Comscore Tracker

Termasuk Alaba, 6 Pemain Ini Membela Timnas Minim Prestasi di Eropa

Ada pemain favoritmu?

Bagi para pesepak bola, memiliki karier cemerlang di klub dan tim nasional adalah impian mereka. Ada yang berhasil dan tak sedikit juga yang gagal mewujudkannya karena alasan tertentu. Di antara alasan tersebut, alasan kurangnya talenta hebat di tim nasional menjadi salah satu faktor utama.

Meski ada seorang pemain yang punya karier bagus di klub, jika di tim nasional tak ada yang memiliki karier mentereng, tentu saja timnas tersebut akan kalah bersaing. Seperti yang dialami sejumlah pesepak bola di bawah ini. Penasaran siapa saja? Berikut daftarnya.

Baca Juga: Mkhitaryan di Simpang Jalan, Bertahan di Roma atau Pulang ke Arsenal

1. Henrikh Mkhitaryan (Armenia)

Termasuk Alaba, 6 Pemain Ini Membela Timnas Minim Prestasi di Eropagoal.com

Henrikh Mkhitaryan adalah pemain kunci AS Roma di musim ini. Mkhitaryan berasal dari Armenia, sebuah negara yang berada di perbatasan Benua Eropa dan Asia serta memiliki wilayah hampir seluas Provinsi Jawa Tengah.

Menilik prestasi Armenia sampai saat ini, tak ada yang begitu spesial karena mereka tak pernah merasakan atmosfer Piala Dunia, bahkan Euro sekali pun. Meski begitu, Armenia saat ini berada di ranking FIFA yang tak terbilang buruk, yaitu di posisi 99.

2. Milan Skriniar (Slovakia)

Termasuk Alaba, 6 Pemain Ini Membela Timnas Minim Prestasi di Eropadailymail.co.uk

Banyak yang tak mengetahui bahwa bek Inter Milan, Milan Skriniar, merupakan pesepak bola asal Slovakia. Slovakia merupakan negara bekas pecahan Cekoslowakia dan baru merdeka pada 27 tahun silam.

Berdasarkan akumulasi ranking FIFA terbaru, Slovakia hanya berada di posisi 33 dalam ranking FIFA. Untuk penampilan internasional, prestasi terbaik Slovakia adalah lolos ke fase 16 besar Piala Dunia 2010.

3. Stefan Savic (Montenegro)

Termasuk Alaba, 6 Pemain Ini Membela Timnas Minim Prestasi di Eropabeinsports.com

Apakah kamu tahu negara Montenegro? Montenegro merupakan negara di Semenanjung Balkan dan bekas pecahan Yugoslavia. Dari negara inilah bek Atletico Madrid, Stefan Savic, berasal.

Meski tampil apik di Atletico, performanya tersebut tak bisa ia teruskan pada timnas sepak bola negaranya. Sepanjang sejarah, Montenegro tak pernah mencicipi kompetisi bergengsi seperti Euro dan Piala Dunia.

4. David Alaba (Austria)

Termasuk Alaba, 6 Pemain Ini Membela Timnas Minim Prestasi di Eropagoal.com

David Alaba merupakan salah satu bek terbaik saat ini. Bergelimang trofi dan prestasi individu, karier Alaba merupakan impian bagi pesepak bola lainnya di dunia. Namun, hal tersebut tak berarti saat ia membela timnas negaranya, yaitu Austria.

Melihat rekam jejaknya sepanjang sejarah, prestasi terbaik Austria di kancah internasional adalah lolos ke Piala Dunia sebanyak 7 kali, itu pun terjadi terakhir kali pada edisi 1998. Saat ini, Austria berada di ranking 23 FIFA.

5. Jan Oblak (Slovenia)

Termasuk Alaba, 6 Pemain Ini Membela Timnas Minim Prestasi di Eropasportmob.com

Bila membahas siapa kiper terbaik di dunia saat ini, mungkin Jan Oblak adalah jawabannya. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat penampilan ciamiknya di bawah mistar gawang klub yang ia bela, Atletico Madrid.

Meski punya karier yang hebat bersama klubnya, Oblak tak mampu membawa tren positif tersebut untuk negaranya, Slovenia. Negara bekas pecahan Yugoslavia ini tak memiliki prestasi mentereng dan hanya berada di ranking 62 FIFA saat ini.

6. Erling Haaland (Norwegia)

Termasuk Alaba, 6 Pemain Ini Membela Timnas Minim Prestasi di Eropatalksport.com

Pemain terakhir adalah wonderkid milik Borussia Dortmund yang tengah naik daun, Erling Haaland. Di usianya yang masih 20 tahun, Haaland mampu bersaing dengan striker hebat lainnya di kompetisi Eropa.

Namun sayang, Haaland tak membela timnas sepak bola yang hebat. Haaland bermain untuk Timnas Norwegia yang prestasi terbaiknya adalah lolos ke fase 16 besar Piala Dunia 1998 lalu. Saat ini, Norwegia berada di ranking 44 FIFA.

 

Meski bermain apik bersama klubnya, performa timnas sepak bola para pemain di atas tak sehebat dan kalah bersaing dengan negara lain.

Baca Juga: 29 Lansia di Norwegia Meninggal Usai Disuntik Pfizer, Ini Kata BPOM 

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya