Comscore Tracker

Masa Depan Cerah! 5 Bek Tengah Muda Belanda yang Tampil Menjanjikan

Talenta-talenta potensial Belanda

Belanda memiliki timnas sepak bola yang kian disegani dalam beberapa tahun terakhir. Meski sempat alami penurunan, Timnas Belanda perlahan mulai bangkit kembali dengan diisi oleh wajah-wajah baru. Para pemainnya juga tersebar di berbagai liga top Eropa saat ini.

Dari keseluruhan pemain Belanda tersebut, ada beberapa nama yang dianggap sebagai talenta potensial Timnas Oranje. Mereka adalah bek tengah yang masih berusia muda, tapi telah bermain di klub-klub ternama di Eropa. Seperti 5 pemain muda Belanda berikut ini. Penasaran siapa saja? Simak ulasannya!

1. Jeremiah St. Juste (FSV Mainz 05)

Masa Depan Cerah! 5 Bek Tengah Muda Belanda yang Tampil MenjanjikanJeremiah St. Juste (kicker.de)

Nama Jeremiah St. Juste mungkin masih awam di telinga penggemar sepak bola. Ia merupakan penggawa FSV Mainz 05 yang baru diboyong musim lalu. Bersama klub Bundesliga tersebut, Jeremiah menjadi pemain kunci di jantung pertahanan hingga saat ini. Secara keseluruhan, performa Jeremiah tak terbilang buruk.

Per laganya, pemain berusia 24 tahun ini sukses membuat 2 intersep dan 2,4 sapuan bola. Walaupun kemampuan akurasi umpannya belum begitu andal, karena hanya menyentuh angka 77,5%, Jeremiah masih punya banyak waktu untuk terus meningkatkan kemampuannya. Tercatat, ia telah membuat 32 penampilan musim ini.

2. Jurrien Timber (Ajax Amsterdam)

Masa Depan Cerah! 5 Bek Tengah Muda Belanda yang Tampil MenjanjikanJurrien Timber (ajax.nl)

Jurrien Timber merupakan jebolan akademi Ajax Amsterdam yang dipromosikan ke skuat utama pada awal musim ini. Bersama klub ibu kota Belanda tersebut, karier Timber semakin berkembang karena mendapat banyak kepercayaan. Hal tersebut bisa dilihat saat ini, Timber mendapatkan menit bermain melimpah.

Di usianya yang baru 19 tahun, Timber telah mengoleksi 32 penampilan pada musim ini. Menilik statistik bertahannya, kualitas Timber tak bisa dianggap sebelah mata. Tercatat, ia sanggup membuat 1,8 clearances dan 1,5 intersep di tiap laganya. Bila mampu konsisten, tak mustahil bila Timber akan menjadi pilar utama Timnas Belanda.

3. Sven Botman (Lille)

Masa Depan Cerah! 5 Bek Tengah Muda Belanda yang Tampil MenjanjikanSven Botman (90min.com)

Sven Botman menjadi salah satu pemain kunci dibalik penampilan ciamik LOSC Lille musim ini. Ia baru bergabung bersama klub Ligue 1 tersebut pada musim panas lalu, dan kini didapuk menjadi tumpuan di jantung pertahanan. Duetnya bersama Jose Fonte  membuat pertahanan Lille begitu sulit ditembus lawan.

Bila ditotal, pemain berusia 21 tahun ini telah tampil dalam 45 pertandingan di semua ajang. Kepiawaiannya dalam bertahan ditunjukkan lewat sederet statistik yang Botman peroleh, seperti 3 sapuan bola dan 1,6 intersep per laganya. Ia juga memiliki persentase akurasi umpan yang mumpuni, yaitu sebesar 85,9%.

Baca Juga: 7 Pemain Belanda Tertajam di Liga Top Eropa pada Era Modern

4. Perr Schuurs (Ajax Amsterdam)

Masa Depan Cerah! 5 Bek Tengah Muda Belanda yang Tampil MenjanjikanPerr Schuurs (90min.com)

Kehebatan Ajax Amsterdam dalam mengorbitkan talenta berbakat terus berlanjut hingga sekarang. Setelah menjual Matthijs de Ligt, kini de Amsterdammers memiliki seorang bek muda tangguh asal Belanda lainnya, yaitu Perr Schuurs. Ia menjadi pemain kunci Ajax di lini pertahanan dan nyaris tak tergantikan.

Kualitas yang ia miliki di usia 21 tahun ini juga terbilang mentereng. Jago dalam urusan bertahan, Schuurs juga menjadi poros permainan Ajax dengan akurasi umpan mencapai 90,4%. Tak mengherankan di musim ini, Schuurs telah membuat 39 penampilan dengan torehan 1 gol dan 1 assist.

5. Matthijs de Ligt (Juventus)

Masa Depan Cerah! 5 Bek Tengah Muda Belanda yang Tampil MenjanjikanMatthijs de Ligt (90min.com)

Matthijs de Ligt menjadi salah satu bek tengah ternama saat ini berkat performa apiknya dalam beberapa musim terakhir. Di mulai saat bermain untuk Ajax, de Ligt didapuk menjadi kapten dan mempersembahkan sejumlah gelar. Hingga di musim lalu, ia memutuskan hijrah ke Juventus dan masih bertahan hingga sekarang.

Meski Si Nyonya Tua telah memiliki bek tengah berpengalaman macam Chiellini dan Bonucci, de Ligt justru yang paling sering tampil. Tercatat, ia telah membuat 35 penampilan di semua ajang. Kepercayaan yang diberikan Juventus tentu tak salah, dengan berbagai statistik ciamik yang telah ditorehkan de Ligt sampai saat ini.

Itulah 5 bek tengah muda Belanda yang tampil menjanjikan. Dengan usianya yang masih muda, kelima bek diatas tentu membawa angin segar untuk Timnas Belanda.

Baca Juga: 6 Pemain Belanda yang Pernah Membela Liverpool, Tak Hanya van Dijk

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya