Comscore Tracker

Tampil Apik, 5 Bek Kanan yang Performanya Jarang Disorot Musim Ini

Padahal mereka merupakan andalan klubnya saat ini

Musim 2020/2021 menjadi panggung yang tepat bagi para pemain untuk menunjukkan aksi terbaiknya di atas lapangan. Kendati lebih didominasi para penyerang, ada juga beberapa pemain bertahan yang mampu menunjukkan sinarnya.

Tak hanya bek tengah, mereka yang berposisi sebagai full-back juga sukses tampil impresif. Meski begitu, ternyata ada sederet full-back, khususnya bek kanan, yang tak begitu disorot aksinya walaupun kini tampil apik. Siapa sajakah mereka?

1. Emerson Royal

Tampil Apik, 5 Bek Kanan yang Performanya Jarang Disorot Musim IniEmerson Royal (tbrfootball.com)

Emerson Royal memainkan peran penting di musim ketiganya bersama Real Betis. Kemampuannya sebagai bek kanan terus berkembang dari waktu ke waktu. Andal dalam bertahan, Emerson juga rajin membantu penyerangan lewat sisi sayap. Tak heran bila ia mampu tampil reguler bersama Betis.

Tercatat Emerson membuat 38 penampilan dengan raihan 2 gol dan 4 assist. Kepincut aksinya, Emerson akhirnya berseragam Barcelona mulai musim depan. Namun, sebelum itu, pemain berusia 22 tahun tersebut bakal membela Timnas Brasil di ajang Copa America 2021.

2. Ridle Baku

Tampil Apik, 5 Bek Kanan yang Performanya Jarang Disorot Musim IniRidle Baku (90min.de)

Ridle Baku memang tak punya postur tubuh yang menjulang. Namun, penampilannya di atas lapangan tak bisa dipandang sebelah mata. Bergabung dengan Wolfsburg musim ini, Baku menjelma pemain kunci Die Wolfe. Ia tampil gemilang lewat aksi menonjolnya di sisi kanan permainan.

Secara keseluruhan, Baku mencatatkan 38 penampilan musim ini dengan raihan 6 gol dan 9 assist.  Dengan usianya yang masih 23 tahun, bisa dibilang Baku merupakan aset berharga Timnas Jerman. Ia menjadi aktor utama Die Mannschaft menjuarai Piala Eropa U-21 yang dihelat beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga: 5 Pemain Kunci VfL Wolfsburg yang Tampil Gemilang Musim Ini

3. Sergino Dest

Tampil Apik, 5 Bek Kanan yang Performanya Jarang Disorot Musim IniSergino Dest (90min.com)

Setelah melepas Nelson Semedo, Barcelona menggaet bek kanan baru, yaitu Sergino Dest di awal musim ini. Kepindahannya ke klub Catalan tak sia-sia karena Dest tampil harum di sana. Ditambah lagi dengan cedera yang menimpa bek kanan Barca lain, Sergi Roberto, Dest tampil reguler sepanjang musim.

Memiliki kecepatan dan skill olah bola mumpuni, pemain berusia 20 tahun ini kerap membantu penyerangan dengan melakukan overlap. Kendati masih ada beberapa hal yang harus dibenahi, Dest tetap bersinar di musim ini. Bila ditotal, pemain Amerika Serikat tersebut tampil di 44 pertandingan di semua ajang.

4. Pedro Porro

Tampil Apik, 5 Bek Kanan yang Performanya Jarang Disorot Musim IniPedro Porro (tbrfootball.com)

Pedro Porro memulai debutnya di Sporting Lisbon dengan begitu manis musim ini. Meski hanya berstatus pinjaman dari Manchester City, Pedro sukses menunjukkan performa terbaiknya. Beroperasi di sisi kanan pertahanan, namanya menjadi yang paling sering diturunkan oleh sang pelatih, Ruben Amorim.

Pedro dikenal sebagai bek yang agresif dan tampil energik sepanjang laga. Tak heran ia mampu tampil reguler dengan catatan 37 penampilan di semua kompetisi. Hebatnya lagi, Pedro berperan besar di balik kesuksesan Sporting Lisbon juara Liga NOS Portugal usai puasa selama lebih dari 19 tahun.

5. Kieran Trippier

Tampil Apik, 5 Bek Kanan yang Performanya Jarang Disorot Musim IniKieran Trippier (eurosport.com)

Pemain-pemain Inggris yang berkarier di luar Premier League mungkin adalah fenomena yang langka. Hanya ada segelintir pemain yang melakukan hal tersebut, salah satunya Kieran Trippier. Setelah lama berkarier di negeri sendiri, ia memutuskan merantau ke Spanyol dengan membela Atletico Madrid musim lalu.

Tak sia-sia, Trippier didapuk menjadi bek kanan utama Los Rojiblancos. Ia mampu mengungguli bek Atletico lain yang lebih lama berkarier di sana, Sime Vrsaljko. Trippier tampil impresif dengan membuat 35 penampilan di semua ajang. Ia juga sukses membawa Atletico Madrid juara LaLiga musim ini.

 

Meski tampil apik bersama klubnya, kelima bek kanan di atas tak begitu dibicarakan oleh banyak pihak. Siapa favoritmu?

Baca Juga: Rahasia Kieran Trippier Bermain Bagus, Ada Hubungannya dengan Beckham

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya