Comscore Tracker

5 Pemain Top Ini Alumni Ajax di Semifinal Liga Champions 2018/2019

Didominasi para pemain muda

Ajax Amsterdam merupakan salah satu klub tersukses di Belanda. Dalam beberapa tahun belakangan, Ajax mendominasi liga sepak bola di Negeri Kincir Angin tersebut. Salah satu momen paling diingat dari tim ini adalah keberhasilan mereka melaju hingga fase semifinal Liga Champions musim 2018/2019.

Memiliki skuad yang didominasi pemain muda, tak ada yang menduga Ajax bisa melaju hingga fase semifinal. Prestasi hebat ini tentu lahir dari kegemilangan para pemain Ajax yang tampil apik di musim tersebut. Namun, satu per satu di antara mereka memutuskan untuk pindah ke klub baru, terutama klub top demi menaikkan kariernya.

Berikut kami sajikan 5 eks pemain Ajax yang kini bermain di klub top Eropa. Check this out!

Baca Juga: 10 Pemain Maroko dengan Banderol Termahal Musim Ini, Ziyech?

1. Hakim Ziyech (Chelsea)

5 Pemain Top Ini Alumni Ajax di Semifinal Liga Champions 2018/201990min.com

Hakim Ziyech merupakan salah satu pemain kunci di Ajax. Penampilan apik Ziyech di sektor sayap kanan berbuah manis berkat gelontoran gol dan assist-nya. Namun, setelah 4 musim berkarier bersama klub yang bermarkas di ibu kota Belanda tersebut, Ziyech memutuskan untuk berpisah dan bergabung dengan Chelsea.

Dibeli dengan biaya transfer 40 juta euro, performa ciamik Ziyech terus berlanjut. Kini dari 17 pertandingan yang sudah ia mainkan di Chelsea, Ziyech sukses membukukan 2 gol dan 4 assist. Bersama The Blues, Ziyech memiliki kontrak hingga tahun 2025.

2. Joel Veltman (Brighton & Hove Albion)

5 Pemain Top Ini Alumni Ajax di Semifinal Liga Champions 2018/2019premierleague.com

Beralih ke lini pertahanan, ada nama Joel Veltman yang kini bermain untuk Brighton & Hove Albion. Veltman direkrut pada awal musim ini dengan biaya transfer 1 juta euro. Sebelum bermain di Brighton, Veltman telah menghabiskan 8 musim berkarier di Ajax.

Selama membela Ajax, Veltman berhasil meraup sejumlah trofi domestik, seperti 3 gelar Eredivisie. Meskipun saat ini membela klub yang bukan favorit juara Premier League, Veltman tetap menjadi langganan untuk dipanggil timnas senior Belanda.

3. Frenkie de Jong (Barcelona)

5 Pemain Top Ini Alumni Ajax di Semifinal Liga Champions 2018/2019barcablaugranes.com

Frenkie de Jong telah berkarier selama 3 musim bersama Ajax. Selama periode tersebut, de Jong sukses meraih sejumlah gelar domestik bergengsi. Hal inilah yang membuat Barcelona kepincut untuk mendatangkan pemain berusia 23 tahun ini. Sejatinya Frenkie de Jong telah diboyong Barcelona pada Januari 2019 lalu dengan mahar 86 juta euro.

Namun, ia baru bergabung dengan La Blaugrana pada awal musim 2019/2020. Sempat tampil kurang menjanjikan di awal debutnya, perlahan de Jong berhasil menunjukkan kapasitasnya. Bersama Barcelona, de Jong diikat kontrak hingga tahun 2026 dan memiliki klausul rilis 400 juta euro.

4. Donny van de Beek (Manchester United)

5 Pemain Top Ini Alumni Ajax di Semifinal Liga Champions 2018/2019goal.com

Donny van de Beek merupakan salah satu pemain di balik kesuksesan Ajax menembus semifinal Liga Champions 2018/2019. Tampil cemerlang di lini tengah Ajax selama 5 musim, Manchester United mengamankan jasa Donny van de Beek pada awal musim ini setelah merekrutnya dengan mahar 39 juta euro.

Namun, keputusan van de Beek untuk pindah ke United justru membuatnya tak bisa bermain reguler. Bersama The Red Devils, van de Beek harus bersaing dengan sejumlah nama hebat lainnya seperti Paul Pogba, Nemanja Matic, Fred, dan Scott McTominay. Van de Beek diikat kontrak hingga tahun 2025.

5. Matthijs de Ligt (Juventus)

5 Pemain Top Ini Alumni Ajax di Semifinal Liga Champions 2018/2019goal.com

Bek tengah sekaligus aktor di balik kesuksesan Ajax dalam beberapa musim belakangan. Dia adalah Matthijs de Ligt. Berkat kepemimpinan dan performa tangguhnya di lini pertahanan, Ajax tampil solid dan meraup beberapa gelar domestik.

Namun, di musim panas 2019, de Ligt memutuskan hengkang dan memilih Juventus sebagai destinasi selanjutnya. Sosok Cristiano Ronaldo berperan besar dalam keputusan de Ligt hijrah ke klub Turin tersebut dan akhirnya diikat kontrak hingga tahun 2024.

 

Kelima pemain top di atas membuktikan bahwa Ajax merupakan salah satu klub penghasil pemain yang berkualitas. Siapa favoritmu?

Baca Juga: 11 Potret Menawan Matthijs de Ligt, Bek Pertama Peraih Golden Boy

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya