Comscore Tracker

Underrated, 5 Bek Kiri yang Tampil Impresif Bersama Klubnya Musim Ini

Penampilannya tak begitu disorot saat ini

Dalam permainan sepak bola, lini pertahanan tak hanya berfokus pada bek tengah. Ada instrumen lain yang perannya juga tak kalah vital, yaitu full-back yang beroperasi di sisi kiri dan kanan pertahanan. Perannya juga kompleks, yakni tak hanya bermain di area pertahanan, mereka juga dituntut untuk mahir membantu penyerangan.

Di musim 2020/2021, ada sejumlah full-back yang mencuri perhatian berkat performa impresifnya. Terkhusus di sektor bek kiri, beberapa nama begitu disorot karena tampil apil bersama klubnya masing-masing. Meski demikian, ternyata ada juga bek kiri lain yang tak begitu disorot performanya. Penasaran siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Jose Gaya

Underrated, 5 Bek Kiri yang Tampil Impresif Bersama Klubnya Musim IniJose Gaya (90min.com)

Memasuki musim ke-7-nya bersama Valencia, kualitas Jose Gaya kian matang sebagai bek kiri utama. Kendati timnya harus tertatih-tatih di LaLiga, bisa dibilang Gaya menjadi salah satu pemain yang mampu tampil konsisten. Lewat aksinya di sisi kiri lapangan, Gaya menunjukkan permainan yang atraktif dan tak monoton.

Tak hanya itu, umpan-umpan silang hasil overlap-nya juga kerap membuahkan assist untuk rekan satu tim di lini serang. Pemain berusia 26 tahun tersebut mencatatkan 34 penampilan di semua ajang dengan koleksi 1 gol dan 7 assist. Dengan performa impresifnya, Gaya dipanggil Timnas Spanyol untuk melakoni Piala Eropa 2020.

2. Raphael Guerreiro

Underrated, 5 Bek Kiri yang Tampil Impresif Bersama Klubnya Musim IniRaphael Guerreiro (twitter.com/BVBBuzz)

Status bek kiri utama Borussia Dortmund yang dipegang Raphael Guerreiro tampaknya takkan mudah berganti. Pasalnya, Guerreiro makin menunjukkan penampilan gemilangnya bersama Die Borussen. Di musim ini saja Guerreiro menjadi pemain Dortmund yang paling sering diturunkan.

Beraksi di sisi kiri pertahanan, pemain berusia 27 tahun tersebut mampu menjalankan perannya dengan baik. Tercatat Guerreiro membuat 40 penampilan di semua ajang dengan raihan 6 gol dan 11 assist. Meski sempat terseok-seok di awal, Guerreiro berhasil mempersembahkan trofi DFB Pokal untuk Dortmund pada Mei lalu.

Baca Juga: Negosiasi dengan Dortmund, MU Segera Daratkan Sancho?

3. Nuno Mendes

Underrated, 5 Bek Kiri yang Tampil Impresif Bersama Klubnya Musim IniNuno Mendes (goal.com)

Di Piala Eropa 2020, Timnas Portugal membuat kejutan dengan memanggil bek kiri Sporting Lisbon, Nuno Mendes. Selain masih minim caps bersama timnas senior, Mendes juga baru berusia 18 tahun. Namun, bila menilik performanya musim ini, Mendes sejatinya layak dipanggil Timnas Portugal.

Di musim keduanya bersama Sporting Lisbon, Mendes telah menjadi bek kiri utama timnya tersebut. Secara keseluruhan, ia mencatatkan 35 penampilan di semua ajang dengan torehan 1 gol dan 2 assist. Tak berhenti sampai disitu, Mendes juga berhasil membawa Sporting Lisbon juara Liga NOS Portugal musim ini.

4. Lucas Digne

Underrated, 5 Bek Kiri yang Tampil Impresif Bersama Klubnya Musim IniLucas Digne (goal.com)

Setelah menjalani 2 musim yang kelam di Barcelona, Lucas Digne mencoba peruntungan baru dengan bergabung ke Everton di musim 2018/2019 lalu. Hasilnya, ia sukses menunjukkan kualitas terbaiknya dan mampu bersinar di Inggris. Status bek kiri utama The Toffees pun berhasil ia patenkan.

Terkhusus di musim ini, Digne merupakan pemain andalan sang pelatih, Carlo Ancelotti. Kehadirannya di sisi kiri pertahanan membuat penyerangan The Toffees menjadi lebih seimbang. Dikenal karena gemar maju ke lini penyeragan, Digne membuat 36 penampilan dengan raihan 7 assist musim ini.

5. Kieran Tierney

Underrated, 5 Bek Kiri yang Tampil Impresif Bersama Klubnya Musim IniKieran Tierney (talksport.com)

Arsenal memang menjalani kampanye yang buruk di musim ini. Namun, bukan berarti seluruh pemainnya tampil di bawah ekspektasi. Salah satunya adalah Kieran Tierney, ia mampu tampil konsisten di pos bek kiri The Gunners. Kendati sempat inkonsisten lantaran mengalami cedera, kini Tierney sukses menunjukkan sinarnya.

Di bawah asuhan Mikel Arteta, pemain berpaspor Skotlandia tersebut tampil reguler musim ini. Tak hanya berfokus membantu pertahanan, Tierney juga merupakan pemain yang agresif dan kerap melancarkan umpan-umpan silang akurat. Bila ditotal, ia membuat 38 penampilan di semua ajang dengan raihan 2 gol dan 5 assist.

 

Meski tampil apik dan menjadi andalan klubnya masing-masing, kelima bek kiri di atas tak begitu disorot performanya musim ini. Siapa favoritmu?

Baca Juga: 10 Potret Menawan Kieran Tierney, Bek Muda Arsenal yang Kece Abis!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya