Comscore Tracker

5 Kiper Top asal Jerman Saat Ini, dari Bernd Leno hingga Manuel Neuer

Jerman adalah negara penghasil kiper-kiper hebat!

Jerman merupakan salah satu negara dengan timnas sepak bola terhebat saat ini. Pemilik gelar Piala Dunia 4 kali sepanjang sejarahnya ini memiliki prestasi mentereng serta pemain dengan kualitas papan atas.

Banyak pemain asal Jerman yang tampil di liga top Eropa, di antaranya adalah pemain berposisi kiper atau penjaga gawang. Kiper merupakan salah satu pemain vital di sebuah tim. Performa sang kiper, bagus tidaknya pemain tersebut di bawah mistar gawang, sangat berdampak bagi klub yang ia bela.

Berikut adalah 5 kiper top asal Jerman saat ini yang berhasil kami rangkum. Penasaran siapa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 10 Potret Menawan Bernd Leno, Kiper Andalan Arsenal yang Kece Abis!

1. Bernd Leno (Arsenal)

5 Kiper Top asal Jerman Saat Ini, dari Bernd Leno hingga Manuel Neuersportskeeda.com

Bernd Leno adalah salah satu kiper top asal Jerman saat ini. Leno merupakan kiper utama Arsenal setelah direkrut dari Bayer Leverkusen pada musim 2018/2019 dengan mahar 25 juta euro atau setara Rp426 miliar. Kedatangan Leno ke Emirates Stadium membuat kiper Arsenal saat itu, Petr Cech, lebih banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan.

Performa Leno bersama The Gooners tak terbilang buruk. Walau kerap melakukan blunder, Leno juga sering membuat penyelamatan gemilang di bawah mistar gawang Arsenal. Musim ini Leno telah tampil di 24 pertandingan dan mencatatkan 10 clean sheet. Berkat aksi gemilangnya, harga pasar Leno naik menjadi 32 juta euro atau setara Rp545 miliar.

2. Alexander Schwolow (Hertha Berlin)

5 Kiper Top asal Jerman Saat Ini, dari Bernd Leno hingga Manuel Neuersportbuzzer.de

Nama Alexander Schwolow mungkin tak sepopuler kiper-kiper lain. Wajar saja mengingat Schwolow baru naik daun di musim ini usai membela klub Bundesliga, Hertha Berlin. Semasa kariernya, Schwolow banyak menghabiskan petualangannya di klub-klub medioker yang membuat namanya kurang begitu dikenal.

Walau baru bergabung dengan Hertha Berlin awal musim ini, Schwolow mampu beradaptasi dengan cepat dan menjadi kiper utama. Dari 17 pertandingan yang sudah ia mainkan, Schwolow berhasil meraih 5 clean sheet. Namun, sayangnya di usianya yang sudah menginjak 28 tahun, Schwolow belum pernah bermain untuk timnas senior Jerman.

3. Marc-Andre ter Stegen (Barcelona)

5 Kiper Top asal Jerman Saat Ini, dari Bernd Leno hingga Manuel Neuergoal.com

Kiper utama Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen merupakan salah satu kiper terbaik di dunia saat ini. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat performa apiknya di bawah mistar gawang La Blaugrana. Ter Stegen direkrut Barca dari Borussia Monchengladbach pada musim 2014/2015 silam.

Ketangguhan ter Stegen dalam menjaga gawangnya tak perlu diragukan lagi. Di musim ini, Ter Stegen telah tampil di 17 pertandingan dan mencatatkan 6 clean sheet. Kontribusi ciamiknya ini mengantarkan ter Stegen menjadi kiper asal Jerman termahal saat ini, yaitu senilai 75 juta euro atau setara Rp1,3 triliun.

4. Kevin Trapp (Eintracht Frankfurt)

5 Kiper Top asal Jerman Saat Ini, dari Bernd Leno hingga Manuel Neuerbundesliga.com

Kevin Trapp mulai dikenal luas saat direkrut klub kaya raya Prancis, Paris Saint-Germain, pada musim 2015/2016. Bersama Le Parisiens selama beberapa musim, Trapp menjadi kiper utama dan meraih sejumlah gelar bergengsi. Namun, di musim 2018/2019, Trapp hijrah ke Eintracht Frankfurt karena kalah saing dengan Alphonso Areola.

Bersama Frankfurt sampai saat ini, Kevin Trapp tampil apik di bawah mistar gawang. Musim ini, Trapp telah bermain di 18 laga dengan torehan 2 clean sheet. Untuk Timnas Jerman, Trapp telah mencatatkan 5 caps. Ia memiliki harga pasar senilai 8 juta euro atau setara Rp136 miliar saat ini.

5. Manuel Neuer (Bayern Munchen)

5 Kiper Top asal Jerman Saat Ini, dari Bernd Leno hingga Manuel Neuerbundesliga.com

Di antara semua kiper top Jerman saat ini, Manuel Neuer adalah kiper yang paling dikenal dan memiliki karier gemilang. Produk akademi Schalke 04 ini telah memenangkan hampir semua gelar bergengsi di dunia, baik untuk klub maupun Timnas Jerman.

Walau telah berusia 34 tahun, penampilan Neuer tak menurun sama sekali. Di musim ini, Neuer telah tampil di 23 laga dan meraih 4 clean sheet. Berkat aksi gemilangnya di klub, Neuer menjadi kiper nomor satu di Timnas Jerman dan telah mencatatkan 96 caps di sepanjang karier profesionalnya.

 

Dengan banyaknya kiper hebat yang dimiliki Jerman saat ini, Joachim Low tentunya takkan khawatir kekurangan pemain vital yang berposisi di bawah mistar gawang. Siapa favoritmu?

Baca Juga: 10 Potret Manuel Neuer, Kiper Top Andalan Bayern Munchen yang Menawan

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya