Comscore Tracker

5 Klub Besar Eropa Ini Punya Rekor Mengesankan yang Sulit Dipecahkan

Beberapa rekor yang sulit untuk diulang

Sepak bola takkan lepas kaitannya dengan rekor. Rekor baru akan terus bermunculan seiring banyaknya pertandingan yang dimainkan sampai saat ini. Rekor tersebut mulai dari yang memiliki aspek positif, bahkan hingga rekor-rekor buruk.

Di antara banyaknya rekor baru yang bermunculan, ternyata ada sejumlah rekor yang dipegang sebuah klub dan tak ada yang bisa memecahkannya hingga saat ini. Alasan rekor ini bisa bertahan lama karena prosesnya yang begitu rumit dan membutuhkan perjuangan ekstra.

Berikut 5 klub dengan rekor mengesankan yang sulit untuk dipecahkan. Penasaran klub apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 5 Kiper Terbaik di LaLiga Musim 2020/2021, Salah Satunya Kiper Sevilla

1. Sevilla berhasil hattrick juara Europa League 3 musim berturut-turut

5 Klub Besar Eropa Ini Punya Rekor Mengesankan yang Sulit Dipecahkaneurosport.com

Julukan 'penguasa Europa League' sudah selayaknya disematkan kepada Sevilla. Klub LaLiga ini tampil ciamik dan berhasil menyabet 6 gelar Europa League sepanjang keikutsertaannya. Dari 6 gelar tersebut, 3 gelar di antaranya berhasil diraih dalam 3 musim beruntun.

Capaian membanggakan ini terjadi pada musim 2013/2014, 2014/2015, dan 2015/2016. Saat itu, klub yang berjuluk Los Nervionenses dilatih oleh Unai Emery yang kini membesut Villarreal. Dengan hasil ini, Sevilla mencatatkan sejarah sebagai klub satu-satunya yang berhasil meraih hattrick Europa League.

2. Manchester City menjadi juara Premier League dengan raihan 100 poin

5 Klub Besar Eropa Ini Punya Rekor Mengesankan yang Sulit Dipecahkanpremierleague.com

Performa Manchester City di musim 2017/2018 begitu superior. Di kasta tertinggi Liga Inggris, yaitu Premier League, Manchester City mencatatkan rekor baru sebagai klub yang berhasil juara dengan raihan 100 poin, mematahkan rekor 98 poin sebelumnya yang dipegang Liverpool pada musim 1978/1979.

Poin sebanyak itu sangat mustahil diraih mengingat persaingan di Premier League yang begitu ketat dan kompetitif. Namun, The Citizens mampu melakukannya dengan begitu apik. Dari 38 pertandingan, City mengemas 32 kemenangan, 4 seri, dan 2 laga sisanya berakhir dengan kekalahan.

3. Barcelona menjadi tim pertama peraih 6 gelar dalam satu tahun kalender

5 Klub Besar Eropa Ini Punya Rekor Mengesankan yang Sulit Dipecahkantribuna.com

Untuk urusan gelar Eropa, bahkan internasional, prestasi Barcelona di tahun 2009 adalah yang terbaik dan belum ada tim mana pun bisa menyamainya hingga saat ini. Bagaimana tidak, klub asuhan Pep Guardiola tersebut berhasil menyabet 6 gelar prestisius di sepanjang kalender tahun 2009.

Hegemoni perayaan Sextuple Barca saat itu dimulai dari trofi Copa Del Rey yang selanjutnya diikuti trofi Champions League, LaLiga, UEFA Super Cup, Piala Super Spanyol, dan Piala Dunia Antarklub. Rekor manis La Blaugrana ini menjadi yang pertama dan satu-satunya sepanjang sejarah sepak bola.

4. Arsenal berhasil meraih gelar juara Premier League tanpa mengalami kekalahan

5 Klub Besar Eropa Ini Punya Rekor Mengesankan yang Sulit Dipecahkanarsenal.com

Momen invicible di musim 2003/2004 merupakan hal indah yang takkan bisa dilupakan Arsenal. Saat itu Arsenal tampil digdaya dengan menjadi juara Premier League tanpa mengalami satu kekalahan pun.

Thierry Henry dan kolega berhasil membukukan 26 kemenangan serta 12 laga sisanya berakhir imbang. Gelar juara The Gooners yang saat itu dilatih Arsene Wenger menjadi gelar Premier League terakhir Arsenal hingga saat ini.

5. Real Madrid menjadi juara Champions League 3 musim beruntun

5 Klub Besar Eropa Ini Punya Rekor Mengesankan yang Sulit Dipecahkantrtworld.com

Jika Sevilla adalah penguasa Europa League, Real Madrid merupakan rajanya Champions League. Hal ini bukan tanpa sebab mengingat El Real menjadi klub pengoleksi gelar terbanyak kompetisi antarklub tertinggi Eropa ini dengan raihan 13 trofi.

Di antara 13 gelar tersebut, 3 di antaranya berhasil Madrid sabet dalam 3 musim berturut-turut, yaitu pada musim 2015/2016, 2016/2017, dan 2017/2018. Pencapaian bergengsi ini menjadikan Real Madrid sebagai klub satu-satunya yang memegang rekor tersebut.

 

Dibutuhkan kerja keras dan performa lebih bagi klub yang berusaha memecahkan beberapa rekor di atas. Ada klub favoritmu yang masuk dalam daftar di atas?

Baca Juga: 6 Pemain Real Madrid yang Dipinjamkan Musim Ini, Bagaimana Kiprahnya?

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya