5 Mantan Pemain Olympique Lyon yang Kini Berkarier di LaLiga

Benzema menjadi yang terlama

Olympique Lyon merupakan salah satu klub besar dan memiliki sejarah yang panjang di kompetisi Ligue 1. Meski dalam beberapa musim terakhir performa Lyon menurun, klub berjuluk Les Gones tetaplah patut diwaspadai penampilannya.

Terlebih lagi, Lyon memiliki beberapa pemain yang telah malang melintang di beberapa klub top Eropa. Selain itu, Les Gones juga telah melahirkan sejumlah pesepak bola top yang kini tersebar di liga-liga elite Eropa, tak terkecuali LaLiga. Lantas siapa saja pemain tersebut? Berikut ulasannya.

1. Miralem Pjanic

5 Mantan Pemain Olympique Lyon yang Kini Berkarier di LaLigaMiralem Pjanic. (goal.com)

Miralem Pjanic pernah berseragam Olympique Lyon dalam waktu yang cukup lama, yaitu 3 musim dari medio 2008 hingga 2011 lalu. Bersama klub berjuluk Les Gones tersebut, namanya mulai menarik atensi lantaran menjadi pilar utama di lini tengah. Permainannya yang atraktif serta mampu mengontrol ritme permainan membuat Pjanic begitu diandalkan.

Setelah menghabiskan waktu yang cukup lama di Prancis, Pjanic sempat menjajal kompetisi Serie A di Italia dengan membela AS Roma dan Juventus. Teranyar, pemain berdarah Luksemburg tersebut hijrah ke LaLiga dengan membela Barcelona di awal musim ini. Namun, apes baginya, Pjanic tak menjadi andalan Ronald Koeman. Tercatat ia baru membuat 28 penampilan di semua kompetisi.

2. Ferland Mendy

5 Mantan Pemain Olympique Lyon yang Kini Berkarier di LaLigaFerland Mendy. (therealchamps.com)

Demi mencari pengganti Marcelo yang kian menua dan mulai menurun performanya, Real Madrid merespons cepat dengan mendatangkan bek kiri baru. Pemain tersebut ialah Ferland Mendy yang diboyong Los Blancos pada musim lalu dari Olympique Lyon. Kepindahannya ke klub ibu kota Spanyol berbuah manis lantaran Mendy yang terus dipercaya tampil di setiap laganya.

Secara keseluruhan, Mendy telah mencatatkan 69 penampilan bersama El Real dan sukses mengemas 3 gol serta 4 assist. Sedangkan bersama klub lamanya, yaitu Lyon, jebolan akademi Paris Saint-Germain tersebut hanya berkarier selama 2 musim, tepatnya dari 2017 hingga 2019. Penampilan impresif yang ia tunjukkan selama beroperasi di sisi kiri pertahanan turut membuatnya dipercaya untuk tampil bersama Timjae Prancis.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Top yang Mempunyai Nama Mendy, Siapa Favoritmu?

3. Nabil Fekir

5 Mantan Pemain Olympique Lyon yang Kini Berkarier di LaLigaNabil Fekir. (paininthearsenal.com)

Tak ada yang mengira jika Nabil Fekir bakal meneruskan kariernya di LaLiga. Sempat menjadi incaran sejumlah klub elite Eropa, seperti Arsenal dan Liverpool, Fekir memutuskan untuk hijrah ke klub lain. Destinasi yang ia tuju adalah Real Betis, klub yang tak begitu berprestasi dibandingkan dua klub d iatas. Fekir direkrut pada awal musim lalu dari Olympique Lyon.

Spekulasi mengenai kepindahannya dari Les Gones memang tak perlu dipertanyakan lagi. Bagaimana tidak, Fekir menjelma menjadi andalan Lyon selama 6 musim, waktu yang terbilang begitu lama bagi seorang pesepak bola modern. Dan kini bersama Real Betis, Fekir tetap menjadi tulang punggung timnya di lini serang. Bila ditotal, ia sudah membuat 68 penampilan dengan raihan 11 gol dan 13 assist.

4. Samuel Umtiti

5 Mantan Pemain Olympique Lyon yang Kini Berkarier di LaLigaSamuel Umtiti. (goal.com)

Nama Samuel Umtiti kian meroket sejak direkrut Barcelona pada musim panas 2016/2017 lalu. Saat itu, La Blaugrana kepincut akan performa Umtiti yang tampil solid di jantung pertahanan Lyon. Menilik lebih jauh, ia sebelumnya telah berkarier di Lyon sejak masih belasan tahun. Hingga di tahun 2011, Umtiti dipromosikan ke skuad utama dan bertahan selama 5 musim.

Penampilan apik Umtiti bersama klub Catalan ia tunjukkan pada 2 musim pertamanya. Namun setelah itu, ia kian terpinggirkan dari skuad inti lantaran cedera berkepanjangan dan juga kehadiran Clement Lenglet di waktu yang sama. Umtiti telah mencatatkan 131 penampilan bersama Barca dan sukses mencetak 2 gol. Dari sisi prestasi, Umtiti berhasil merengkuh sederet trofi, seperti 2 titel LaLiga sampai saat ini.

5. Karim Benzema

5 Mantan Pemain Olympique Lyon yang Kini Berkarier di LaLigaKarim Benzema. (realmadrid.com)

Karim Benzema telah berkarier di LaLiga selama sedekade lebih, tepatnya pada 12 tahun silam. Saat itu di musim panas 2009/2010, Benzema diboyong Real Madrid dari Olympique Lyon. Ia lantas menjelma menjadi salah satu striker top terbaik saat ini dan berhasil mempersembahkan berbagai gelar untuk Los Blancos, di antaranya 4 gelar Liga Champions serta 3 titel LaLiga.

Sepanjang kariernya, Benzema hanya membela 2 klub profesional saja, yaitu Lyon dan Real Madrid. Ia menimba ilmu bersama Les Gones sejak masih belia dan diproyeksikan ke skuad utama mulai tahun 2005 silam. Sejak saat itu, kariernya kian melambung hingga direkrut Real Madrid 4 musim setelahnya. Tercatat, hingga musim ini, Benzema telah membuat 554 penampilan dengan torehan 277 gol dan 143 assist.

Dari sekian nama di atas, Karim Benzema menjadi pemain yang paling lama berkarier di kompetisi Spanyol tersebut.

Baca Juga: 5 Top Skor Sepanjang Sejarah Olympique Lyon, Ada Siapa Saja?

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya