Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Forest Green Rovers, Klub Paling Go Green di Dunia

Klub sepak bola paling ramah lingkungan!

Anda tentunya tahu klub-klub sepak bola seperti Real Madrid, Juventus, ataupun Liverpool. Klub-klub tersebut bersaing setiap tahunnya untuk meraih prestasi yang telah ditargetkan.

Tapi, di antara banyaknya klub sepak bola di dunia, terdapat satu klub yang punya cerita unik dan menginspirasi. Klub itu adalah Forest Green Rovers.

Sesuai dengan namanya yaitu Forest Green yang berarti Hutan Hijau, klub ini punya segelintir fakta dan cerita menarik tentang bagaimana mengimplementasikan prosedur ramah lingkungan serta mengkampanyekan hidup yang berwawasan lingkungan dalam aktivitas klub. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Sejarah Singkat Berdirinya Klub

5 Fakta Menarik Forest Green Rovers, Klub Paling Go Green di Duniainstagram.com/fgrfc_official

Forest Green Rovers berdiri pada tahun 1889 dan berbasis di kota Nailsworth, Gloucestershire, Inggris. Klub ini memang tak punya prestasi yang mentereng dan kini hanya berkompetisi di League Two, divisi 4 Liga Inggris.

2. Dimiliki oleh Seorang Industrialis Energi Hijau

5 Fakta Menarik Forest Green Rovers, Klub Paling Go Green di Duniaecotricity.co.uk

Program ramah lingkungan ala klub Forest Green Rovers ini digagas oleh Dale Vince, pemilik perusahaan energi ramah lingkungan bernama Ecotricity. Dale Vince membeli saham klub tersebut pada 2010 sekaligus menyelamatkan Forest Green Rovers dari ancaman kebangkrutan.

Mulai saat itulah, program vegan diberlakukan di klub tersebut. Dan pada tahun 2015, Dale Vince mendeklarasikan bahwa Forest Green Rovers adalah klub vegan pertama di dunia.

Baca Juga: 5 Klub 'Kuda Hitam' di Liga Inggris yang Mulai Terlupakan, Kamu Ingat?

3. Prosedur Penerapan Ramah Lingkungan

5 Fakta Menarik Forest Green Rovers, Klub Paling Go Green di Duniasoccerbible.com

Berbagai program ramah lingkungan telah dilakukan oleh klub sepak bola vegan pertama di dunia ini. Seperti di kantin stadion, pihak klub hanya menyajikan makanan vegan saja.

Kemudian untuk urusan lapangan, stadion milik Forest Green Rovers yaitu New Land Stadium, punya cara unik dalam proses perawatannya. Stadion ini dilengkapi panel surya sebagai sumber energi di dalam stadion. Rumput yang digunakan pun adalah rumput yang tumbuh di lapangan dan bebas dari pestisida maupun herbisida.

Selain itu, stadion ini juga dilengkapi fasilitas ramah lingkungan lainnya seperti robot pemotong bertenaga surya, mobil elektrik, dan irigasi lapangan yang memanfaatkan air bekas hujan. Dan rencananya, klub ini sedang dalam proses untuk membangun stadion pertama di dunia yang seluruh fasilitasnya akan dibuat dari kayu.

4. Telah Diakui oleh FIFA dan PBB

5 Fakta Menarik Forest Green Rovers, Klub Paling Go Green di Duniafifa.com

Program vegan yang dilakukan oleh Forest Green Rovers ini mendapat apresiasi dari banyak pihak. FIFA telah mengakui Forest Green Rovers sebagai "klub sepak bola terhijau di dunia". Kemudian pada tahun 2018, Perserikatan Bangsa-Bangsa mengesahkan Forest Green Rovers sebagai klub sepak bola pertama yang bersertifikat netral karbon di dunia.

5. Pemain Arsenal Membeli Saham Klub

5 Fakta Menarik Forest Green Rovers, Klub Paling Go Green di Duniainstagram.com/hectorbellerin

Pada September lalu, pemain Arsenal Hector Bellerin menjadi pemegang saham terbesar kedua klub Forest Green Rovers setelah membeli saham klub tersebut. Bellerin yang juga dikenal karena sering terlibat dalam aktivitas dan kampanye positif ini merasa senang telah berinvestasi untuk klub yang punya program ramah lingkungan dan sepak bola berkelanjutan tersebut.

"Saya sangat bersemangat ketika saya pertama kali menemukan kesempatan untuk terlibat di Forest Green Rovers dan pekerjaan brilian yang sudah dilakukan klub." ungkap Bellerin dalam situs resmi Forest Green Rovers.

 

Itulah beberapa fakta menarik dari klub ramah lingkungan pertama di dunia, Forest Green Rovers. Program yang mereka lakukan patut kita apresiasi. Semoga banyak klub sepak bola lainnya yang mengikuti jejak Forest Green Rovers dalam mendukung sepak bola berkelanjutan.

Baca Juga: 8 Fakta Menarik Barcelona yang Harus Kamu Ketahui, Berusia 121 Tahun!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya