Comscore Tracker

Disia-siakan Arsenal, 5 Pemain Aktif Ini Sukses Bersinar di Klub Lain

Karier mereka mengalami pasang surut di Arsenal

Dalam beberapa musim terakhir, performa Arsenal semakin menurun. Bahkan, di musim lalu, skuad asuhan Mikel Arteta itu dipastikan gagal lolos ke kompetisi Eropa. Hal tersebut tentu bukanlah capaian bagus bagi mereka yang sejatinya pernah berjaya di ajang akbar Benua Biru.

The Gooners juga menjadi saksi terhambatnya karier sederet pemain top saat ini. Arsenal memang merekrut mereka dengan harapan besar, tapi setelahnya pemain-pemain itu justru disia-siakan dan dilepas ke klub lain. Siapa sajakah pemain itu? Berikut daftar dan ulasannya.

1. Carlos Vela

Disia-siakan Arsenal, 5 Pemain Aktif Ini Sukses Bersinar di Klub LainCarlos Vela (marca.com)

Bagi Carlos Vela, Arsenal merupakan klub Eropa pertama yang ia bela. The Gooners membawanya ke Emirates Stadium di musim 2006/2007 silam, tapi Vela gagal menunjukkan sinarnya. Pemain asal Meksiko itu terpaksa menjalani peminjaman ke beberapa klub lain demi menambah jam terbang.

Nama Vela juga tertutup pamor rekan satu timnya, seperti Cesc Fabregas dan Samir Nasri. Ia bertahan hingga musim 2010/2011 dan akhirnya hengkang ke Real Sociedad. Bersama klub LaLiga itu, Vela mulai menunjukkan instingnya sebagai penyerang haus gol. Keganasan Vela kian memuncak saat berseragam Los Angeles FC hingga sekarang.

2. Luke Ayling

Disia-siakan Arsenal, 5 Pemain Aktif Ini Sukses Bersinar di Klub LainLuke Ayling (skysports.com)

Luke Ayling adalah penggemar setia Chelsea, tapi sepanjang masa mudanya, karier Ayling justru dihabiskan dengan membela Arsenal. Sejak tahun 2001 lalu, Ayling mulai menimba ilmu di tim akademi The Gooners. Entah apa yang terjadi setelah itu, Ayling tak pernah dipromosikan ke skuad utama Arsenal.

Untuk menambah pengalamannya, Ayling pindah ke klub divisi bawah Inggris, Yeovil Town dengan kepala tegak pada tahun 2010 lalu. Di sana, pemain Inggris ini kian berkembang menjadi full-back yang cekatan. Leeds United memboyongnya 6 tahun kemudian dan kini Ayling menjadi bagian tak tergantikan The Whites usai promosi ke Premier League musim lalu.

Baca Juga: 9 Potret Ismael Bennacer, Pesepak Bola AC Milan yang Super Memikat!

3. Ismael Bennacer

Disia-siakan Arsenal, 5 Pemain Aktif Ini Sukses Bersinar di Klub LainIsmael Bennacer (arsenal.com)

Ismael Bennacer bertransformasi menjadi gelandang bertahan yang mumpuni sejak berseragam AC Milan. Namun, jauh sebelum itu, ia harus merintis awal kariernya dengan penuh lika-liku. Puncaknya saat Bennacer direkrut Arsenal ke tim akademi musim 2015/2016 lalu, ia benar-benar kesulitan bersama The Gooners.

Dengan hanya bermain selama 61 menit, Bennacer tak pernah diproyeksikan ke tim utama Arsenal. Setelahnya, pemain Aljazair ini hengkang ke Empoli dan coba merajut kisah yang baru. Dewi Fortuna menaunginya. Bennacer direkrut AC Milan musim 2019/2020 lalu dan sukses membentuk mitra duet yang menjanjikan bersama Franck Kessie.

4. Emiliano Martinez

Disia-siakan Arsenal, 5 Pemain Aktif Ini Sukses Bersinar di Klub LainEmiliano Martinez (eurosport.com)

Sedekade yang dihabiskan Emiliano Martinez saat berseragam Arsenal bukanlah kabar baik. Bukannya menjadi andalan, ia malah sering dipinjamkan ke klub lain dan hanya mencatatkan 38 penampilan untuk The Gooners. Asa Emi untuk menjadi kiper utama Arsenal sempat terbuka saat Bernd Leno mengalami cedera.

Di akhir musim 2019/2020 lalu, ia dipercaya tampil di final Piala FA dan Community Shield. Hebatnya, kedua laga itu berakhir dengan manis bagi Emi. Namun, hal tersebut tampaknya tak cukup untuk meyakinkan sang pelatih, Mikel Arteta. Emi akhirnya pindah ke Aston Villa musim lalu dan di sana ia sukses jadi andalan The Villans dibawah mistar gawang.

5. Serge Gnabry

Disia-siakan Arsenal, 5 Pemain Aktif Ini Sukses Bersinar di Klub LainSerge Gnabry (eurosport.com)

Serge Gnabry menemukan rumah terbaiknya di klub Bundesliga, Bayern Munchen. Bersama Die Bayern, Gnabry menjadi salah satu pendulang gol utama dan punya chemistry yang begitu rapi dengan rekam setimnya. Namun, siapa yang menduga bahwa pemain asal Jerman ini pernah disia-siakan oleh Arsenal.

Gnabry bermain untuk The Gooners selama 5 tahun, tapi ia gagal bersinar. Selain kalah bersaing, Gnabry juga kerap menepi lantaran mengalami cedera. Ia hanya membuat 18 penampilan bersama Arsenal dan sempat dipinjamkan ke West Bromwich Albion. Setelahnya, Gnabry dilepas ke Werder Bremen dan kini sukses bersama Bayern Munchen.

 

Kelima pemain di atas justru merasakan kesuksesan setelah hengkang dari Arsenal. Kira-kira, adakah pemain lain yang juga mengalami serupa?

Baca Juga: Kisah Serge Gnabry, Dibuang Arsenal namun Bersinar di Bayern Munchen!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya