5 Pemain Top Kamerun yang Bermain di Kompetisi Eropa, Penuh Talenta

Kualitasnya tak kalah dengan pemain dari negara lain

Perkembangan sepak bola di negara-negara Benua Afrika memang masih kalah dari benua lain, terutama Eropa. Namun, kehebatan timnas negara-negara di benua ini tak bisa dianggap remeh. Dari beberapa timnas di benua Afrika yang tampil mencolok, Kamerun bisa jadi salah satunya.

Pernah beberapa kali lolos ke putaran final Piala Dunia, Timnas Kamerun menjadi salah satu yang tim nasional disegani di Afrika. Selain itu, Kamerun juga diisi banyak pemain berpengalaman yang telah mentas di berbagai kompetisi Eropa. Musim ini, ada banyak pemain Kamerun yang bermain di liga-liga top Eropa.

Dari sekian pemain Kamerun di kompetisi Eropa tersebut, berikut kami sajikan 5 pemain top Kamerun dengan performa dan rekam jejak terbaik. Dibaca sampai tuntas, ya!

Baca Juga: 5 Pemain Top Lulusan Akademi Olympique Lyon, Umtiti Hingga Benzema!

1. Karl Toko Ekambi (Olympique Lyon)

5 Pemain Top Kamerun yang Bermain di Kompetisi Eropa, Penuh Talentagoal.com

Olympique Lyon benar-benar tampil trengginas musim ini. Skuad asuhan Rudi Garcia ini mampu berada di papan atas klasemen sementara Ligue 1 dan menjadi pesaing kuat PSG dalam perebutan gelar juara. Performa apik Lyon ini berasal dari totalitas para pemainnya di lapangan yang tampil begitu brilian.

Salah satu pemain tersebut adalah Karl Toko Ekambi. Penyerang asal Kamerun berusia 28 tahun ini menjadi momok menakutkan bagi para lawan. Sebagai striker haus gol, Ekambi telah mencetak 9 gol dan 5 assist dari 16 pertandingan yang telah ia mainkan musim ini. Berkat kontribusinya sejauh ini, Ekambi memiliki harga pasar 15 juta euro.

2. Andre Zambo Anguissa (Fulham)

5 Pemain Top Kamerun yang Bermain di Kompetisi Eropa, Penuh Talentadailymail.co.uk

Pemain selanjutnya adalah gelandang andalan klub Premier League, Fulham, yaitu Andre Zambo Anguissa. Meski timnya tengah terpaku di jurang degradasi klasemen sementara, performa Anguissa tak bisa dipandang sebelah mata.

Dari 16 pertandingan yang telah ia jalani musim ini, Anguissa berhasil membukukan 2 assist. Tampil spartan di lini tengah Fulham sejauh ini membuat harga pasar Anguissa naik menjadi 20 juta euro. Untuk penampilan bersama Timnas Kamerun, Anguissa telah mencatatkan 26 caps dengan sumbangan 2 gol.

3. Eric Maxim Choupo-Moting (Bayern Munchen)

5 Pemain Top Kamerun yang Bermain di Kompetisi Eropa, Penuh Talentadailymail.co.uk

Setelah kontraknya habis bersama PSG awal musim ini, Eric Choupo-Moting melanjutkan petualangannya ke klub yang juga langganan juara, yaitu Bayern Munchen dengan status free transfer. Namun, karier Choupo Moting juga berakhir sama ketika di PSG, yaitu sebagai pemain pelapis.

Lini serang Munchen yang dihiasi banyak nama beken seperti Serge Gnabry, Robert Lewandowski, hingga Leroy Sane membuat Choupo-Moting lebih banyak duduk di bangku cadangan. Sejauh ini, dirinya baru tampil di 10 laga dengan torehan 3 gol dan 1 assist. Untuk level timnas, Choupo Moting telah mencatatkan 53 caps dan mencetak 13 gol bagi Kamerun.

4. Joel Matip (Liverpool)

5 Pemain Top Kamerun yang Bermain di Kompetisi Eropa, Penuh Talentathisisanfield.com

Joel Matip merupakan pemain kunci Liverpool di lini pertahanan. Hal ini dibuktikan dengan dirinya yang selalu menjadi pilihan utama Jurgen Klopp untuk tampil di beberapa musim bersama Liverpool sejak direkrut dari Schalke 04 pada musim 2016/2017.

Musim ini Joel Matip baru tampil 10 laga dan berhasil mencetak 1 gol serta 2 assist karena tengah dibekap cedera otot sejak akhir Desember. Matip telah sukses meraih sejumlah trofi bersama The Reds mulai dari Liga Champions hingga yang teranyar di musim lalu adalah gelar Premier League. Joel Matip saat ini memiliki harga pasar senilai 32 juta euro.

5. Andre Onana (Ajax Amsterdam)

5 Pemain Top Kamerun yang Bermain di Kompetisi Eropa, Penuh Talentainstagram.com/andreonana.24

Tak lengkap rasanya jika tak membahas pemain top Kamerun yang bertugas di bawah mistar gawang yang satu ini. Dia adalah Andre Onana, kiper tangguh milik Ajax Amsterdam. Onana menjadi pemain yang tak tergantikan dan selalu bermain penuh musim ini.

Total, Onana telah tampil di 21 pertandingan di semua kompetisi musim ini dengan raihan 7 clean sheet. Berkat performa cemerlangnya sejauh ini, Ajax menjadi pemuncak klasemen sementara Eredivisie dan harga pasar Onana menjadi yang termahal di antara semua pemain profesional Kamerun, yaitu 36 juta euro.

 

Dengan kontribusi mereka untuk klubnya sejauh ini bisa dibuktikan bahwa pemain dari Kamerun tak kalah berkualitas dengan negara-negara lain. Siapa favoritmu?

Baca Juga: Sempat Diincar Chelsea, Andre Onana Buka Peluang Kembali ke Barcelona

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya