Comscore Tracker

5 Klub Spanyol yang Bermarkas di Kota Madrid, Apa Saja?

Gak hanya duo Atletico dan Real Madrid saja!

Spanyol merupakan salah satu negara dengan industri sepak bola terbaik di dunia saat ini dengan kompetisi LaLiga nya yang begitu ketat. Di antara klub sepak bola profesional Spanyol saat ini, terdapat sederet klub yang bermarkas di kota Madrid.

Walaupun kebanyakan para pencinta sepak bola hanya mengenal Real Madrid dan Atletico Madrid, ternyata ada beberapa klub lain yang berada di kota yang sama. Sudah tahu klub apa saja? Berikut kami sajikan 5 klub yang bermarkas di kota Madrid. Check this out!

Baca Juga: 5 Pemain Aktif yang Pernah Membela Dua Klub Kota Madrid, Mental Baja!

1. Getafe

5 Klub Spanyol yang Bermarkas di Kota Madrid, Apa Saja?90min.com

Getafe Club de Fútbol atau yang sering disebut dengan Getafe CF ini ternyata berbasis di Madrid. Kontestan LaLiga tersebut berdiri sejak 1946 dengan nama yang sama. Di musim ini, Getafe harus terkatung-katung di papan tengah LaLiga.

Sejak awal berdiri hingga sekarang, tak ada hal prestisius yang bisa dibanggakan Getafe. Di beberapa saat, mereka kerap kali terdegradasi dan berhasil promosi, dan begitu pun selanjutnya. Getafe bermarkas di Stadion Coliseum Alfonso Perez yang memiliki kapasitas 17 ribu penonton.

2. Atletico Madrid

5 Klub Spanyol yang Bermarkas di Kota Madrid, Apa Saja?theguardian.com

Salah satu klub terbaik di Spanyol saat ini, Atletico Madrid, bermarkas di Madrid, tepatnya di distrik San Blas-Canillejas. Meski tak memiliki prestasi sehebat Barcelona ataupun Real Madrid, Atletico acap kali menjadi pengganggu dominasi keduanya di LaLiga.

Sejak berdiri pada tahun 1903 silam, Atletico Madrid telah meraih 10 titel LaLiga Spanyol, termasuk musim 2013/2014 yang merupakan gelar LaLiga terakhir yang mereka raih. Saat ini, Atletico bermain di Stadion Wanda Metropolitano dengan kapasitas 68 ribu penonton.

3. Rayo Vallecano

5 Klub Spanyol yang Bermarkas di Kota Madrid, Apa Saja?worldfootball.net

Klub yang berbasis di kota Madrid selanjutnya adalah Rayo Vallecano. Namun, saat ini, klub yang memiliki warna kebesaran putih dan merah ini hanya bermain di Segunda Division, atau kasta kedua liga sepak bola Spanyol setelah harus terdegradasi dari LaLiga di musim 2015/2016.

Rayo Vallecano bermarkas di Stadion Camp de Fútbol de Vallecas yang terletak di distrik Vallecas, Madrid. Stadion ini mampu menampung sekitar 14,7 ribu penonton. Melihat performa mereka sejauh ini, Vallecano bersaing di papan atas dan menjadi kandidat kuat untuk promosi ke LaLiga.

4. Leganes

5 Klub Spanyol yang Bermarkas di Kota Madrid, Apa Saja?instagram.com/cdleganes

CD Leganes merupakan salah satu dari sekian klub pesakitan di kota Madrid. Sejak berdiri pada tahun 1928, Leganes hanya bermain di berbagai kasta bawah liga sepak bola Spanyol dan baru berhasil promosi ke LaLiga di musim 2015/2016. Di musim ini, Leganes kembali bermain di Segunda Division.

Leganes bermain di Estadio Municipal de Butarque yang memiliki kapasitas 12,4 ribu penonton. Sama halnya dengan Rayo Vallecano, Leganes masuk dalam daftar kandidat promosi setelah berhasil merangsek di papan atas Segunda Division.

5. Real Madrid

5 Klub Spanyol yang Bermarkas di Kota Madrid, Apa Saja?eurosport.com

Tak bisa dimungkiri bahwa Real Madrid merupakan salah satu klub terhebat di dunia. Pujian tersebut bukan tanpa sebab mengingat sederet prestasi yang berhasil mereka raih, baik di kancah Eropa maupun internasional. Berdiri pada tahun 1902, Real Madrid memiliki nama asli Madrid Club de Futbol.

Klub yang identik dengan seragam kebesaran berwarna putih ini bermarkas di Stadion Santiago Bernabeu yang terletak di distrik Chanmartin, kota Madrid. Meski performanya menurun musim ini, pamor klub pengoleksi 13 gelar Ghampions League ini takkan luntur dalam waktu singkat.

 

Meski identik dengan Real Madrid dan Atletico Madrid saja, ternyata masih banyak klub sepak bola yang bermarkas di kota Madrid. Selain 5 klub di atas, adakah klub lain yang kamu ketahui?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Usai Real Madrid Menangi Derbi Madrid, Ada Rekor Baru!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya