5 Pemain Kelahiran Jerman yang Memilih Timnas Negara Lain

Mereka berasal dari keluarga imigran

Jerman merupakan salah satu tujuan favorit imigran untuk mencari suaka. Statista mencatat, sekitar 1,32 juta imigran menetap di Jerman pada tahun 2021. Hal ini tak terlepas dari keberlangsungan hidup yang nyaman, seperti adanya bantuan kesejahteraan hidup hingga akses kesehatan.

Julia Bredtmann, dalam tulisan ilmiahnya yang berjudul Immigration and Electoral Outcomes: Evidence from the 2015 Refugee Inflow to Germany juga mengungkapkan adanya kenaikan besar-besaran pengungsi di Jerman. Itu disebabkan konflik yang merebak di berbagai wilayah, khususnya di kawasan Timur Tengah.

Pengungsi yang menetap di Jerman berbaur hingga membentuk keluarga baru. Ini berpengaruh terhadap berbagai sektor kehidupan, sepak bola salah satunya. Banyak pemain lokal yang punya darah campuran dari negara lain. Bahkan, ada juga yang membela negara tersebut dibandingkan Jerman yang merupakan tempat kelahirannya.

1. Sead Kolasinac

5 Pemain Kelahiran Jerman yang Memilih Timnas Negara LainSead Kolasinac (premierleague.com)

Lahir di Karlsruhe, Jerman, Sead Kolasinac memilih untuk membela Timnas Bosnia-Herzegovina. Ia melakukannya karena keluarga Kolasinac merupakan penduduk asli negara itu. Mereka hanya berstatus pengungsi di Jerman karena situasi perang.

Sebelum beralih kewarganegaraan, Kolasinac sempat membela timnas kelompok umur Der Panzer. Ia pernah menjadi bagian dari Timnas U-18, U-19, hingga U-21 Jerman. Hingga akhirnya pada 2013, Kolasinac baru resmi membela Timnas Bosnia-Herzegovina.

Baca Juga: Curhat Sadio Mane Jadi Korban Diskriminasi di Jerman karena Muslim

2. John Anthony Brooks

5 Pemain Kelahiran Jerman yang Memilih Timnas Negara LainJohn Anthony Brooks (twitter.com/SLBenfica)

John Anthony Brooks sebenarnya pernah membela Timnas U-20 Jerman pada 2012 lalu. Itu bukan tanpa sebab mengingat dirinya tumbuh di sana sejak lahir. Brooks lahir di Kota Berlin dari keluarga yang boleh dibilang punya privilese.

Sang ayah merupakan tentara Amerika Serikat yang bertugas di Berlin. Oleh sebab itu, Brooks juga bisa membela Timnas Amerika Serikat. Kesempatan itu tak disia-siakan olehnya. Brooks resmi berganti kewarganegaraan menjadi Amerika Serikat pada 2013 lalu.

3. Kevin-Prince Boateng

5 Pemain Kelahiran Jerman yang Memilih Timnas Negara LainKevin-Prince Boateng (twitter.com/KPBofficial)

Saudara kandung dari Jerome Boateng ini tak membela Jerman meski lahir dan besar di sana. Kevin-Prince Boateng tumbuh di tengah-tengah padatnya Kota Berlin. Ia juga memulai karier sepak bolanya bersama salah satu klub lokal, Reinickendorfer Füchse.

Alih-alih membela Timnas Jerman, Kevin-Prince justru memilih Timnas Ghana. Ia bisa melakukannya karena sang ayah merupakan imigran dari negara di bagian Afrika tersebut. Alhasil, Kevin-Prince menjalani debut untuk negaranya itu pada 2010 silam.

4. Eric Maxim Choupo-Moting

5 Pemain Kelahiran Jerman yang Memilih Timnas Negara LainEric Maxim Choupo-Moting (bundesliga.com)

Eric Maxim Choupo-Moting menghabiskan sebagian besar hidupnya di Jerman. Ia lahir di salah satu kota besar di Jerman, yaitu Hamburg, pada 1989 silam. Di sisi lain, Choupo-Moting juga terikat dengan darah Kamerun berkat sang ayah yang berasal dari sana.

Choupo-Moting merupakan keturunan campuran dari Jerman dan Kamerun. Itu sebabnya ia bisa membela Timnas Kamerun. Ia sempat membela berbagai timnas kelompok umur Jerman, tetapi berganti kewarganegaraan menjadi Kamerun sejak 2010 lalu.

5. Joel Matip

5 Pemain Kelahiran Jerman yang Memilih Timnas Negara LainJoel Matip (twitter.com/LFC)

Lingkungan Kota Bochum sudah akrab dengannya sejak kecil. Joel Matip lahir di kota ini pada 1991 silam. Ia menghabiskan masa-masa mudanya dengan berkarier bersama beberapa klub lokal, salah satunya akademi Bochum.

Di level internasional, Matip tidak membela Timnas Jerman, melainkan Timnas Kamerun. Ia diwarisi garis keturunan dari sang ayah yang bermigrasi ke Jerman. Itu sebabnya Matip memenuhi syarat meski sebagian besar hidupnya dihabiskan di Eropa.

Secara prestasi, Jerman sebenarnya tergolong berstatus negara kuat di dunia sepak bola. Namun, itu bukan indikator utama. Kelima pemain di atas punya alasan masing-masing soal keputusan membela negara leluhurnya.

Sumber :

https://www.bundesliga.com/en/news/Bundesliga/0000295821.jsp

https://www.ghanaweb.com/person/Kevin-Prince-Boateng-5425

https://www.latimes.com/sports/soccer/la-sp-us-soccer-friends-20160325-story.html

https://www.tribalfootball.com/articles/arsenal-s-german-born-defender-kolasinac-explains-bosnia-switch-4205299

https://liverpoolfc.fandom.com/wiki/Joel_Matip

Baca Juga: 4 Edisi Terburuk Piala Dunia bagi Timnas Jerman, Termasuk Edisi 2022

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya