Comscore Tracker

Baru Bersinar, 5 Pemain Muda Ini Memilih Pindah ke Klub Lain

Bagaimana kiprah mereka?

Seiring berjalannya waktu, liga-liga top Eropa menjadi hunian menarik bagi banyak pemain muda. Hal tersebut berbanding lurus dengan hasrat tiap klub papan atas yang terus tertarik dengan bakat pemain muda.

Meski belum memiliki banyak pengalaman dibandingkan para pemain senior, pemain muda saat ini tetap mampu menunjukkan sinarnya dan sukses menyita sorotan. Tapi meski tampil gemilang, pemain muda ini memutuskan untuk pindah. Siapa saja?

1. Victor Osimhen

Baru Bersinar, 5 Pemain Muda Ini Memilih Pindah ke Klub LainVictor Osimhen (twitter.com/victorosimhen9)

Victor Osimhen hanya butuh waktu semusim untuk menunjukkan kualitasnya. Bersama Lille saat itu, Osimhen menjadi predator yang mampu mengumpulkan banyak pundi-pundi gol.

Hal tersebut memancing minat Napoli yang tengah krisis penyerang. Pada akhirnya, kedua pihak sepakat untuk bekerja sama. Osimhen memutuskan untuk bergabung ke Napoli pada musim 2020/2021 lalu.

Transfer ini sempat menuai sorotan lantaran memakan biaya 75 juta euro atau sekitar Rp1,5 triliun. Harga yang dianggap kemahalan itu sempat menjadi beban bagi Osimhen yang tampil kurang maksimal. Namun, kini ia mulai menemukan performa terbaiknya lagi.

2. Ilaix Moriba

Baru Bersinar, 5 Pemain Muda Ini Memilih Pindah ke Klub LainIlaix Moriba (twitter.com/albert_roge)

Tak berstatus sebagai pemain utama Barcelona, Ilaix Moriba justru mendapatkan menit bermain yang melimpah pada musim lalu. Ia sangat diandalkan eks pelatih Barcelona, Ronald Koeman, hingga menggusur nama berpengalaman sekaliber Miralem Pjanic.

Namun, momen tersebut justru hanya berlangsung semusim saja. Berawal dari negosiasi perpanjangan kontrak yang tak menemui kata sepakat, Moriba akhirnya memilih pindah.

Ia hijrah ke RB Leipzig seharga 16 juta euro atau sekitar Rp261 miliar untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Marcel Sabitzer. Namun, ironis baginya, Moriba justru gagal tampil reguler lantaran baru mengoleksi 6 penampilan saja di Jerman.

3. Bryan Gil

Baru Bersinar, 5 Pemain Muda Ini Memilih Pindah ke Klub LainBryan Gil (twitter.com/thespursweb)

Peminjamannya dari Sevilla menuju Eibar pada musim lalu sukses mengangkat namanya ke khalayak ramai. Pamor Bryan Gil terus menyeruak hingga dipercaya membela timnas Spanyol.

Hal itu juga membangkitkan minat beberapa klub top yang tertarik pada Bryan. Di keputusan akhirnya, ia memilih untuk hengkang. Pemain berusia 20 tahun ini hijrah ke Tottenham Hotspur dengan banderol 25 juta euro atau sekitar Rp408 miliar ditambah Erik Lamela.

Harga mahal itu dinilai sesuai mengingat potensi Bryan yang cukup menjanjikan. Namun, hingga pertengahan musim ini, ia kesulitan mendapatkan tempat utama sebab baru menorehkan 19 penampilan saja.

4. Luka Jovic

Baru Bersinar, 5 Pemain Muda Ini Memilih Pindah ke Klub LainLuka Jovic (twitter.com/Squawka)

Luka Jovic menjadi salah satu fenomena kilat semata yang pernah ada di dunia sepak bola. Namanya berangsur-angsur melambung saat tampil impresif bersama Eintracht Frankfurt. Jovic sukses membentuk mitra duet maut bersama Sebastian Haller sebagai ujung tombak mematikan untuk Die Adler.

Tampil gemilang, Jovic lantas didatangkan Real Madrid pada musim panas 2019 lalu dengan biaya fantastis. Ia dibeli seharga 63 juta euro atau sekitar Rp1 triliun.

Alih-alih bisa mengancam posisi Karim Benzema, karier Jovic justru pesakitan. Koleksi golnya menurun drastis, bahkan sempat dipinjamkan ke Frankfurt pada pertengahan musim lalu.

5. Ben White

Baru Bersinar, 5 Pemain Muda Ini Memilih Pindah ke Klub LainBen White (twitter.com/Squawka)

Bersinar bersama Brighton & Hove Albion pada musim lalu hingga sempat masuk skuad Timnas Inggris, Ben White resmi didatangkan Arsenal. Kepindahannya menuai kontroversi lantaran The Gunners rela mengeluarkan biaya hingga 58,5 juta euro atau sekitar Rp956 miliar. Angka itu menjadikan White sebagai salah satu rekrutan termahal Arsenal.

Meski sempat dicibir pada awal kedatangannya, pemain berusia 24 tahun itu membuktikan dirinya layak direkrut Arsenal. White tampil apik menjaga lini pertahanan The Gunners sejauh ini.

Dilansir WhoScored, White sukses membuat 1,3 tekel dan 3,1 sapuan bola per laga. Ia telah tampil 22 kali dan membawa timnya merangsek ke papan atas Premier League.

 

Tampil impresif bersama tim lamanya, para pemain muda di atas menorehkan cerita yang berbeda-beda usai hengkang ke tim baru. Ada yang mampu bersinar, tetapi ada juga yang justru kesulitan untuk tampil reguler.

Baca Juga: Sempat Dipinjamkan, 5 Pemain Muda Ini Sukses Bersinar

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya