Hengkang, 5 Pemain Berpengalaman Ini Justru Kesulitan Tampil Reguler

Lebih sering duduk di bangku cadangan

Kepindahan pemain-pemain top pada bursa transfer musim panas lalu sukses menyedot animo dari berbagai pihak. Tak hanya cerita Lionel Messi ataupun Cristiano Ronaldo, kepindahan pemain top lain ke klub barunya juga diselimuti drama-drama menarik.

Ada beberapa nama berpengalaman yang memutuskan hengkang musim panas lalu. Kendati punya reputasi yang bagus bersama tim lamanya, sejumlah nama berikut ini justru cenderung kesulitan untuk tampil reguler setelah memutuskan pindah ke klub lain.

1. Marcel Sabitzer

Hengkang, 5 Pemain Berpengalaman Ini Justru Kesulitan Tampil RegulerMarcel Sabitzer (instagram.com/marcel7sabitzer)

Marcel Sabitzer menjadi nama terbaru yang membelot dari klub rival menuju Bayern Munchen. Ia ditransfer Die Bayern musim panas lalu seharga 15 juta euro atau sekitar Rp245 miliar dari RB Leipzig. Hadirnya Sabitzer di Allianz Arena juga dipengaruhi pelatih baru Munchen, Julian Nagelsmann, yang pernah melatihnya di tim Red Bull.

Lini tengah Munchen makin bervariasi dengan kedatangan pria berusia 27 tahun tersebut. Pengalamannya yang tampil apik bersama Leipzig dan timnas Austria merupakan modal bagus bagi Sabitzer untuk bersaing mendapatkan tempat utama. Kendati demikian, namanya justru lebih sering dicadangkan dengan cuma tampil sebanyak 14 kali.

2. Alphonse Areola

Hengkang, 5 Pemain Berpengalaman Ini Justru Kesulitan Tampil RegulerAlphonse Areola (instagram.com/alphonseareola)

Nasib apes terus menghampiri Alphonse Areola saat ini. Selama 3 musim berturut-turut, ia terpaksa dipinjamkan ke klub yang berbeda akibat kalah bersaing di bawah mistar gawang Paris Saint-Germain. Setelah singgah ke Real Madrid dan Fulham, kini Areola disekolahkan Le Parisiens ke West Ham United selama semusim.

Pamornya yang pernah menjadi kiper utama PSG dan membawa timnas Prancis juara Piala Dunia 2018 membuat Areola diklaim mudah mendapatkan tempat utama bersama The Hammers. Namun, hal tersebut urung terealisasi. Areola harus berbagi menit bermain bersama Lukasz Fabianski. Kiper berdarah Filipina ini malah diplot untuk tampil di luar kompetisi Premier League.

Baca Juga: Potensial, 5 Pemain Muda Ini Justru Kesulitan Tampil Reguler di Timnya

3. Georginio Wijnaldum

Hengkang, 5 Pemain Berpengalaman Ini Justru Kesulitan Tampil RegulerGeorginio Wijnaldum. (twitter.com/GWijnaldum)

Georginio Wijnaldum memilih untuk menyudahi perjalanan manisnya bersama Liverpool. Kontraknya yang berakhir musim panas lalu sempat menjadi angin segar bagi beberapa klub yang menginginkan jasa pemain Belanda ini. Salah satunya Barcelona. Alih-alih merapat ke klub Catalan, Wijnaldum malah berubah haluan dengan memilih PSG sebagai pelabuhan barunya.

Kedatangan Wijnaldum tentu berdampak positif bagi kedalaman skuad Le Parisiens dengan segudang pengalaman yang ia miliki. Namun, awal perjalanannya bersama Le Parisiens justru tak sesuai dengan harapan. Wijnaldum diklaim tak bahagia di Paris lantaran kerap dicadangkan. Ia memang sudah tampil 19 kali, tetapi kebanyakan sebagai pemain pengganti.

4. Saul Niguez

Hengkang, 5 Pemain Berpengalaman Ini Justru Kesulitan Tampil RegulerSaul Niguez. (twitter.com/saulniguez)

Proses kepindahan Saul Niguez mewarnai drama detik-detik terakhir penutupan bursa transfer musim panas lalu. Ia resmi berkostum Chelsea dengan status pinjaman selama semusim dari Atletico Madrid. Chelsea mendatangkannya untuk menambah variasi di lini tengah yang sudah diisi sederet nama beken.

Sejauh ini, kiprah Saul bersama The Blues malah tak berjalan mulus. Ia lebih sering mengisi bangku cadangan Chelsea dengan baru tampil sebanyak 10 kali di semua ajang. Pelatih The Blues, Thomas Tuchel, juga lebih suka menurunkan Ruben Loftus-Cheek di lini tengah ketimbang pemain berusia 27 tahun tersebut.

5. Gianluigi Donnarumma

Hengkang, 5 Pemain Berpengalaman Ini Justru Kesulitan Tampil RegulerGianluigi Donnarumma (twitter.com/gigiodonna1)

Proses perpanjangan kontrak bersama AC Milan yang buntu di tengah jalan menjadikan Gianluigi Donnarumma sebagai salah satu pemain top berstatus bebas transfer musim panas lalu. Namanya makin mekar usai membawa timnas Italia juara Piala Eropa 2020 serta dianugerahi pemain terbaik di turnamen yang sama.

Sepak terjangnya yang impresif tahun ini dibarengi dengan keinginan Donnarumma berkarier di negara lain. Dari sekian tawaran, kiper yang masih berusia 22 tahun ini menjatuhkan pilihannya kepada PSG. Ia datang ke Paris dengan modal besar, tetapi setelahnya justru berbeda jauh. Donnarumma masih kesulitan tampil reguler akibat ketatnya persaingan dengan Keylor Navas.

Dipengaruhi oleh beragam hal, mulai dari kesulitan beradaptasi hingga ketatnya persaingan, memaksa kelima pemain di atas lebih sering mengisi bangku cadangan timnya masing-masing. Akan mereka merangsek ke tim utama pada sisa musim?

Baca Juga: Dibeli Mahal, 5 Pemain Berpengalaman Ini Justru Gagal Bersinar

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya