya Ramsdale menjadi bencana bagi kiper Jerman itu yang kini lebih sering berkutat di bangku cadangan.

Leno sempat dipercaya tampil pada beberapa laga awal The Gunners musim ini. Namun, ia tak mampu membendung performa apik Ramsdale yang akhirnya mendapatkan kepercayaan penuh dari sang juru taktik, Mikel Arteta. Leno hanya membuat lima penampilan bersama Arsenal musim ini dengan koleksi dua clean sheet.

5. Dean Henderson

Berusia Emas, 5 Kiper Ini Hanya Berstatus Pelapis di TimnyaDean Henderson (twitter.com/deanhenderson)

Dean Henderson merupakan lulusan akademi Manchester United yang punya kisah panjang di dalam kariernya. Sebelum menjadi bagian dari skuad utama Setan Merah, Henderson harus disekolahkan ke beberapa klub demi menambah jam terbang dan pengalaman. Namanya mulai mekar sewaktu dipinjamkan ke Sheffield United selama dua musim.

Atas dasar itulah The Red Devils memutuskan untuk mempromosikan Henderson ke skuad utama sejak musim lalu. Sempat dipercaya bakal tampil reguler, kiper berusia 24 tahun ini justru mengalami masalah pelik. Henderson gagal menggusur dominasi David De Gea yang masih diandalkan. Ia bahkan baru tampil empat kali saja musim ini.

Berada di usia emas merupakan momen krusial bagi kebanyakan pesepak bola. Namun, kelima kiper di atas malah mengalami hal yang bertolak belakang lantaran hanya berstatus pelapis dan bakal memengaruhi karier mereka ke depannya.

Baca Juga: 5 Kiper Top Premier League yang Hanya jadi Pelapis di Klubnya

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya