Comscore Tracker

Berusia Emas, 5 Pemain Top Ini Justru Jadi Penghangat Bangku Cadangan

Gagal menunjukkan performa terbaiknya di usia emas!

Biasanya, pesepak bola memiliki waktu sekitar 1 hingga 2 dekade untuk berkarier di atas lapangan hijau. Memulai dari belasan tahun, banyak pemain yang acap kali memutuskan pensiun di saat usianya yang sudah kepala tiga. Selain itu, seorang pemain juga melewati usia matang atau usia emas.

Usia emas merupakan periode tiap pesepak bola yang dinilai telah memiliki karier matang dan berpotensi mampu mengeluarkan performa terbaiknya, yaitu sekitar usia 26-29 tahun. Namun, ternyata ada juga para pemain yang gagal memanfaatkan usia emas tersebut karena hanya menjadi penghangat bangku cadangan. Seperti dialami 5 pemain berikut ini. Check this out!

1. Benjamin Mendy

Berusia Emas, 5 Pemain Top Ini Justru Jadi Penghangat Bangku CadanganBenjamin Mendy (90min.com)

Kepincut dengan aksinya saat berseragam AS Monaco, Benjamin Mendy didatangkan Manchester City di musim 2017/2018 lalu. Ia memang masih bertahan hingga saat ini, namun Mendy tak mampu tampil maksimal. Mendy malah menjadi penghangat bangku cadangan The Cityzens.

Alami inkonsistensi dan kerap membuat blunder, pemain berusia 27 tahun tersebut kini tak lagi menjadi pilihan utama sang pelatih, Pep Guardiola. Alhasil, posisi bek kiri The Cityzens lebih banyak ditempati oleh Oleksandr Zinchenko dan Joao Cancelo. Di musim ini, Mendy cuma membuat 20 penampilan di semua ajang.

2. Eric Bailly

Berusia Emas, 5 Pemain Top Ini Justru Jadi Penghangat Bangku CadanganEric Bailly (90min.com)

Di awal kedatangannya, Eric Bailly mampu menunjukkan kualitas terbaiknya bersama Manchester United. Seiring berjalannya waktu, dan di usia Bailly yang kini 27 tahun, perkembangan kariernya seolah mengalami titik mundur. Bukan tanpa sebab, ia cuma menjadi pelapis di skuad Setan Merah.

Cedera yang terus menghantui membuat performa Bailly tak seperti sebelumnya. Ditambah lagi, Manchester United telah memiliki duet reguler di jantung pertahanan, yaitu Harry Maguire dan Victor Lindelof. Karena hal tersebut, Bailly hanya tampil di 21 pertandingan musim ini.

Baca Juga: 10 Pemain Cadangan di Liga Inggris dengan Catatan Gol Terbanyak

3. Isco

Berusia Emas, 5 Pemain Top Ini Justru Jadi Penghangat Bangku CadanganIsco (eurosport.com)

Sejak bergabung pada musim 2013/2014 lalu, Isco telah menjadi bagian dalam kesuksesan Real Madrid. Namun, sejak Los Blancos ditangani Zinedine Zidane, Isco begitu kesulitan mendapatkan tempat utama.

Khususnya dalam dua musim terakhir, ia lebih banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan. Padahal dengan usianya yang kini 29 tahun, Isco berkesempatan besar menunjukkan kualitas terbaiknya.

Kendati demikian, hal tersebut urung terjadi, Isco cuma membuat 29 penampilan di musim ini. Secercah harapan pun terbuka baginya, Real Madrid bakal ditangani pelatih baru, Carlo Ancelotti musim depan.

4. Samuel Umtiti

Berusia Emas, 5 Pemain Top Ini Justru Jadi Penghangat Bangku CadanganSamuel Umtiti (everythingbarca.com)

Sejatinya, Samuel Umtiti tampil gemilang di dua musim pertamanya berseragam Barcelona. Berduet dengan Gerard Pique, ia merupakan salah satu pemain yang tak tergantikan saat itu. Ditambah lagi, Umtiti juga sukses besar bersama timnas Prancis dengan menjuarai Piala Dunia 2018 lalu.

Namun, situasi setelahnya berubah drastis. Umtiti lebih banyak menepi lantaran cedera berkepanjangan. Apalagi Barcelona juga memiliki bek baru, Clement Lenglet, yang membuat posisi pria berusia 27 tahun itu kian tergeser. Tak pelak, Umtiti hanya membuat 16 penampilan di semua ajang musim ini.

5. Kepa Arrizabalaga

Berusia Emas, 5 Pemain Top Ini Justru Jadi Penghangat Bangku CadanganKepa Arrizabalaga (goal.com)

Kepa Arrizabalaga datang ke Chelsea dengan beban yang besar. Maklum, demi menggaet kiper berusia 26 tahun ini, The Blues harus merogeh kocek dalam yaitu 80 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun di musim 2018/2019 lalu. Nominal sebesar itu membuat Kepa menjadi rekrutan kiper termahal di dunia.

Ia memang menjadi kiper utama Chelsea dalam dua musim pertamanya. Namun, Kepa kerap dikritik karena tampil buruk di bawah mistar gawang The Blues. Bahkan di musim ini, ia cuma menjadi pelapis dari Edouard Mendy yang tampil gemilang. Secara keseluruhan, Kepa hanya membuat 14 penampilan di semua ajang.

 

Selain performanya yang di bawah ekspektasi, karier para pemain di atas juga terhambat karena alasan lain, seperti cedera, meski saat ini tengah berusia emas.

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Kini Hanya Jadi Cadangan di Klubnya, Ada Buffon

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya